Memilah dan Memilih Asuransi Pendidikan

NERACA. Salah satu hal yang harus Anda persiapkan untuk masa depan anak Anda adalah pendidikannya; dan asuransi pendidikan adalah salah satu hal yang bisa membantu Anda berurusan dengan biaya pendidikan anak.

Biaya pendidikan memang semakin meningkat naik dari hari ke hari. Anda tentu masih ingat berapa biaya sekolah Anda pada waktu Anda masih sekolah dasar, SMP, SMA, atau saat kuliah; bandingkan biaya Anda sekolah saat itu dengan biaya masuk sekolah dasar saat ini. Mungkin, jumlah biaya pendidikan Anda seumur hidup jauh lebih murah dibandingkan biaya masuk SD, SMP, atau SMA anak Anda saat itu.

Karena itu, asuransi pendidikan menjadi salah satu solusi yang dapat menyelamatkan finansial Anda dari biaya pendidikan yang makin hari makin meningkat ditengah banyaknya jenis asuransi pendidikan yang menawarkan kemudahan dalam mengatur dan merangcang masa depan pendidikan si buah hati.

Beberapa cara memilih asuransi pendidikan, sehingga Anda mampu memutuskan yang benar seputar asuransi pendidikan yang cocok untuk anak Anda; Pertama, Anda harus menentukan jangka pendidikan anak Anda, yang merupakan hal pokok dalam memilih jenis asuransi pendidikan.

Ada berbagai macam jenis asuransi pendidikan yang bisa Anda pilih, dan jenis asuransi pendidikan tersebut digolongkan menurut jangka waktu pendidikan yang direncanakan akan ditempuh. Apabila Anda sudah menentukan jangka waktu pendidikan anak Anda, maka selanjutnya Anda tinggal menemukan perusahaan asuransi yang baik dan dapat dipercaya.

Memilih asuransi yang menguntungkan merupakan suatu urusan yang tidak mudah. Ada sangat banyak perusahaan-perusahaan asuransi yang menganjurkan pelbagai paket asuransi dengan kemudahan yang dapat Anda peroleh.

Bila Anda merasa tidak cocok, atau begitu paham tentang kinerja suatu perusahaan asuransi dalam aktifitasnya, sebaiknya Anda mencari tahu seputar perusahaan dimana Anda menyandarkan harapan, baik pendidikan, kesehatan, maupun hari tua. Sehingga pada akhirnya Anda tidak akan merasa merasa kecewa apabila ternyata kerjasama yang Anda jalin dengan perusahaan asuransi tidak berjalan sesuai harapan.

Nah satu cara memilih asuransi pendidikan dan perusahaan asuransi adalah Anda harus mencari referensi tentang perusahaan asuransi terpercaya, yang akan Anda temukan di majalah pendidikan, artikel asuransi pendidikan, dan sumber lainnya.

Sebenarnya, Anda bisa mendapatkan banyak cara memilih asuransi pendidikan lain di dunia maya, karena disana banyak perusahaan asuransi online yang menyediakan review, sehingga Anda tahu benar asuransi pendidikan yang cocok untuk masa depan anak Anda. Setelah Anda mengetahui pilihan-pilihan apa saja yang tersedia bagi, maka langkah Anda selanjutnya adalah lakukan kewajiban yang harus Anda laksanakan.

BERITA TERKAIT

Perlunya Daftar Hitam Asuransi Cegah “Fraud” - INISIATIF PELAKU INDUSTRI ASURANSI NASIONAL

Jakarta-Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) berencana menerbitkan daftar hitam nasabah untuk mengurangi kecurangan (fraud) dalam praktik usaha perasuransian. Ini mirip…

IMF Soroti Reformasi Struktural dan Kesenjangan

NERACA Jakarta-Dana Moneter Internasional (IMF) menyebutkan, tiga prioritas utama yang harus dilakukan untuk memperkuat pemulihan ekonomi global yang saat ini…

Antara APIP dan Opini WTP

Oleh: Panji Pradana Putra, Inspektorat Jenderal Kemenkeu *) Pertama kali dalam 12 tahun, pertanggungjawaban pelaksanaan APBN dalam bentuk Laporan Keuangan…

BERITA LAINNYA DI KEUANGAN

Mengajari Anak Menabung, Berbelanja, dan Berbagi

Oleh: Yulius Ardi Head, Managed Investment Product Standard Chartered Bank   Akhir musim sekolah telah diambang pintu dan anak-anak akan…

Sukuk Bisa Sebagai Alternatif Pembiayaan Daerah

Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Suminto mengatakan penerbitan obligasi berbasis syariah atau sukuk bisa…

Keuangan Syariah: - Akan Stagnan Atau Butuh Terobosan

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman Hadad meminta inovasi dan terobosan pelaku industri untuk mengembangkan keuangan syariah, karena tanpa…