IT Software Menunjukkan Peningkatan

Neraca. Seiring perkembangan waktu dewasa ini, perusahaan-perusahaan IT bukan hanya saja memfokuskan diri pada segmen produk dari perangkat keras/hardware dan tampilannya saja, akan tetapi kini telah mulai memfokuskan diri pada perangkat lunak/software. Perkembangan arus informasi dan teknologi telah membooming keseluruh negara-negara didunia, termasuk di kota-kota besar di Indonesia. Maraknya perkembangan IT pada software komputer untuk memberikan berbagai kebutuhan dari para pengguna produk IT.

Para pengguna produk IT ini mulai dari kalangan pemerintah, swasta yang berbentuk corporate besar maupun kecil bahkan termasuk individu sekalipun telah mempergunakan produk IT untuk kepentingan dari kebutuhan mereka. Bahkan SAP salah satu perusahaan yang memfokuskan diri pada penyediaan perangkat lunak/software, melihat hal itu sebagai suatu prospek jangka panjang. Hal itu karena melihat perkembangan IT dimasa depan akan dipengaruhi oleh perkembangan saat ini, dimana kebutuhan akan perangkat lunak, berupa aplikasi, program untuk menampung berbagai data sangat dibutuhkan oleh system komputerisasi suatu badan organisasi, baik pemerintahan, perusahaan negara maupun swasta.

Pada iklim bisnis dari suatu perusahaan atau badan lainnya selalu menghadapi permasalahan dalam penyimpanan data-data perusahaan, yang berupa pencatatan administrasi karyawan, program kerja perusahaan dan berbagai arsip yang dimiliki oleh perusahaan itu. Tentunya permasalahan yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan itu, banyak macamnya, sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemajuan dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, SAP menangkap keinginan dari perusahaan-perusahaan dan badan organisasi yang menghadapi kendala tersebut untuk memberikan solusi atau jalan keluar sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing perusahaan.

Di antara yang ditawarkan oleh SAP adalah paket starter SAP Business One. Produk yang ditujukan bagi para pelaku bisnis kecil dan UKM. Bentuk dari produknya yaitu aplikasi skala kecil untuk perusahaan yang memiliki 1-5 pengguna perangkat lunak bisnis atau bahkan yang berskala menengah ke atas. Berbagai penelitian dan inovasi serta peningkatan program/aplikasi dari software dilakukan sesuai dengan tuntutan kebutuhan akan kemudahan system komputerisasi bagi masing-masing perusahaan.

Perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang dan maju, tentunya ingin meningkatkan system kerja yang terencana, efisien dari segala pengeluaran dan mampu bekerja dengan cepat. Kendala yang dihadapi karena ada yang masih menggunakan catatan secara manual dan penyimpanan secara manula, yang entunya memakan lebih banyak waktu bagi seorang administrasi. Apalagi bila penyimpanan arsip dengan skala besar, tentunya memakan waktu berhari-hari untuk dapat menyelesaikan pengarsipannya. Nah, disinilah peran perusahaan IT melihat kebutuhan yang mendesak bagi sebagian besar perusahaan-perusahaan untuk menghemat waktu tempuh dan juga budget.

Kemudahan seperti yang ditawarkan oleh SAP sangat membantu efisiensi perusahaan dalam menekan coss anggaran dan ketepatan waktu. Memberikan program solusi kepada perusahaan untuk menggunkan software dalam penyimpanan data base, meningkatkan performa kecepatan sistem komputer, meng-upgrade sistem/aplikasi yang sudah overcapacity dan melakukan perawatan secara teratur. Perawatan atau maintanace ini berfungsi untuk menjaga agar sistem komputerisasi tetap berjalan sesuai pragram yang ditentukan dan menjaga agar tidak mengalami error, sehingga sistem komputer dapat berjalan lancar dan bertahan lama.

Bahkan kini, bukan hanya SAP yang menawarkan produk tersebut, tetapi hampir kebanyakan perusahaan-perusahaan IT kini telah menawarkan produk Software yang memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Walau demikian, software yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti ANDAL, pun menawarkan produk software untuk perushaan berskala menengah ke bawah, yang disesuaikan oleh tingkat kapasitas dari suatu perusahaan.

Tetapi bagi SAP dalam memberikan produk kepada para konsumennya, selalu melakukan observasi kepada para pelanggannya, untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh pelanggannya dan memberikan solusi yang sesuai dengan harapan dari pelanggan tersebut. Jadi, mereka melakukan training kepada pelanggannya untuk mengadaptasi program baru yang digunakan dan maintanace/perawatan, sehingga program itu berjalan tanpa ada kendala yang dihadapinya. Untuk harga itu sendiri, SAP menentukan sesuai dengan kesepakatan pelanggannya, sehingga dapat memuaskan kedua belah pihak.

BERITA TERKAIT

Wapres Dorong Peningkatan Kerjasama Ekonomi Negara D8

    NERACA   Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, Indonesia akan mendorong peningkatan kerja sama ekonomi dalam KTT…

PENINGKATAN SAHAM KIOSON

Suasana perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (17/10). Bursa Efek Indonesia menerbitkan surat pengumuman…

PENINGKATAN LAYANAN MANDIRI INHEALTH

Pemberian layanan kepada peserta PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) oleh Direktur Mandiri Inhealth Armendra (tengah) didampingi oleh Kepala…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Pemerintah Wajibkan Kartu SIM Divalidasi Pakai NIK dan KK - Batas Akhir 28 Februari 2018

Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melakukan validasi nomor SIM pelanggan menggunakan Nomor Induk Kependudukan dan Kartu Keluarga. Registrasi ini dilakukan…

Cara Memperkuat Sinyal Smatphone

Mengalami kehilangan sinyal saat menggunakan Android tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Saat kehilangan sinyal, semua lalu lintas data yang terhubung…

ATM Disebut Kembali Jadi Serangan Malware Cutlet Maker

  Para ahli Kaspersky Lab telah menemukan sebuah malware yang menargetkan ATM dan dijual secara bebas di pasar gelap DarkNet. Cutlet Maker terdiri dari tiga komponen dan memungkinkan ATM ‘memuntahkan’ uang jika…