Suzuki GSX-R1000 2012, Saingan Terberat Ninja dan CBR

Neraca. Pabrikan motor asal Jepang, Suzuki Motor Corporation akan melansir motor terbarunya yang bergenre superbike, GSX-R1000 2012. Motor ini hadir dengan sejumlah penyempurnaan mekanis. Sepeda motor sport ini diklaim lebih ringan 2 kilogram dibandingkan model tahun lalu.

Penghematan bobot diperoleh dari piston hasil pengembangan khusus yang 11% lebih ringan. Suzuki menyatakan komponen itu dikembangkan dengan mengggunakan teknologi yang diambil dari MotoGP. Begitu pula dengan engine tappet yang memiliki bobot 2,5 gram lebih ringan dibanding sebelumnya. Sementara cam profile bagia exhaust dirancang ulang untuk mengurangi overlap pada katup.

Teknisi di Suzuki juga mengubah rasio kompresi dari 12,8:1 menjadi 12,9:1, kemudian menata ulang bagian knalpot berkonfigurasi 4-2-1. Selain itu untuk meningkatkan performa pengereman, dipasang satu set Brembo Monoblock dipadu velek yang lebih ringan.

Mesin Baru

All-New 999cc GSX-R1000 adalah desain clean sheet dibangun untuk memaksimalkan efisiensi pembakaran dengan torsi dan daya di kisaran rpm dan respon throttle ditingkatkan dan emisi gas buang berkurang.Mesin baru ini lebih pendek depan ke belakang memungkinkan para insinyur untuk menggunakan wheelbase lebih pendek DAN sebuah lagi swingarm untuk kinerja pacuan kuda ditingkatkan. Baru yang lebih oversquare bore dan stroke 74.5mm x 57.3mm dari (dari 73.4mm x 59.0mm) memberikan potensi penyetelan mesin lebih baik secara keseluruhan, kinerja khusus meningkat pada rpm tinggi.

Insinyur Suzuki juga mampu meningkatkan kinerja rendah-range dan mid-range dan memperluas kurva torsi dengan membentuk kembali ruang pembakaran, meningkatkan rasio kompresi 12.8:1 untuk (dari 12.5:1) dan mengembangkan profil cam baru.Untuk membantu menjaga efisiensi intake dan output daya di rpm tinggi intake manifold downdraft sekarang lebih pendek 10mm (138mm dari 148mm). SRAD airbox juga baru dan lebih ringan. Bentuk ruang pembakaran direvisi juga mengakomodasi asupan yang lebih besar baru dan exhaust katup. Intake valve ukuran meningkat dari 30mm ke 31mm dan ukuran katup buang meningkat dari 24mm ke 25mm.

Paduan baja yang digunakan untuk menghasilkan katup pegas katup tunggal untuk masing-masing telah direvisi bersama dengan profil camshaft. Intake camshaft baru yang lebih pendek dan lebih ringan dan sensor sudut cam telah dipindahkan dari ujung kiri cam asupan ke pusat cam knalpot, yang memungkinkan kepala silinder dibentuk kembali untuk mengurangi berat badan.

Akibatnya jarak antara poros engkol dan poros output transmisi telah dikurangi oleh 59.6mm membuat mesin lebih pendek depan ke belakang. Reposisi poros transmisi juga memungkinkan perakitan crankcase harus disederhanakan, sekarang menggunakan dua berlari-bersama (atas dan bawah) bagian bukannya tiga, menghilangkan 16 sekrup dan membantu untuk mengurangi berat badan sekitar 670 gram.

Poros penyeimbang tunggal counter sekarang lebih kecil mengukur diameter bantalan 20mm bukan 23mm untuk kerugian mekanis berkurang. Membatasi torsi kembali kopling menggabungkan Kopling Suzuki Assist System (SCAS) untuk menarik kopling ringan dan kinerja kopling yang optimal. Kopling ini sekarang dioperasikan langsung oleh kabel bukan sistem hidrolik, meningkatkan merasakan dan umpan balik untuk pengendara serta mengurangi berat badan.

Sebuah terpadu yang baru kopling dan starter motor cover sekitar 200 gram lebih ringan dari dua individu yang mencakup sebelumnya digunakan. Sebuah pendingin oli baru yang lebih efisien juga memiliki bentuk trapesium bukan bentuk persegi panjang yang lebih konvensional, yang memungkinkan fairing lebih rendah untuk menjadi sempit untuk aerodinamis ditingkatkan. Radiator dan oil cooler baru juga memungkinkan untuk penggunaan bodywork sempit untuk drag berkurang.

