Perbaikan Sarana CPDP Jadi Prioritas

Selasa, 11/10/2011

NERACA

Bandung- Komisi C DPRD Jabar, dalam mendorong peningkatan pencapaian pendapatan di seluruh Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah (CPDP) terus melakukan peninjauan ke beberapa CPDP. Dari hasil evaluasi ke beberapa CPDP, untuk kinerja pendapatan terus merangkak naik sehingga diprediksi target pendapatan untuk tahun ini dapat terealisasi.

“Namun, sejalan dengan pencapaian kinerja pendapatan dari CPDP, perbaikan sarana dan prasarana harus menjadi prioritas,” ungkap Anggota Komisi C DPRD Jabar, Helmi Attamimi.(10/10).

Helmi, lebih lanjut memaparkan kinerja pendapatan yang dinilai memuaskan nampak dari kinerja CPDP wilayah Depok II Cinere. Dari data yang dihimpun dalam kegiatan kunker awal Oktober 2011, CPDP II Depok telah dari Januari sampai 30 September 2011 telah menjaring beberapa jenis pendapatan : Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar Rp.47.482.521.700,- dari target Rp.36.100.000.000,- dan BBNKB sebesar Rp.80.245.182.400,- dari target sebesar Rp.56.000.000.000,-.

Dari data tersebut, dapat disimpulkan penarikan pendapatan yang bersumber dari pajak khususnya di beberapa daerah perbatasan sudah memenuhi harapan. Tercapainya target tersebut, salah satunya dipengaruhi oleh meningkatnya jumlah wajib pajak yang membayar pajak.

Keadaan tersebut, berimplikasi pada tuntutan penambahan sarana dan prasarana di kantor CPDP. Penambahan sarana dan prasarana penting untuk dilakukan dalam memberikan kenyamanan kepada para wajib pajak.

“Berdasarkan pemantauan ada beberapa kantor CPDP, yang sudah tidak memadai lagi di antaranya sarana perparkiran. Keadaan tersebut, terpantau terjadi di Kabupaten Bekasi, Kabupaten Cirebon dan Karawang,”ungkap Helmi.

Adanya temuan tersebut, khususnya di lokasi-lokasi tersebut perbaikan sarana dan prasarana harus menjadi prioritas di tahun mendatang mengingat di daerah tersebut pendapatan yang berhasil dijaring sangat signifikan, untuk CPDP Karawang saja pendapatan yang telah bisa dijaring mencapai Rp.200 miliar.