Memelihara Rambut Sehat, Indah, dan Berkilau

Tanaman Lidah Buaya :

Sabtu, 29/10/2011

NERACA. Rambut merupakan mahkota baik bagi perempuan dan pria, yang memiliki peran penting dalam penampilan. Selain penampilan, rambut sehat akan memberi kenyamanan pada diri, sehingga orang dapat merasakan keuntungan dalam dirinya sendiri. Jadi, rambut sehat akan menjadi dambaan setiap insan karena memiliki daya tarik tersendiri dan bisa dinikmati oleh orang yang melihatnya.

Untuk mendapatkan rambut sehat, indah, segar dan berkilau, tentunya perlu perawatan yang khusus. Banyak produk perawatan kesehatan rambut yang menawarkan berbagai keuntungan bagi para penggunanya, mulai dari menghitamkan rambut, menyuburkan rambut, menumbuhkan rambut rontok dan sebagainya. Produk-produk tersebut terbuat dari berbagai macam jenis yang diolah melalui proses kimiawi. Bahan-bahan tersebut ada yang secara natural dan ada yang dicampur dengan bahan kimia. Bahan-bahan yang terbuat dari kimia biasanya dapat membahayakan bagi kesehatan rambut itu sendiri. Seperti diketahui ada beberapa produk perawatan rambut yang setelah melalui proses penelitian uji klinis, ternyata dapat membahayakan kesehatan rambut dan kulit kepala.

Hal itu tentunya meresahkan warga masyarakat yang menggunakan produk kesehatan rambut. Oleh sebab itu, produk-produk kesehatan rambut yang beredar dipasaran yang dapat terjamin adalah produk yang lulus uji klinis dari depkes. Pengujian ini dilakukan untuk melindungi para konsumen agar tidak dirugikan dengan janji-janji bila menggunakan produk ini dapat menyuburkan rambut dalam sekejap atau beberapa waktu saja, kenyataannya tidak. Bahkan hal itu membawa dampak yang merugikan karena produk itu mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan rambut bila digunakan secara simultan. Nah, untuk menjaga hal itu dari pihak Depkes selalu mengawasi dan melakukan penelitian pada setiap produk yang beredar dimasyarakat, sehingga pihak Depkes dapat menentukan izin beredar atau tidaknya suatu produk kepada masyarakat.

Hal yang seperti itu membuat masyarakat sangat berhati-hati dalam membeli dan menggunakan suatu produk terutama produk perawatan dan kesehatan rambut. Selain itu, ada sebagian masyarakat yang beralih kepada penggunaan bahan natural yang memiliki resiko kecil terhadap efek samping, karena bahan natural sama sekali tidak memiliki efek samping yang negatif, sehingga rambut dapat terawat dengan baik, sehat, indah, fresh dan memuaskan.

Ada berbagai macam bahan natural yang digunakan oleh masyarakat untuk perawatan rambut sehat, subur, kuat dan berkilau. Diantaranya adalah lidah buaya/ aloe vera, bunga lavender dan sebagainya. Daun lidah buaya telah banyak dikenal oleh masyarakat sebagai pohon yang memiliki kandungan dan khasiat yang dapat melindungi, merawat dan menyuburkan rambut kepala, bahkan dapat menghitamkan rambut secara alamiah.

Berbagai penelitian telah dilakukan oleh instansi bersangkutan seperti bidang medis dan pangan. Pada dunia kesehatan pohon lidah buaya atau dalam bahasa latinnya aloe vera ini, memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut dan dapat menyuburkan rambut serta menghitamkan rambu kepala. Lidah buaya bekerja secara alamiah dalam merangsang pertumbuhan rambut dan menambah pigmen sehingga rambut lebih hitam dan berkilau.

Selain itu, masalah kesehatan rambut seperti ketombe, rontok, kekurangan pigmen yang dapat membuat rambut tidak sehat dan beruban merupakan permasalahan yang dialami oleh banyak orang saat ini. Umumnya orang yang menggunakan bahan untuk perawatan dan kesehatan rambut, sebelumnya pernah menggunakan produk yang mengandung kimia sehingga rambut mereka bermasalah. Bahan kimia tersebut ternyata membuat kesehatan rambut menjadi masalah yang mengakibatkan kerontokan, rambut menipis dan menguning atau bahkan beruban. Hal itu terjadi karena proses kimiawi bertemu dengan zat yang ada pada rambut bertolak belakang, dan bila lama kelamaan terus dilakukan maka kerusakan pada rambut tidak terhindarkan.

“Rambut beruban disebabkan karena unsur melanin dalam rambut berkurang, bahkan menghilang. Hal itu karenakan beberapa faktor seperti usia yang merupakan faktor alami terjadinya uban. Selain itu, faktor keturunan, pengaruh stress dan pola hidup yang tidak sehat. Rambut hitam identik dengan orang asia karena memiliki pigemn eumelanin berwarna merah tua atau hitam. Bila kehilangan eumelanin maka rambut akan berubah warnanya menjadi kelabu atau putih. Itulah yang disebut terjadinya proses rambut beruban.” menurut Dr. Farmanina Santoso, Dermatologist.

Aloevera ternyata cukup efektif menjadi salah satu alternatif untuk digunakan sebagai perawatan kesehatan rambut. Kandungannya memiliki zat vitamin, protein dan berbagai unsur yang diperlukan oleh pertumbuhan, kekuatan dan kesehatan rambut. Saat ini teknologi telah mampu mengolah aloevera menjadi bahan baku kesehatan dan kosmetik yang teruji secara klinis. Selain itu, aloevera bisa digunakan langsung sebagai perawatan kesehatan rambut dengan mengolah secara sederhana, yaitu dengan mengambil sari lidah buaya yang dioleskan pada rambut kepala dan hasilnya bisa dilihat dalam beberapa hari. (shiddiq)