Kia Rio 2012 dengan Harga dari Rp 159,9 Juta

Sabtu, 29/10/2011

NERACA. All new KIA Rio 2012 menjadi model baru terakhir yang diluncurkan Kia Mobil Indonesia untuk tahun ini. Diharapkan dengan dikeluarkannya produk pabrikan Korea ini, bisa mengebrak pasar mobil di Indonesia.Sebenarnya pada awal 2011, Kia Mobil Indonesia berjanji akan meluncurkan 3 produk baru sepanjang tahun ini. Kia Sportage menjadi produk pertama, lalu diikuti Picanto dan terakhir Rio.

Latar belakang penggunaan nama All new KIA Rio disebutkan Direktur Marketing KMI Hartanto Sukmono, bahwa awalnya nama yang digunakan secara global adalah Rio dan Pride. Pada varian awal, Indonesia menggunakan Pride, tapi khusus varian terbaru diputuskan menggunakan nama All new KIA Rio, maka Indonesia pun juga menggunakan nama yang sama.

"Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang meluncurkan All new KIA Rio, dan kedua di Asia setelah Korea Selatan. Ini adalah sebuah kehormatan besar buat Indonesia,” ujarnya.Kalau diperhatikan lebih detail desain KIA sudah berubah 180 derajat. Konsep produk menggunakan karakter mobil Eropa yang sedang tren, ramah lingkungan dengan emisi gas buang rendah dan safety tinggi sebagai konsep yang paling utama.

Awal Desember 2011 All new KIA Rio baru bisa dipesan oleh konsumen di Indonesia. Soal harga dimulai dari varian dengan trim terendah yakni Rp159,5 juta untuk versi transmisi manual. Sementara transmisi otomatis dibanderol Rp173,9 jutaan On the Road Jakarta.

Hatchback yang mengalami revolusi desain ini memiliki panjang dan lebar lebih besar dari pendahulunya. Generasi ke-4 Rio memiliki panjang 4045 mm (lebih panjang 20 mm) dan lebar 1720 mm (25 mm). Sedangkan ketinggiannya menciut menjadi 1455 mm dari 1470 mm.Desainnya jauh lebih menarik dan seksi dari model sebelumnya. ‘Tiger Nose’ yang menjadi ciri khas mobil-mobil Kia masa kini dapat kita lihat di bagian grille. Overhang depan dibikin lebih pendek 25 mm. Sedangkan koefisien hambatan aerodinamika turun menjadi 0,33.

Kia menjejali Rio 2012 dengan mesin Gamma 1,4 liter, 4-silinder, bertenaga 107 ps pada 6300 rpm dan torsi 135 Nm pada 4200 rpm. Anda bisa memilih Rio 2012 dalam transmisi manual 4-speed atau otomatis 6 speed, pertama di kelasnya.Pengedaraan Anda dijamin ‘hijau’ karena dibekali ECO mode di mobil bertransmisi manual – akan menceritakan gaya mengemudi Anda apakah boros atau tidak. Lampu ECO di dashboard akan menyala jika Anda berkendara dengan ekonomis.

Kia Mobil Indonesia menjamin konsumsi bensin Kia Rio 2012 antara 14-18 km/liter. Emisi CO2 125-167 gr/km. Sistem audio Rio 2012 menyediakan fasilitas pemutar CD/MP3, radio, koneksi Aux, iPod, Bluetooth, USB. Empat speaker berada di dalam kabin untuk mengeluarkan suara merdu penyanyi kesanyangan Anda.

Selain eksteriornya berevolusi, bagian interior pun ikut berubah menjadi lebih modern, sedap dipandang dan berkualitas. Katanya, kabin Rio 2012 lebih senyap dari pendahulunya. Kenyamanan berkendara lebih baik karena suspensi mengalami revisi.