Air Terjun Curug Sewu, Keunikannya memiliki Tiga Tingkatan

NERACA. Letak Kabupaten Kendal yang berada di pesisir Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah sebenarnya sangat mendukung pengembangan potensi wisata pantai atau wisata bahari. Akan tetapi, sejumlah obyek wisata pantai yang terdapat di Kabupaten Kendal ternyata tidak sepopuler air terjun Curug Sewu, obyek wisata yang terletak di dataran tinggi.Curug Sewu yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Temanggung ini justru menjadi obyek tujuan wisata andalan Kabupaten Kendal. Lokasi tepatnya berada di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah.

Memasuki kompleks wisata air terjun Curug Sewu, Anda akan segera dimanjakan dengan keindahan alam dan kesejukan udara pegunungan. Letihnya perjalanan yang harus menempuh jarak dengan melewati rute naik-turun serta berkelok-kelok akan terbayar lunas sesampainya Anda di lokasi air terjun. Indahnya alam dataran tinggi, sejuknya udara gunung, segarnya aliran air, serta deburan suara air terjun Curug Sewu yang khas akan membuat nyaman hati dan pikiran Anda.

Asal-usul mengapa dinamakan Curug Sewu sebenarnya diambil dari nama desa yang menjadi lokasi air terjun ini, yaitu Desa Curug Sewu, yang berjarak sekitar 44 kilometer ke arah selatan Kota Kendal. Namun, ada juga meyakini bahwa kata “Sewu” sengaja dipakai karena merujuk pada struktur air terjun ini yang bertingkat-tingkat. Oleh karena tingkat-tingkat itu berjumlah banyak, maka air terjunnya pun diberi nama Curug Sewu. “Sewu” dalam bahasa Jawa berarti “seribu”, sedangkan istilah “Curug” dikenal dalam bahasa Sunda dengan makna “air terjun”. Dengan demikian, nama Curug Sewu dapat ditafsirkan dengan pengartian “air terjun yang mempunyai banyak tingkat”.

Air terjun Curug Sewu mempunyai keunikan tersendiri yang tidak dimiliki tempat-tempat wisata sejenis di daerah lain. Keunikannya adalah Curug Sewu memiliki tiga tingkatan atau lapisan air terjun. Tiga tingkatan air terjun tersebut masing-masing memiliki ukuran ketinggian 45 meter, 15 meter, dan 20 meter. Dengan demikian, total ketinggian air terjun Curug Sewu adalah 80 meter. Faktor tingginya air terjun inilah yang membuat Curug Sewu semakin terlihat indah, menawan, dan elok dalam pandangan mata.

Pesona keindahan air terjun tertinggi di Jawa Tengah ini (berada pada ketinggian 650 meter di atas permukaan laut) semakin terlihat pada waktu-waktu tertentu. Jika beruntung, Anda dapat melihat pelangi dengan puspa warna yang beraneka rupa di antara deburan air terjun Curug Sewu. Harmonisasi warna pelangi yang berpadu dengan kegagahan terjunan air yang bertingkat-tingkat itulah yang menjadi daya tarik utama obyek wisata ini. Curug Sewu biasanya banyak dikunjungi wisatawan lokal dari dalam maupun luar Kabupaten Kendal pada saat liburan dan Hari Raya Idul Fitri.

Agar para pengunjung leluasa melihat keindahan alam dan air terjun dengan lebih seksama, di Curug Sewu telah dibangun menara pandang yang dilengkapi dengan teropong. Adanya menara pandang dan fasilitas teropong tersebut diharapkan dapat memberikan variasi pilihan wisata dan menambah keistimewaan Curug Sewu. Pengunjung dapat melihat keindahan air terjun dari atas, bukan dipandang dari bawah seperti obyek wisata air terjun di tempat-tempat lain.

Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kendal bersama pihak pengelola obyek wisata Curug Sewu memang telah berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan renovasi dari tahun ke tahun, agar Curug Sewu semakin digemari wisatawan. Upaya peningkatan fasilitas yang dilakukan di antaranya adalah dengan membangun taman konservasi satwa langka dan lapangan olahraga.Usaha inovasi selanjutnya adalah dengan membangun kelengkapan obyek wisata, seperti jet coaster, kereta mini untuk berkeliling kompleks wisata, kolam renang dengan standar nasional, taman rekreasi, panggung hiburan, serta taman bermain anak. Total dana yang dikucurkan untuk mempercantik obyek wisata Curug Sewu ini adalah sebesar 3 miliar rupiah.

Air terjun Curug Sewu berlokasi di ujung selatan Kota Kendal, kira-kira berjarak 44 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Kendal ini. Kota Kendal sendiri sangat mudah dijangkau karena terletak di jalur utama Pantai Utara Jawa Tengah yang menghubungkan Kota Pekalongan dengan Kota Semarang. Dari kedua kota ini, Kota Kendal dapat dijangkau dalam waktu yang relatif tidak lama.

Setelah tiba di pusat Kota Kendal, jalur yang dapat Anda tempuh untuk sampai ke obyek wisata Curug Sewu adalah melalui rute Cepiring, Weleri, dan kemudian Sukorejo. Lokasi air terjun Curug Sewu juga bisa ditempuh dari arah Temanggung atau Kebumen dengan melewati Parakan kemudian langsung ke Curug Sewu. Jika memulai perjalanan dari Kota Semarang, Anda bisa melalui jalur alternatif dengan menempuh rute Mijen, Boja, dan kemudian langsung naik ke Curug Sewu.

Perjalanan menuju Curug Sewu dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, baik dengan sepeda motor maupun mobil. Meski jalan menuju obyek wisata ini sudah berupa jalan beraspal yang halus, namun medan yang harus dilalui cukup sulit dan melelahkan, yakni berkelok-kelok dengan cukup banyak tanjakan selayaknya jalan yang membelah daerah pegunungan.

BERITA TERKAIT

Kurang Minum Air Mineral Berujung Penyakit Kronis

Air mineral sering kali jadi nutrisi yang terlupakan. Padahal, cairan itu sama pentingnya dengan karbohidrat dan protein yang tergabung dalam…

Indonesia Hadapi Tiga Beban Penyakit

Indonesia kini tengah memasuki masa transisi epidemiologi. Kondisi ini membuat Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta masyarakat untuk mewaspadai segala jenis…

Kepala Bappenas Prihatin Kondisi Nelayan Miskin - INDONESIA SEBAGAI NEGARA MARITIM DAN MEMILIKI TANAH SUBUR

Jakarta-Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Prof Dr. Bambang Brodjonegoro mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi nelayan di Indonesia. Dia melihat petani dan…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Destinasi Jelajah Gua di Gunungkidul

Bagi pecinta petualangan sekaligus sejarah dan keindahan alam, kegiatan menjelajahi gua paling tepat dijadikan agenda berlibur. Jika ingin menikmati keindahan…

Pulau-pulau Eksotis di Timur Indonesia

Selama ini Bali dan Lombok adalah dua nama pulau yang kerap menjadi pilihan wisatawan mancanegara untuk menghabiskan waktu berliburnya. Padahal…

Kemenpar Siap Kembangkan Ekowisata Hutan Gede Pangrango

Dalam siapkan ekowisata hutan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan menggelar bimbingan teknis (bimtek), salah satunya untuk pengelola Taman Nasional Gunung Gede…