Danamon Peduli Gelar Pasar Rakyat di Yogyakarta

Dengan Semangat Gotong Royong Memajukan Pasar Rakyat melalui Kampanye Nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara. Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) melalui kampanye nasional bertajuk Jelajah Pasar Rakyat Nusantara menggelar Festival Pasar Rakyat sebagai wujud dukungan terhadap keberadaan dan perkembangan pasar tradisional (pasar rakyat) di Indonesia.

Adapun Festival Pasar Rakyat kali ini diselenggarakan di Pasar Ngasem di Kota Yogyakarta, yang merupakan keempat kalinya Festival Pasar Rakyat dilaksanakan sekaligus untuk turut memeriahkan Hari Ulang Tahun Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ke-259.

“Keberadaan pasar rakyat sering luput dari perhatian kita, meskipun pasar rakyat merupakan aset bangsa yang besar nilai dan perannya. Selain sebagai penyedia kebutuhan untuk masyarakat, pasar juga terbukti mampu menyediakan lapangan pekerjaan serta menghidupkan perekonomian lokal. Permasalahan yang timbul di pasar rakyat bukan hanya pekerjaan rumah pemerintah saja, namun tanggung jawab kita semua. Dengan semangat gotong royong kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengurai permasalahan tersebut dan memajukan pasar rakyat bersama-sama.” ujar Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah kota Yogyakarta. Hadir dalam Festival Pasar Rakyat di Pasar Ngasem, H. Haryadi Suyuti, Walikota Yogyakarta; GKR Pambayun, Ketua DPW APPSI (Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia) DIY; Sng Seow Wah, Direktur Utama Danamon; Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli; dan Irwan Yoga, Regional Corporate Officer Danamon Kantor wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kegiatan Festival Pasar Rakyat merupakan bentuk aksi nyata dari upaya Danamon dalam mendukung promosi pasar yang digelar di 12 kota di Indonesia. Hingga saat ini, Pasar Festival Rakyat telah diselenggarakan di Pasar Rau, Serang - Banten, Pasar Kembang, Surabaya – Jawa Timur dan Pasar Baru, Kota Probolinggo - Jawa Timur.

Untuk penyelenggaraan kegiatan promosi Pasar Rakyat, Danamon Peduli memberikan dukungan lebih dari Rp1 miliar untuk perbaikan fisik pasar dan pengembangan pengetahuan pengelolaan keuangan kepada para pedagang.

“Aksi nyata Danamon melalui Yayasan Danamon Peduli dapat dilihat dari program kerja kami yang berorientasi pada revitalisasi pasar rakyat bernama Program Pasar SEJAHTERA (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat) dimana kami memberikan pendampingan teknis pada aspek fisik dan non fisik. Dalam acara Festival Pasar Rakyat di Pasar Ngasem, Yogyakarta ini, kami juga menandatangani nota kesepakatan kerjasama (MoU) dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam program revitalisasi pasar rakyat sebagai pasar percontohan di salah satu pasar di Yogyakarta,” jelas Restu.

Kampanye Nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara yang digagas oleh Danamon Peduli saat ini merupakan satu-satunya gerakan yang secara khusus mempromosikan pasar rakyat di Indonesia. Melalui kegiatan Festival Pasar Rakyat, Danamon Peduli berupaya membuktikan bahwa pasar rakyat merupakan ruang publik yang kreatif, edukatif dan berbudaya serta lebih dari sekadar tempat transaksional semata. 

Dalam rangkaian kegiatan Festival Pasar Rakyat di Pasar Ngasem ini, para pedagang pasar dan golongan muda dari pelajar SD hingga SMA akan menunjukkan kemampuannnya dalam menari dan bermain musik dengan didukung oleh koreografer dari Sanggar Seni Kinanthi Sekar.

Kolaborasi lintas profesi dan usia tersebut menjadi simbol semangat gotong royong untuk bekerja sama memajukan pasar rakyat. Sanggar Seni Kinanthi Sekar menjadi relawan dan mendukung kampanye Jelajah Pasar Rakyat Nusantara.

Selain itu, untuk mengimbau agar golongan muda dan masyarakat mengambil peran dalam kegiatan Festival Pasar Rakyat ini, Danamon Peduli memfasilitasi lomba foto bertema kuliner pasar untuk pelajar dan mahasiswa, lomba masak, lomba melukis tong sampah, lomba lukis caping, panggung hiburan dengan aneka hadiah serta talkshow dan kegiatan literasi keuangan untuk komunitas pasar.

Khusus untuk mengangkat kekayaan kuliner yang erat kaitannya dengan komoditas yang ada di pasar, Danamon Peduli menghadirkan Zidan, Junior Masterchef Indonesia yang berusia 14 tahun sebagai relawan khusus membahas warisan kuliner lokal.

Pada kesempatan terpisah, Muliadi Rahardja, Wakil Direktur Utama Danamon menjelaskan bahwa melihat pentingnya fungsi pasar di dalam perekonomian, Danamon Simpan Pinjam (DSP), yang merupakan unit usaha mikro Danamon, berkomitmen untuk membantu perkembangan usaha para pedagang pasar melalui layanan perbankan yang mudah dijangkau.

“Dengan pengalaman selama lebih dari 11 tahun bermitra dengan para pedagang pasar, kami sadar bahwa fungsi kami melalui Danamon Simpan Pinjam bukan hanya menyentuh para pedagang pasar sebagai nasabah saja namun juga merangkul sebagai penggerak perekonomian. Melalui Danamon Simpan Pinjam, selaras dengan visi Danamon yaitu ‘peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan’ serta semangat Danamon Peduli dalam menggembangkan pasar rakyat di Indonesia, kami juga memberikan bantuan program edukasi dengan nama ‘Pojok BISA’ dan ditujukan untuk memberikan tambahan pengetahuan dalam perencanaan keuangan bagi mitra pedagang pasar. Hal ini bertujuan agar para pedagang pasar ini dapat merencanakan keuangannya menjadi lebih baik sehingga hasilnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan,” pungkas Muliadi. [ardi]

BERITA TERKAIT

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

Berbagi Kebahagiaan - Tower Bersama Kirim Bingkisan Lebaran Ke Panti Asuhan

Masih dalam rangkaian berbagi bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 hijriah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) turut berbagi…

BERITA LAINNYA DI CSR

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

Berbagi Kebahagiaan - Tower Bersama Kirim Bingkisan Lebaran Ke Panti Asuhan

Masih dalam rangkaian berbagi bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 hijriah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) turut berbagi…