Oliver Legrand - Managing Director LinkedIn Wilayah Asia Pasifik - "Asia Pasifik Pemain Kunci Ekonomi Dunia"

LinkedIn adalah jejaring sosial yang menghubungkan para profesional dari seluruh dunia untuk membuat mereka lebih produktif dan sukses serta mengubah cara perusahaan dalam merekrut, memasarkan, dan menjual. LinkedIn memiliki 400 juta anggota dari seluruh dunia yang memiliki visi menciptakan kesempatan ekonomi untuk setiap profesional di seluruh dunia melalui pengembangan Economic Graph pertama di dunia.

LinkedIn juga memiliki kantor perwakilan yang tersebar di seluruh dunia. Asia Pasifik merupakan pasar potensial dan salah satu kantor perwakilan bagi LinkedIn. Maka dari itu, guna memperkokoh jaringan profesionalnya, LinkedIn menunjuk Oliver Legrand sebagai Managing Director untuk Wilayah Asia Pasifik, efektif mulai 1 Januari 2016. Ia menggantikan Hari Krishnan, yang sebelumnya menjabat sebagai Managing Director Asia Pasifik sejak Januari 2013.

Penunjukan ini otomatis membuat Legrand mempunyai dua peran sekaligus karena dirinya akan tetap menjabat sebagai Head of Marketing Solutions untuk Asia Pasifik. Sebagaimana diketahui, Asia Pasifik adalah rumah bagi lebih dari 40% profesional di seluruh dunia.

“Kawasan Asia Pasifik akan terus menjadi pemain ekonomi kunci dalam dunia yang semakin digital dan terkoneksi satu sama lain, di mana berbagai kesempatan baru datang setiap harinya,” kata Legrand, setelah resmi menjabat.

Kawasan ini merupakan wilayah kunci bagi LinkedIn untuk mengepakkan bisnisnya. Saat ini, ada lebih dari 1.000 pegawai LinkedIn di lebih dari 10 kantor yang tersebar di Australia, China, Hong Kong, India, Jepang, danSingapura, menangani jutaan anggota dan klien-klien LinkedIn seperti Singapore Post, Toshiba, HCL Technologies, Li & Fung dan ANZ.

Melihat adanya perbedaan bahasa di Asia Pasifik, LinkedIn menyediakan 8 pilihan bahasa untuk anggotanya di wilayah ini seperti Bahasa Indonesia, Tagalog, dan Mandarin. Selain bisa mendapatkan berbagai kesempatan karir dan membagikan konten profesional, para anggota juga bisa mendapatkan berbagai insights dari para influencer yang sebagian besar dari mereka berada di wilayah Asia.

Beberapa influencer yang tinggal di wilayah Asia antara lain Narendra Modi (Perdana Menteri India), Piyush Gupta (CEO DBS Bank), Tony Fernandes (CEO Air Asia Group), Kiran Mazumdar-Shaw (Komisaris Utama dan Managing Director Biocon), Naomi Simson (Founding Director Redballoon), Shinzo Abe (Perdana Menteri Jepang),dan Andrew Penn (CEO Telstra).

“Saya juga senang bisa mendapat kesempatan untuk mengembangkan LinkedIn dan membantu para anggota serta klien kami agar menjadi semakin sukses. Meski LinkedIn telah hadir sekian lama di Asia Pasifik, tepatnya sejak tahun 2009, perjalanan kami untuk terus tumbuh masih panjang,” tandasnya.

Untuk Indonesia, LinkedIn mencatat bahwa satu dari dua para pekerja di Indonesia mengaku sangat berhati-hati dalam memilih foto profil di media sosial ini sekaligus menunjukkan para pekerja Indonesia sangat memerhatikan "image" dibandingkan pekerja di 19 negara lain.

