Reklamasi teluk, Solusi Jakarta menuju Global city

sukses Uni Emirat Arab  membangun Palm Island di lepas pantai kota dubai dengan gedung al burj, yang menjadi ikonnya. Banyak investor  lantas berbondong bondong masuk Negara tersebut untuk membangun produk property yang lain, bukan hanya pebisnis yang menjadi investor, kalangan   pesohor dunia bahkan pesepakb bola john terry, ikut menggelontorkan dananya untuk memborong beberapa unit apartemen. Hasilnya pertumbuhan ekonomi Negara tersebut melonjak tinggi dengan industri property dan pariwisata sebagai tulang punggungnya.

 

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Apa yang dilakukan pemerintah Uni Emirat Arab sebenarnya bukan hal baru, karena aksi serupa pernah dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat, hongkong, Australia, bahkan korea selatan dan Singapura.

Negara kecil seperti Singapura jelas membutuhkan tambahan lahan baru untuk mengakomodasi pertumbuhan populasi penduduknya. Tetapi Amerika serikat dan terlebih Australia yang memiliki area lahan sangat luas dan belum terisi penghuni ternya mengambil kebijakan serupa dengan Singapura untuk menggenjot Reklamasi di kawasan pantainya. Ternyata AS dan Australia menggelar Reklamasi di beberapa pantainya bukan karena adanya lonjakan populasi penduduk. Tapi langkah reklamasi dilakukan karena pemerintah Negara Negara tersebut ingin menggenjot pertumbuhan ekonomi negaranya lewat penyerapan tenaga kerja. Proyek reklamasi memang menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. puluhan juta kesempatan kerja tercipta dampak dari proyek reklamasi.

Reklamasi pada hakikatnya adalah upaya meningkatkan manfaat sumber daya lahan ditinjau dari segi lingkungan dan sosial ekonomi baik dengan cara pengurugan serta pengeringan lahan atau drainase. Hal tersebut tercantum dalam UU No. 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Reklamasi bisa dilakukan dengan cara menimbun perairan pantai (Sistem Timbunan), mengeringkan perairan (Sistem Polder), campuran keduanya atau dengan Sistem Drainase. Intinya adalah bagaimana agar wilayah perairan tersebut menjadi lahan yang bisa ditinggali.

Proses tersebut harus memperhatikan lingkungan, itulah yang pertama dan terutama diucapkan seperti dalam undang-undang. Maka patut diwaspadai dampak yang bakal muncul akibat dari reklamasi tersebut dibalik keuntungan ekonomi yang diperoleh. Kekhawatiran berlebihan terhadap dampak reklamasi menjadi salah satu alasan program reklamasi pantai utara Jakarta yang dicanangkansejak1994, pelaksanaannya Menjadi tersendat.

Hesti D. Nawangsidi, ahli tata kota dari Institut Teknologi Bandung, mengatakan sebenarnya ada banyak solusi untuk mengatasi berbagai dampak negatif dari kegiatan reklamasi. “Kekhawatiran terkait masalah lingkungan,

seperti ekologi, terumbu karang, dan lain-lain itu sebenarnya tersedia solusinya.Sebab kekhawatiran terhadap dampak reklamasi itu sebetulnya bisa cukup mengganggu bila kita tidak paham lebih mendalam mengenai reklamasi,” katanya beberapa waktu silam. Sementara itu, Pemprov DKI akan segera mewujudkan proyek reklamasi 17 pulau di wilayah pantai utara Jakarta. Proyek itu didukung para pengembang swasta. Setelah direklamasi, lima persen lahan di pulau buatn itu menjadi milik Pemprov DKI.

Reklamasi 17 pulau di wilayahpantai utara Jakarta merupakan bagian dari program

National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang akan segera dimulai pada 2015. Pembangunan 17 pulau baru ini akan menambah luasan lahan kota Jakarta sebesar 5.100 hektare.

Menurut Gubernur JakartaBasuki T. Purnama atau yang akrab disapa Ahok, lahan reklamasi tidak selalu harus dijadikan sebagai perumahan maupun properti lain yang biasa terdapat dalam sebuah kota modern.

Justru, kata Ahok, reklamasi harus dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai lahan pertanian, yang dinilai sudah sangat minim di Jakarta. “Lima persen lahan di pulau yang direklamasi, Sudah hak Pemprov DKI. Bisa kami buat untuk pertanian seperti di Korea Selatan. Makanya saya mau pelajari lebih lanjut di sana (Korsel),” ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin (15/9).

