NERACA. Memulai usaha soto sangat mudah, bahkan bisa dimulai dari dapur sendiri. usaha ini tidak memerlukan modal besar. untuk usaha skala kecil, kita hanya membutuhkan gerobak untuk menjajakan soto. gerobak ini bisa dipasang didepan rumah atau dibawa keliling.
Untuk mendapatkan respons positif dari pembeli, sebelum membuka usaha kita bisa melakukan uji rasa. Misalnya dengan membagikan contoh soto kepada tetangga atau saudara. Dengan demikian kita bisa memperbaiki rasa soto yang kita buat. Jika respon sudah berjalan baik, kita bisa membuka cabang di tempat lain. Berikut ini kiat untuk menjual soto agar disukai konsumen.
1. Kenali Konsumen
Sebelum mulai berjualan, kita harus mengetahui siapa saja yang akan menjadi pembeli terbesar. Jika targetnya orang yang berkantong tebal, harga mahal tidak menjadi masalah. Namun jika yang membeli adalah kelompok dengan daya beli rendah tentu saja harga menjadi pertimbangan utama.
Pertimbangan tentang konsumen soto tidak hanya berdasarkan pada daya beli tapi juga tentang kecenderungan rasa. Setiap daerah memiliki kecenderungan rasa berbeda-beda. Ada yang menyukai asin, manis lebih berbumbu atau yang lainnya. Amati kebiasaan makan mereka. Pertimbangan ini terutama diperlukan jika kita menjual soto untuk satu kelompok orang tertentu.
2. Pilih Lokasi Tepat
Tempat yang strategis punya peran yang sangat penting saat membuka usaha makanan. Pilih tempat berjualan yang ramai dan sering didatangi orang. Usahakan ada tempat parkir yang memadai di sekitarnya sehingga orang tidak segan untuk mampir
3. Tampil Beda
Soto yang kita jual harus memiliki perbedaan dari soto yang lain agar selalu diingat pembeli. Perbedaan ini bisa berupa tempat makan yang lebih nyaman, pelayanan yang lebih baik, rasa yang lebih lezat dan harga yang bersaing.
4. Promosi
Promosi dilakukan agar soto yang kita jual dikenal banyak orang, paling tidak orang disekitar wilayah tempat berjualan. Promosi bisa dilakukan lewat poster, selebaran atau spanduk.
5. Konsisten dalam mutu dan pelayanan
Rasa soto yang sudah ada harus tetap terjaga, tidak boleh berubah-ubah. Dengan demikian pelanggan yang sudah terbiasa makan tidak akan kabur. Penyajiannya juga harus cantik dan bersih sehingga pembeli tertarik. Pelayanannya pun sebaiknya seramah mungkin agar pembeli merasa nyaman dan tidak kecewa.
Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…
Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX NERACA Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…
InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…
Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…
Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX NERACA Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…
InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…