Khasiat Susu Untuk Kecantikan Kulit

Sabtu, 22/10/2011

NERACA.Susu merupakan minuman yang menyehatkan, karena didalamnya terkandung berbagai vitamin dan zat zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Khasiat susu sudah dikenal sejak berabad-abad silam. Seperti CleoPatra, Ratu yang pernah berkuasa di Mesir, menggunakan air susu kambing untuk menjaga kecantikan kulit tubuhnya. Susu yang di campur dengan air garam dan air hangat, lalu berendam didalamnya. Khasiatnya, kulit menjadi mulus, putih dan bersinar cerah.

Baik susu yang berasal dari sapi, kambing, unta dan lainnya, semuanya memiliki kandungan yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi bagi tubuh manusia. Beberapa kandungan yang terdapat dalam susu antara lain kalsium, vitamin D, potassium yang banyak terdapat dalam makanan, sehingga dapat memberikan tambahan energi pada tubuh. Selain itu, zat seperti phosphor, riboflavin, protein, vitamin B-12, vitamin A termasuk niacin. Kandungan itu sangat diperlukan bagi pertumbuhan dan perawatan tulang, sehingga tulang kuat dan sehat.

Berbagai kandungan pada susu, semua langsung diserap kedalam tubuh sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan tubuh. Bahkan zat berupa asam amino, asam lemak yang merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh otak untuk berfungsi dengan baik. Susu pun ternyata dapat membantu, menjaga dan merawat kulit, sehingga kulit menjadi sehat, tampil menarik dan cantik.

Khasiat yang luar biasa pada susu untuk menjaga kesehatan kulit telah terbukti secara alami. Susu dapat menyembuhkan iritasi pada kulit, bahkan menghilangkan bintik-bintik merah yang terdapat pada kulit, mengurangi reaksi alergi pada kulit dan menyembuhakn luka pada kulit secara alami. Pengobatan kulit yang mengalami iritasi, alergi atau luka dengan membasuh susu pada bagian kulit yang mengalami luka, iritasi dan alergi. Lakukan pembasuhan susu secara merata pada kulit yang mengalami iritasi, setelah itu tunggu sampai benar-benar kering. Setelah susu mengering pada kulit, maka bersihkan dengan air bersih ketika akan mandi.

Bagi para wanita, susu akan sangat menguntungkan sekali dalam perawatan kecantikan wajah, karena dapat merawat kulit wajah, terutama dalam proses pengelupasan sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit wajah yang mati tentunya perlu diganti dengan kulit baru, sehinga kulit wajah tetap sehat, karena bila proses pergantian kulit sel yang mati terhambat, maka kulit akan terlihat kusam. Bukan hanya itu saja, efeknya akan membuat kulit wajah mengalami masalah, karena berbagai bakteri akan menggerogoti kulit. Hasilnya, banyak jerawat yang tumbuh dibagian wajah, sehingga mengurangi kecantikan alami.

Selain itu, susu dapat memperkecil pori-pori kulit dibagian wajah sehingga kulit akan selalu terlihat cerah. Bayangkan saja, bagaimana kulit wajah yang memiliki pori-pori yang besar, maka berbagai kotoran dari udara akan hinggap dan menempel, lama kelamaan menjadi busuk sehingga timbullah kuman-kuman. Kuman-kuman, bakteri dan sebagainya, termasuk polusi udara dapat menyebabkan kanker kulit pada bagian wajah. Bila hal itu menimpa kulit wajah, maka kecantikan wanita itu akan berkurang sehingga mengakibatkan kurangnya kepercayaan diri, bahkan termasuk kepada laki-laki.

Akan tetapi, di sinilah peran penting dari kandungan susu yang dapat membantu, bukan saja menjaga dan merawat kecantikan kulit, tetapi mampu mengobati kulit wajah yang mengalami masalah tersebut. Seperti Cleopatra, susu juga mampu merawat dan menjaga serta memperbaiki sel-sel kulit tubuh. Jadi betapa besar manfaat dari kandungan susu bagi kecantikan dan kesehatan.

Jadi bila diperhatikan lebih mendalam bahwa susu bukan saja bisa dikonsumsi untuk menjaga, merawat dan memberi kebutuhan nutrisi tubuh bagi kesehatan, tetapi juga dapat memberi pengobatan secara alami dengan penggunaan eksternalnya. Penggunaan susu untuk pengobatan dan bahan kecantikan telah lama digunakan oleh kaum wanita. Susu yang berasal dari hewan, seperti sapi, kambing, kuda dan sebagainya adalah kekayaan alami yang meski dipergunakan secara tepat.

Penggunaan susu harus ditingkatkan untuk memberi kesehatan dan jugha kecantikan pada masyarakat. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh dunia kesehatan saat ini telah berhasil mencapai tahap-demi tahap mengurai fungsi dari kandungan susu. Peralatan teknologi sebagai pendukung memudahkan untuk menemukan khasiat kandungan pada susu bagi kesehatan masyarakat, sehingga masyarakat dapat memahami fungsi dan manfaat dari susu itu sendiri. (shiddiq)