Penabung Simpeda Naik 5,19%

Jumat, 21/10/2011

NERACA

Jakarta—Posisi jumlah nasabah Tabungan Simpanan Pembangunan Daerah (Simpeda) pada semester I-2011 mengalami peningkatan sekira 5,19% dibandingkan dengan periode yang sama 2010. "Pada periode Juni 2010 atau semester I-2010 jumlah nasabah baru 4.896.450 orang, tapi pada Juni 2011 atau semester I-2011 lalu jumlahnya naik menjadi 5.150.758 orang atau mengalami kenaikan 5,19%," kata Direktur Eksekutif Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) Nazwar Nazir di Jakarta, Kamis (20/10)

Diakui Nazwar, peningkatakan jumlah nasabah Simpeda ini berkorelasi positif dengan kenaikan nominal jumlah tabungan. Di mana Tabungan Simpeda hingga akhir Juni 2011 lalu sebesar Rp20,929 triliun. "Angka ini mengalami kenaikan sekira 16,09 persen jika dibandingkan dengan Juni 2011 yang ketika itu sebesar Rp18,028 triliun,” tambahnya

Sebagai apresiasi kepada para nasabah, kata Nazwar, Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) melalui Komite Pelaksanaan Undian (KPU) Simpeda menggelar penarikan undian nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) dengan tajuk Panen Rejeki BPD. Acara ini dilaksanakan di Kota Jambi, Jumat 14 Oktober lalu.

Sebelumnya, Nazwar sempat mengungkapkan nilai tabungan Simpeda hingga semester I-2011 mencapai Rp20,929 triliun atau meningkat 16,09% dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp18,028 triliun.

Menurut Nazwar, Tabungan Simpeda merupakan tabungan milik Bank Pembangunan Daerah yang dirancang secara khusus sebagai alat pemersatu Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia.

Melalui semangat kebersamaan antar BPD yang berada dalam satu wadah Asbanda, kata Nazwar, Tabungan Simpeda ini diharapkan lebih dari sekadar pemersatu, tapi mampu menyokong kenaikan kinerja tabungan di BPD dengan menghadirkan ragam manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Untuk itu, kata Nazwar, Asbanda melalui Komite Pelaksanaan Undian (KPU) Simpeda, kembali akan menggelar acara Panen Rejeki BPD. Nazwar yang juga Ketua Komite Pelaksana Undian Simpeda Asbanda ini menjelaskan, Panen Rejeki BPD ini merupakan perhelatan akbar yang melibatkan BPD seluruh Indonesia dan digelar guna menyapa para nasabah setianya dari Sabang-Merauke.

Setelah enam bulan lalu, kegiatan ini dilaksanakan di Yogyakarta, pada 14 Oktober nanti yang menjadi tuan rumah Panen rejeki BPD (Penarikan Undian Nasional Tabungan Simpeda) Periode I tahun ke XXII-2011 adalah Bank Jambi. “Besarnya hadiah undian Panen Rejeki BPD totalnya mencapai Rp6 miliar per tahun atau Rp3 miliar per periode (enam bulan sekali). Hadiah ini akan dimenangkan 584 pemenang,” terangnya

Selain diselenggarakan secara nasional, beberapa BPD juga menggelar Undian Lokal Tabungan Simpeda dengan hadiah beragam. Mulai dari mobil mewah, uang tunai dan ragam jenis hadiah lainnya dengan total miliaran rupiah. “Undian Lokal Tabungan Simpeda oleh masing-masing BPD ini sebagai upaya untuk lebih mendekatkan diri dengan nasabah serta memberikan apresiasi pada nasabah loyal Tabungan Smpeda di daerahnya,” katanya. **cahyo