Gerilya Marketing Untuk Para Blogger

Neraca. Ada banyak cara mempromosikan blog Anda. Salah satunya adalah dengan teknik guerrilla marketing. Merujuk definisi guerrilla marketing diatas, dibawah ini adalah 10 Tips Guerrilla Marketing yang barangkali bisa Anda pertimbangkan untuk mempromosikan blog Anda.

1. Pergunakan link alamat blog sebagai email signature Anda.

Hampir semua platform email saat ini memberi kemudahan kepada para pemakainya untuk membuat signature di bagian bawah email. Dengan menambahkan link alamat blog Anda di signature email dengan pilihan tag line yang menarik, besar kemungkinan setiap penerima email Anda akan tertarik untuk meng-klik alamat blog tersebut, dan bukan tidak mungkin kemudian akan menjadi pembaca setia blog Anda.

2. Tambahkan alamat blog Anda pada kartu nama Anda.

Cara ini sebenarnya sudah biasa namun akan menjadi berbeda jika Anda memberikan sentuhan yang menarik pada pilihan tag line alamat blog Anda. Kuncinya, jangan sekedar menuliskan alamat blog, namun beri deskripsi singkat yang "menggoda" penerima kartu nama Anda untuk mengunjungi blog Anda. Jika Anda belum punya kartu nama, barangkali ini saat yang tepat untuk membuatnya.

3. Tampilkan alamat blog pada Contact Details akun Yahoo Messenger Anda. Akun Yahoo Messenger memberi ruang kepada Anda untuk menambahkan data situs atau blog pribadi di bagian Contact Details. Ketika chatting, alamat blog Anda akan terlihat oleh lawan bicara Anda. Sekali lagi manfaatkan tag line deskripsi yang menarik untuk memancing rasa ingin tahu lawan bicara Anda.

4. Tawarkan kerjasama kepada warnet di dekat tempat Anda tinggal untuk menampilkan blog Anda sebagai default homepage dengan imbalan memasang iklan gratis di blog Anda. Cara ini hanya bisa Anda lakukan jika Anda tidak sedang menjalankan program Google Adsense di blog Anda. Jika tetap Anda lakukan, saya tidak bertanggungjawab jika kemudian akun Adsense Anda disable (alias di-banned) karena click fraud pengunjung warnet bersangkutan (hehehe). Lakukan cara ini hanya jika Anda yakin tidak ada masalah dengan click fraud.

5. Buat stiker nama blog dan tawarkan kerjasama dengan warnet di di dekat tempat Anda tinggal untuk menempel stiker tersebut di setiap meja komputer, dengan imbalan memasang iklan gratis di blog Anda. Saat ini biaya membuat stiker tidak mahal. Lebih penting adalah bahasa visual yang ada dalam stiker Anda buat. Dengan budget rendah, menggunakan stiker bisa sangat efektif untuk mempromosikan blog Anda. Sama halnya dengan cara sebelumnya, pastikan Anda tidak sedang menjalankan program pay per click (PPC) di blog Anda.

6. Buat stiker atau pembatas halaman buku dengan logo dan nama blog Anda dan bagikan secara gratis kepada pengunjung warnet di dekat tempat Anda tinggal. Sama halnya dengan cara sebelumnya, pastikan Anda tidak sedang menjalankan program PPC di blog Anda.

7. Buat stiker nama blog dan tempel di mobil atau motor Anda.

Jika budget sangat minim, Anda bisa membuat custom stiker dengan jumlah sangat terbatas dan menempelkannya di mobil atau motor sendiri. Sekali lagi, yang terpenting adalah bahasa visual melalui stiker yang berperan sebagai iklan blog Anda. Bukan berapa biayanya.

8. Buat topi dengan logo blog Anda dan gunakan dalam setiap kesempatan kemanapun pergi. Membuat logo blog Anda di topi yang biasa pakai setiap hari ke kampus, atau ke tempat kerja, atau sekedar jalan-jalan. Itu adalah cara promosi yang efektif. Saat ini juga banyak teknik sablon topi yang murah dan terjangkau dengan budget rendah.

9. Buat kaos dengan logo blog dan kenakan dalam setiap kesempatan kemanapun Anda pergi. Sama halnya dengan topi, membuat kaos dengan logo blog Anda akan sangat menarik perhatian orang, baik sekedar untuk bertanya ataupun kemudian memutuskan untuk berkunjung ke blog Anda.

10. Buat kartu undangan pernikahan tampil beda dengan menyisipkan alamat blog Anda di kartu undangan pernikahan. Cara ini unik, kreatif dan cerdas, namun dibutuhkan keberanian ekstra jika bukan orang yang terbiasa keluar dari pakem yang ada di masyarakat lingkungan Anda tinggal. Bisa coba jika memang Anda cukup punya keberanian untuk tampil beda. Anda bisa menjadi orang pertama yang mengirim undangan pernikahan dengan alamat blog. Kenapa tidak?

Menggunakan teknik-teknik diatas tentu tidak dengan serta merta akan mendatangkan 1000 pengunjung ke blog Anda dalam waktu satu hari (hehehe). Namun setidaknya, cara-cara diatas bisa menjadi inspirasi "di luar kotak" teknik-teknik promosi yang sudah jamak dan membutuhkan budget besar. Sekali lagi, yang paling penting adalah berpikir kreatif dan segera bertindak.

BERITA TERKAIT

Peduli Masyarakat Kurang Mampu - ACT Bagikan Paket Makanan Untuk Pemulung

Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY melalui program Humanity Food Truck membagikan ratusan paket makanan berbuka puasa gratis kepada…

BRI Siapkan Rp300 miliar untuk Kuasai 19% Saham LinkAja

    NERACA   Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyiapkan anggaran investasi Rp300 miliar untuk menyuntik modal…

Mitsubishi Fuso Donasikan Truk Ke ACT Untuk Bantu Korban Bencana

NERACA   Jakarta -  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi truk Fuso, menyerahkan bantuan satu truk ke…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Ibukota Pindah Kemana?

Kaltim sangat layak menjadi Ibukota Negara karena infrastrukturnya sudah cukup memadai. Kaltim memiliki dua Bandar Udara di yaitu Bandara Internasional…

2024, Target Pindah Ibukota Negara

Pemerintah menargetkan pada tahun 2024 nanti ibukota bisa dipindahkan menuju kota baru. Oleh karena itu, pemindahan ibu kota ini akan…

Cari Skema Khusus Danai Pemindahan Ibukota

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan tiga alternatif daerah untuk pemindahan ibu kota. Ada yang 80.000 hektare, 120.000…