Buruknya Pelayanan Haji Di Indonesia

Neraca. Berkaca pada fakta-fakta yang selama ini terjadi dan dialami oleh para jamaah haji, penyelenggara haji swasta, pemerintah serta pihak-pihak terkait lainnya. Pelaksanaan pengelolaan pelayanan haji masih jauh dari harapan yang selalu menjadi impian semua, yaitu: transparan, akuntabel, maupun terbuka. Sehinggakualitas pelayanan yang diberikan dan diterima para jamaah, belum sesuai dengan harapan serta setara dengan pengorbanan yang dikeluarkan dalam membayar ongkos yang ditetapkan pemerintah.

Akhirnya, muncul semangat bahwa seharusnya pelayanan haji dikelola secara profesional, yaitu secara tegas pengelolaannya diserahkan sepenuhnya pada pihak swasta. Pemerintah sebaiknya hanya terlibat dalam proses administrastive keimigrasian, serta pelayanan-pelayanan yang menjadi hak warga negaranya, ketika berada diluar negeri. Kalaupun ingin terlibat maka pelaksanaan pengelolaan pelayanan haji ini sebaiknya berada dibawah kementrian BUMN, dengan harapan kualitas layanan dapat diberikan secara optimal.

Semangat perubahan ini mulai direspon pemerintah dengan menerbitkan Undang – Undang No, 17 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji menggantikan Keppres No. 81 Tahun 1995 mengenai monopoli dalam pengangkutan jamaah haji melalui udara.

Walaupun perangkat hukum yang menjamin para jamaah haji sudah disahkan dan ditetapkan sejak tahun 1999. Akan tetapi, masih banyak permasalahan haji yang merugikan jamaah masih sering terjadi. Seperti pada tahun 2003. tidak kurang 1.700 calon jamaah haji terlantar di beberapa bandara embarkasi akibat masalah buruknya mekanisme pengangkutan jamaah haji.

Kemudian tahun 2004 tidak sedikit (ribuan) calon jamaah haji batal diberangkatkan oleh pemerintah, padahal secara administrasi dan persyaratan sudah segalanya dipenuhi akibat tidak diperhatikannya prosedur quota Pemerintah Saudi Arabia. Selain itu, pelayanan transportasi lokal dan pemondokkan di kota suci yang masih jauh dari bentuk pelayanan dengan kualitas prima.

Tidak berakhir derita para calon jemaah haji akibat kelalaian pengelolaan, tercatat dari tahun 2005-2007 carut marut pengelolaan semakin memuncak. Kejadian sangat memalukan yatu kelaparan pada saat wukuf dialami oleh jemaah haji dari Indonesia, akibat ketidak benaran memilih lembaga mitra penyedia layanan makanan bagi jemaah.

Oleh karena itu, ketika kesempatan ada, banyak calon haji dari Indonesia menjadi peserta dan menerima pelayanan haji dari negara lain. Sangat menyedihkan kejadian tersebut, untuk hal ini pemerintah tidak dipercaya oleh warganya, sekali lagi sangat menyedihkan. Terlepas dari kenyataan bahwa buruknya pelayanan haji yang dirasakan jamaah dipersepsikan oleh mereka sebagai bentuk “cobaan” dalam proses ibadahnya. Maka, sudah seharusnya para pengelola memiliki tanggungjawab moral untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya.

Perjalanan haji bagi pemeluk agama Islam merupakan salah satu bentuk kebutuhan spiritualnya. Kompleksitas pemenuhan kebutuhan akan hal ini ketika terjadi interaksi dengan lingkungan diluar negeri, sehingga peran pemerintah dalam mengatur hal tesebut menjadi paling utma dalam melindungi warga negaranya.

BERITA TERKAIT

Indonesia Siap Gelar Asian Games 2018

  Oleh : Steven Sulu, Mahasiswa Nusa Cendana Kupang Kali ini ajang pertandingan antar negara siap dilakukan di Indonesia. Asian…

Ini Jurus Wujudkan Indonesia Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian terus berupaya mewujudkan visi Indonesia untuk menjadi kiblat fesyen muslim dunia pada tahun 2020. Peluang…

Chevrolet Colorado Centennial Ludes Terjual di Indonesia

Chevrolet Indonesia mengumumkan bahwa Colorado Centennial Edition yang tersedia sebanyak 25 unit telah habis terjual, setelah kendaraan pickup khas Amerika…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Ini Dia, Layanan Mudik Gratis 2018

Dalam rangka menyukseskan mudik lebaran 2018, Jasa Raharja selaku BUMN ikut terlibat dengan menyediakan angkutan mudik lebaran gratis bersama 62…

JK: Tak Ada Penumpukan Kendaraan di Gerbang Tol

Memasuki mudik lebaran tahun 2018 ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan tidak ada penumpukan kendaraan di gerbang tol pada…

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati: - Setelah Menanti 15 Tahun

Presiden Jokowi berharap Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia yang akan…