Hidup Sehat Dengan Kesempurnaan Susu

NERACA. Jargon kesehatan, "Empat Sehat Lima Sempurna," sangat tepat. Susu sebagai pelengkap yang menyempurnakan asupan gizi bagi tubuh memang sangat penting. Apalagi dengan aktifitas kita yang seakan tak pernah terhenti. Bahkan pada waktu tidur sekalipun, secara disadari atau tidak, tubuh terus melakukan aktifitasnya.

Gerakan mekanisme tubuh memang memerlukan bahan bakar sehingga semua jaringan tubuh tetap bergerak. Nah bahan bakar itu bersumber dari makanan dan minuman yang bisa menyehatkan dan menggerakkan tubuh. Berbagai makanan dan minuman sehat merupakan konsumsi bagi tubuh agar tetap sehat dan bisa beraktifitas dengan baik. Kali ini tentang pentingnya minum susu. Susu merupakan minuman yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Dalam kandungan susu terdapat sumber kebaikan nutrisi kalsium, vitamin D dan potassium terbesar yang dapat ditemukan di dalam makanan. Masih banyak lagi kandungan yang terdapat pada susu yakni, phosphorus, riboflavin, protein, vitamin B-12, vitamin A, dan Niacin. Itulah kenapa susu sangat berguna bagi kesehatan tubuh, karena ada zat-zat yang terkandung didalamnya yang seperti asam amino, asam lemak yang membantu perkembangan otak.

Melihat kandungan susu yang begitu bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan tubuh, maka sudah sewajarnya pemenuhan nutrisi dan kandungan tersebut meski dipenuhi. Anak yang baru lahir, biasanya diberi air susu ibu sampai berumur 2 tahun. Untuk mencukupi gizi dan nutrisi balita maka tambahan susu lain seperti susu sapi dengan kemasan sering digunakan oleh para ibu untuk mencukupi gizi bagi kesehatan bayi atau anak-anaknya.

Akan tetapi hal itu belum berimbang dengan kondisi di masyarakat. Pada 2010 saja, tingkat konsumsi susu di Indonesia baru mencapai 11.9 liter/ tahun. Tentunya angka itu masih rendah dibanding dengan negara-negara lain seperti India yang mencapai 42.8 liter/tahun, Malaysia dan Filiphina 22.1 liter/tahun, termasuk Thailand 31.7 liter/tahun. Untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kecerdasan otak, maka konsumsi susu seharusnya menjadi prioritas bagi masyarakat, agar masyarakat menjadi cerdas otaknya.

Apalagi saat ini, negara kita sedang melakukan pembangunan untuk meningkatkan kemajuan bangsa. Tentunya untuk mampu menjadi bangsa yang besar maka terlihat pada kesehatan masyarakatnya. Bila masyarakat hidupnya sehat dan terpenuhi segala kebutuhan gizinya, maka akan menghasilkan masyarakat yang berkualitas.

Untuk itulah, kenapa Tetra Pak Indonesia mengajak masyarakat dan media membiasakan hidup sehat dengan meminum susu. Gerakan gara-gara susu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan masyarakat. Tetra Pak memperkenalkan susu UHT (Ultra High Temperature) yang merupakan susu disterilisasi dengan suhu tinggi, yaitu 140 derajat celcius, selama 4 detik. Pemanasan ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme, seperti bakteri pembusuk maupun patogen dan spora.

Susu UHT ini dikelolah dengan menggunakan teknologi tinggi agar menjaga susu tetap aman dan kandungan nutrisi pada susu tetap terjaga. sehingga susu ini bebas dari bakteri dan dapat disimpan dalam suhu kamar samapi 10 bulan tanpa bahan pengawet. ”Susu dapat menyehatkan tubuh dan mempercantik bagi yang mengkonsumsinya,” jelas chef Rinrin Marinka salah satu bintang tamu.

Ditambah lagi oleh Panji Pragiwaksono seorang artis, yang menyatakan gara-gara susu saya jadi sehat dan awet muda. Kampanye yang dilakukan oleh Tetra Pak untuk mengajak masyarakat kembali mengkonsumsi susu. Jadi, betapa pentingnya mengkonsumsi susu dan membiasakan pola hidup sehat.

Meminum susu secara rutin sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan tubuh. Apalgi bagi anak balita serta remaja yang memang sedang mengalami fase pertumbuhan yang sangat produktif. Tulang akan menjadi kuat tumbuh dan besar sehingga anak mampu dengan cepat tumbuh menjadi dewasa.

Bahkan orang yang rutin meminum susu semenjak kecilnya sampai menjadi orang tua, kebanyakan dari mereka tampak awet muda. Bukan itu saja, kesehatan tubuh mereka sangat kuat dan memiliki tenaga yang tetap kuat sama dengan anak muda. Susu dibutuhkan oleh tulang untuk menjadi zat yang sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan perbaikan sel-sel pada tulang.

(shiddiq)

BERITA TERKAIT

Asuransi Generali Jalin Kerjasama dengan Binar Academy - Pengembangan Tenaga Kerja Digital

    NERACA   Yogyakarta - PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) mengumumkan kolaborasinya dengan Binar Academy (Binar) dalam hal…

OJK Diminta Hadirkan Iklim Usaha yang Sehat

  NERACA   Jakarta - Perusahaan berbasis teknologi finansial UangTeman mendukung seluruh upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menghadirkan iklim…

Bank Dunia: Kondisi RI Jauh Beda dengan Turki - JOKOWI GAET KESEPAKATAN BISNIS KORSEL US$6,2 MILIAR

Jakarta-Bank Dunia menilai kondisi Indonesia jauh berbeda dengan Turki dalam mengantisipasi guncangan ekonomi global. Turki merupakan negara terparah yang diindikasikan…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Peneliti Temukan Vaksin untuk Lawan Kanker Kulit

Ada harapan baru untuk pengobatan kanker kulit melanoma. Penelitian yang baru saja dipublikaskan di jurnal Proceedings of the National Academy…

Kenali Gejala Awal Limfoma Sejak Dini

Limfoma menjadi salah satu penyakit kanker yang lumrah ditemui. Di Indonesia, penderita kanker limfoma mencapai 14.905 berdasarkan Riset Kesehatan Dasar…

Ini Manfaat Alpukat pada Ibu Hamil

Asupan diet bagi ibu hamil berbeda dengan orang pada umumnya. Tak hanya untuk menunjang kesehatannya, ibu hamil juga memerlukan asupan…