Sebuah mikroprosesor kuat dalam ECM menjalankan sistem manajemen mesin canggih, dimulai dengan versi terbaru dari versi terbaru dari downdraft SDTV laras ganda sistem injeksi bahan bakar pertama kali diperkenalkan pada GSX-R1000.Sistem SDTV menggunakan dua katup kupu-kupu di setiap barel throttle body, katup primer dikendalikan oleh pengendara melalui pegangan memutar dan katup sekunder dikendalikan oleh ECM.

Setiap throttle body feed dua silinder dan setiap barel throttle body membawa dua ultra-halus-atomisasi, 12 penyuntik lubang. Setiap silinder utama injektor ditujukan pada sudut 30 derajat curam menuruni intake port untuk meningkatkan atomisasi bahan bakar dan beroperasi di bawah semua kondisi.Manajemen mesin idle Kontrol Kecepatan (ISC) meningkatkan mulai dingin, mengurangi emisi mulai dingin dan menstabilkan mesin menganggur dalam berbagai kondisi dengan secara otomatis mengatur volume udara segar dimasukkan ke dalam sirkuit throttle body, berdasarkan suhu pendingin. Busi dengan lebih halus, Iridium-paduan elektroda menghasilkan percikan kuat untuk pembakaran yang lebih baik.

Versi terbaru dari Suzuki Advance Exhaust System (SAEs) menggabungkan terhuyung pipa panjang kepala titanium, kolektor, pertengahan pipa pendek dan stainless steel di bawah ruang mesin yang menyebabkan dua Moto GP terinspirasi muffler titanium. Sebuah Suzuki Exhaust Tuning (SET) servo dikontrol katup kupu-kupu yang dibangun ke dalam pipa pertengahan membantu memaksimalkan torsi di seluruh rentang RPM. Ruang mesin di bawah membawa katalis untuk membantu mengurangi hidrokarbon, karbon monoksida dan emisi nitrogen oksida.

Komputer dikendalikan sistem PAIR Suzuki menyuntikkan udara segar dari airbox ke exhaust port lebih lanjut mengurangi emisi dengan membakar hidrokarbon terbakar. Ventilasi lubang diposisikan di bawah bawah dari seher stroke di setiap lubang silinder memungkinkan udara yang terjebak di bawah setiap piston turun dengan cepat melarikan diri ke silinder yang berdekatan.

Unik Suzuki Drive Mode Selector (S-DMS) sistem memungkinkan pengendara untuk memilih satu dari tiga injeksi bahan bakar dan sistem pengapian peta, menyesuaikan pengiriman kekuatan yang sesuai preferensi pribadi. Menggunakan tombol sekarang terletak di modul kontrol kiri stang, pengendara seketika dapat beralih antara tiga peta yang tersedia, yang ditunjuk A, B dan C sebagai ditampilkan pada panel instrumen.

BERITA TERKAIT

Mengenal Penyakit Endometriosis dan Fibroid

Zaskia Sungkar baru saja menjalani operasi endometriosis dan fibroid di Kuala Lumpur, Malaysia. Sebenarnya apa itu endometriosis dan fibroid? Endometriosis…

Telkomsel Bantu 5000 Anak Yatim Piatu di 4 Kota - Berbagi Kasih dan Sukacita Sambut Natal

Berbagi kebahagian dan kecerian dalam rangka menyambut hari raya Natal 2017, Telkomsel menggelar rangkaian kegiatan kepedulian sosial dengan tema “Saatnya…

Kulik Spesifikasi dan Kecanggihan Redmi Note 5A - Ponsel Harga Terjangkau

Xiaomi selama tahun-tahun belakangan ini terkenal menghadirkan ponsel yang lebih murah dibandingkan merk lain, namun, dengan spesifikasi yang tidak kalah…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

New Honda Vario eSP Dapat Sentuhan Tampilan Baru

PT Astra Honda Motor (AHM) merilis tampilan anyar untuk skutik andalan mereka, New Honda Vario eSP, yang disemati pembaruan pada…

Produk Otomotif China Tambah Pilihan Bagi Konsumen

Dua industri otomotif asal Tiongkok yakni PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) dan PT Sokonindo Automobile tahun ini resmi memasuki…

Infiniti Perkenalkan All New QX50 Dengan Mesin Baru

Infiniti memperkenalkan medium sport utility vehicle (SUV) kelas premium, All New QX50, yang menggunakan mesin bensin terbaru VC Turbo dengan…