Dalam studi bertajuk ‘LinkedIn New Norms @Work’ ini menunjukkan, 31% profesional Indonesia mendapat kesan pertama terhadap seseorang melalui gambar profil di media sosial. Tidak mengherankan jika 42% profesional di Indonesia akan melihat gambar profil seseorang sebelum bertemu dengannya.

Studi ini juga mengungkap bahwa sebanyak 63% pekerja di Indonesia menyatakan bahwa mereka tidak termasuk “yes employees” atau “order takers,” atau karyawan yang selalu mengerjakan sesuatu seperti apa yang diperintahkan atasan. Angka ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata global, yaitu 57%

Hal tersebut didukung dengan data sebanyak 76% profesional di Indonesia tidak sungkan untuk menyuarakan pendapat dan memberikan ide.  Jika dilihat dari angka di atas, secara global para profesional saat ini memang lebih berani bersuara.

Legrand berkebangsaan Singapura dan bergabung di LinkedIn sejak 2012 untuk memimpin tim Marketing Solutions di Asia Pasifik. Ia merupakan seorang eksekutif senior dengan lebih dari 10 tahun pengalaman di bidangkepemimpinan, pemasaran, dan pengembangan bisnis di wilayah tersebut.

Sebelum bergabung dengan LinkedIn, dirnya pernah menjabat sebagai General Manager The Wall Street Journal Digital Network untuk Asia. Legrand akan menggantikan Hari Krishnan, yang sebelumnya menjabat sebagai Managing Director Asia Pasifik sejak Januari 2013. Krishnan berhasil memimpin bisnis LinkedIn di Asia Pasifik ke arah pertumbuhan yang positif, termasuk pertumbuhan anggota yang mencapai lebih dari dua kali lipat menjadi lebih dari 78 juta pada kuartal III 2015 dalam waktu kurang dari 3 tahun.

Di India, anggota LinkedIn kini mencapai lebih dari 33 juta, sedangkan Australia mencapai lebih dari 7 juta dan lebih dari 15 juta untuk wilayah Asia Tenggara. Sementara Krishnan yang merupakan karyawan LinkedIn pertama di Asia, akanmeninggalkan LinkedIn setelah 6 tahun bergabung. Ia pertama kali menjabat sebagai Country Manager untuk India (November 2009-December 2012) yang kemudian menjadi Managing Director untuk Asia Pasifik. Saat ini, Krishnan bergabung dengan Property Guru Group sebagai President & Chief Business Officer. [ahm]

BERITA TERKAIT

Menggali Potensi SDM Melalui Baca Wajah

  Yudi Candra  Pakar Membaca Wajah  Menggali Potensi SDM Melalui Baca Wajah Memang garis takdir manusia sudah ditentukan oleh tuhan.…

Tanamkan Cinta Tanah Air dan Bela Negara

Prof. Dr. Erna Hernawati, Ak., CPMA., CA., CGOP.Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta Predikat KARTINI MASA KINI pantas disematkan…

Selamatkan Masa Depan 250 Ribu Siswa Keluarga Ekonomi Lemah

KCD Wilayah III‎ Disdik Jawa Barat, H.Herry Pansila M.Sc    Saatnya Untuk selamatkan 250 Ribu Siswa dari Keluarga Ekonomi tidak…

BERITA LAINNYA DI

Menggali Potensi SDM Melalui Baca Wajah

  Yudi Candra  Pakar Membaca Wajah  Menggali Potensi SDM Melalui Baca Wajah Memang garis takdir manusia sudah ditentukan oleh tuhan.…

Tanamkan Cinta Tanah Air dan Bela Negara

Prof. Dr. Erna Hernawati, Ak., CPMA., CA., CGOP.Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta Predikat KARTINI MASA KINI pantas disematkan…

Selamatkan Masa Depan 250 Ribu Siswa Keluarga Ekonomi Lemah

KCD Wilayah III‎ Disdik Jawa Barat, H.Herry Pansila M.Sc    Saatnya Untuk selamatkan 250 Ribu Siswa dari Keluarga Ekonomi tidak…