Butuh Rp3,9 T Guna Bangun Tol Desari

NERACA

Jakarta---Pembebasan lahan terkait proyek jalan tol Depok-Antasari mulai diaktifkan kembali. Alasanya Pemkot Depok sudah bersepakat dengan pihak investor. Karena itu pendataan bidang bangunan untuk pembebasan lahan mulai dilakukan. “Tol Desari sepanjang 22,8 kilometer ini, akan menelan investasi sebesar Rp1,8 triliun untuk pembebasan lahan dan Rp2,1 triliun untuk pembangunan jalan, dengan masa konsesi selama 35 tahun. Kira-kira segitu, karena jumlah kisaran itu belum disepakati pemerintah pusat,” kata Asisten Tata Praja (Astapraja) Pemerintah Kota Depok, Sayid Cholid kepada wartawan di Jakarta,10/10

Menurut Sayid, pembebasan lahan jalan tol Depok-Antasari (Desari) rencananya dimulai dari Kelurahan Pangkalan Jati dan Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Depok. “Panitia Pengadaan Tanah (P2T) sudah mendata yakni 400 bidang di Pangkalan Jati Baru dan 90 bidang di wilayah Gandul yang sudah bisa dibebaskan,” tambahnya

Sayid menambahkan, dengan adanya dua akses tol di Depok yakni tol Desari dan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) dipastikan dapat mengurai kemacetan yang mengarah ke ibukota Jakarta. Pembangunan Jalan Tol Desari sepanjang 22,82 km rencananya dikerjakan dalam tiga tahap. Tahap I sepanjang 6,85 km (Antasari-Cinere), tahap II sepanjang 6,3 km (Cinere-Sawangan) dan tahap III sepanjang 9,44 km (Sawangan-Bojonggede).

Seperti diketahui proyek infrastruktur jalan tol Desari ini sempag mandeg sekitar 3 tahun. PT Citra Waspphutowo sebagai pemegang konsesi ruas tersebut belum bisa memulai pembangunan fisik. Ini terjadi lantaran hingga kini pembebasan lahannya belum mencapai 1%.

Direktur Utama PT Citra Wasppuhutowo Tri Agus mengatakan, ruas tol ini terdiri atas dua seksi, yaitu seksi I sepanjang 12 km dari Antasari, Jakarta Selatan menuju Sawangan, Depok. Menurutnya, saat ini pembebasan lahan masih menunggu dana talangan pemerintah melalui badan layanan umum (BLU) sebesar Rp 380 miliar untuk seksi I. “Rencananya akan cair pada November tahun ini, selain BLU kami juga mendapat dana bantuan melalui land capping,” ujarnya

Lanjutnya, proses pembebasan lahan untuk seksi I ditargetkan berlangsung selama dua tahun ke depan. Sehingga, diharapakan pada April 2013 konstruksi fisik bisa mulai dilakukan. “Awal Juni 2014 ditargetkan sudah dapat beroperasi,” ujarnya.

Tri menyebut, total nilai investasi yang dibutuhkan untuk membangun seksi I ini sebesar Rp 3,073 triliun. Dari nilai investasi sebesar Rp 3,073 triliun itu, perusahaan akan meminjam dari tiga perbankan yaitu Bank Mandiri, Bank Jabar Banten, dan Bank Negara Indonesia (BNI) senilai Rp 1,89 triliun, dengan tenor 10 tahun. **cahyo

BERITA TERKAIT

Tol JORR Berlakukan Contraflow Sampai 3 Oktober

      NERACA   Bekasi - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan uji coba rekayasa lalu lintas 'contraflow' atau…

DHL Express Indonesia Bangun Fasilitas Baru di Pulogadung

NERACA Jakarta – DHL Express, penyedia layanan ekspres internasional terkemuka di dunia, hari ini secara resmi meluncurkan fasilitas baru di…

Wakil Ketua MPR RI - Bangun Indonesia dari Kampung Halaman

Oesman Sapta Wakil Ketua MPR RI Bangun Indonesia dari Kampung Halaman Jakarta - Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta mengingatkan…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Kampanye Negatif Masih Jadi Tantangan Energi Terbarukan

  NERACA   Tangerang - Kampanye negatif berkait isu lingkungan masih menjadi tantangan utama pengembangan pembangkit listrik berbasis energi baru…

WTP Pemda Punya Korelasi Kinerja Pembangunan

  NERACA   Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan laporan keuangan pemerintah daerah dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP)…

Taiwan Pamerkan Produk Unggulannya di Indonesia - Taiwan Excellence Day

      NERACA   Jakarta – Taiwan External and Trade Development Council (Taitra) menyelenggarakan Taiwan Excellence Day atau pameran…