Kiat Menjual Menu Soto

NERACA. Memulai usaha soto sangat mudah, bahkan bisa dimulai dari dapur sendiri. usaha ini tidak memerlukan modal besar. untuk usaha skala kecil, kita hanya membutuhkan gerobak untuk menjajakan soto. gerobak ini bisa dipasang didepan rumah atau dibawa keliling.

Untuk mendapatkan respons positif dari pembeli, sebelum membuka usaha kita bisa melakukan uji rasa. Misalnya dengan membagikan contoh soto kepada tetangga atau saudara. Dengan demikian kita bisa memperbaiki rasa soto yang kita buat. Jika respon sudah berjalan baik, kita bisa membuka cabang di tempat lain. Berikut ini kiat untuk menjual soto agar disukai konsumen.

1. Kenali Konsumen

Sebelum mulai berjualan, kita harus mengetahui siapa saja yang akan menjadi pembeli terbesar. Jika targetnya orang yang berkantong tebal, harga mahal tidak menjadi masalah. Namun jika yang membeli adalah kelompok dengan daya beli rendah tentu saja harga menjadi pertimbangan utama.

Pertimbangan tentang konsumen soto tidak hanya berdasarkan pada daya beli tapi juga tentang kecenderungan rasa. Setiap daerah memiliki kecenderungan rasa berbeda-beda. Ada yang menyukai asin, manis lebih berbumbu atau yang lainnya. Amati kebiasaan makan mereka. Pertimbangan ini terutama diperlukan jika kita menjual soto untuk satu kelompok orang tertentu.

2. Pilih Lokasi Tepat

Tempat yang strategis punya peran yang sangat penting saat membuka usaha makanan. Pilih tempat berjualan yang ramai dan sering didatangi orang. Usahakan ada tempat parkir yang memadai di sekitarnya sehingga orang tidak segan untuk mampir

3. Tampil Beda

Soto yang kita jual harus memiliki perbedaan dari soto yang lain agar selalu diingat pembeli. Perbedaan ini bisa berupa tempat makan yang lebih nyaman, pelayanan yang lebih baik, rasa yang lebih lezat dan harga yang bersaing.

4. Promosi

Promosi dilakukan agar soto yang kita jual dikenal banyak orang, paling tidak orang disekitar wilayah tempat berjualan. Promosi bisa dilakukan lewat poster, selebaran atau spanduk.

5. Konsisten dalam mutu dan pelayanan

Rasa soto yang sudah ada harus tetap terjaga, tidak boleh berubah-ubah. Dengan demikian pelanggan yang sudah terbiasa makan tidak akan kabur. Penyajiannya juga harus cantik dan bersih sehingga pembeli tertarik. Pelayanannya pun sebaiknya seramah mungkin agar pembeli merasa nyaman dan tidak kecewa.

BERITA TERKAIT

Laba Indah Kiat Capai US$ 516,17 Juta

Emiten produsen kertas, PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP) membukukan kinerja positif pada kuartal III-2018 didorong oleh penjualan…

Indah Kiat Suntik Modal Anak Usaha

NERACA Jakarta – Danai pengembangan bisnis anak usaha, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) tambah modal dasar PT…

Kiat Kampus Siapkan Lulusan Siap Pakai

Kiat Kampus Siapkan Lulusan Siap Pakai NERACA Serpong – Kesiapan lembaga pendidikan tinggi dalam memenuhi tuntutan dunia kerja menjadi hal…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…

Sruput Dinginnya Usaha Minuman Bubble

Meski tidak seheboh dulu minuman bubble . Tapi usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul…

Jajaki Gurihnya Usaha Jajan Martabak

Jajanan Martabak merupakan salah satu kudapan yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Disajikan dengan berbagai varian rasa, martabak tak…