Sebab, jelas dia, berdasarkan studi banding yang dilakukan Ahok ke Korea Selatan, diprediksipada tahun 2045 berpotensi tak ada penambahan pangan yang akan mengakibatkan kelaparanterhadap 2,5 juta penduduk dunia. Karena itu Indonesia khususnya Ibukota Jakarta.

 Pertumbuhan ekonomi

selama ini, pasar landed house di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) terbilang laris manis di pasaran. Bermunculannya kompleks hunian baru, disinyalir bakal tumbuh begitu pesat. Bisnis properti di areakepala Naga pun terus mengalami kenaikan harga yang signifikan. Terlebih lagi setelah diluncurkannya pengembangan Golf Island. Diatas lahan sekitar 200 hektar, dengan konsep desain terbaik. Project ini diyakini banyak para pelaku property merupakan proyek prestisius yang belum pernah ada di Indonesia.

Termasuk bagi para pelaku bisnis broker property di kawasan Pantai Indah Kapuk, pengembangan ini disambut dengan baik, terutama oleh Century 21 Mediterania. Yustinus, Principal sekaligus Member Broker Century 21 Mediterania mengatakan, Adanya pembangunan pulau di sini, saya pastikan properti Pantai Indah Kapuk akan tumbuh dengan cepat.

Segmentasi pasar properti di PIK sudah terbentuk. Properti di level tertentu di kawasan ini akan terus diburu oleh banyak pembeli. “Meski dalam tahap pengerjaan infrastruktur, konsumen terus memburu jenis properti satu ini. Bahkan, untuk pasar secondary di area Golf Island juga sudah kami pasarkan. Secondary market Pantai Indah Kapuk memiliki keunikan tersendiri, berapapun tingginya nilai properti tapi pastinya akan tetap terserap pasar,” ungkap Yustinus.

“Ini project terbesar milikAgung Sedayu Group. Nantinya akan dibangun suatu kompleks perumahan, lapangan golf dengan lima pulau yang saling terhubung. Konsepnya membendung lautan menjadi sebuah danau buatan,” ucapnya.

“Setelah lima bulan lalu diluncurkan, harganya telah mengalami kenaikan sebesar 20%. Untuk kavling di kawasan Bukit Golf Mediterania di jual mulai dengan harga Rp14 juta per meter persegi. Sedangkan luas tanah bervariasi mulai dengan lebar 8-10 meter dibandrol Rp4 Milyar,” terangnya.

Lebih lanjut Yustinus menjelaskan,dengan pengembangan kawasan yang terus berjalan, otomatis kenaikan harganya juga akan terus melesat. “Bahkan nantinya,

perumahan yang ada di pulau akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang ada di PIK. Karena segmentasinya akan terbentuk seperti itu,” imbuhnya.

“Kalau sebelumnya kebanyakan konsumen property PIK adalah investor. Kini merekayang membeli properti di sini adalah enduser. Salah satu daya tariknya adalah kelengkapan serta ketersediaan fasilitasnya,” papar Yustinus.

Untuk dijadikan sebagai tempat usaha pun sangat cocok, PIK mempunyai lokasi yang strategis di Jakarta Utara. Aksesnya pun sangat mudah, mengingat developer sudah membangun inter change jalan layang yang memudahkan penghuni untuk keluar masuk Pantai Indah Kapuk.

Menurutnya, dengan konsep menjadi sebuah kawasan CBD (Central BusinessDistrict). Pastinya, harga property pun akan berpotensi untuk melonjak cepat.

“Saya prediksi, pasar properti khususnya di PIK masih bagus. Pertumbuhan juga penyerapannya terlihat cukup baik. Area di kawasan ini sangat menarik untuk dijadikan sebuah kawasan hunian,” tutupnya.

BERITA TERKAIT

Vina Panduwinata Gandeng Brand Lokal Melawan Diabetes

Kasus diabetes di Indonesia kini kian jadi masalah serius. Menurut International Diabetes Federation (IDF), jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai…

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

BERITA LAINNYA DI

Vina Panduwinata Gandeng Brand Lokal Melawan Diabetes

Kasus diabetes di Indonesia kini kian jadi masalah serius. Menurut International Diabetes Federation (IDF), jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai…

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…