Bisnis Salon Hewan Panggilan Kian Kinclong

Memiliki hewan peliharaan bisa mendatangkan manfaat, seperti memberikan rasa rileks setelah seharian bekerja. Banyak orang yang kemudian mengadopsi berbagai macam hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, Kelinci, dan lainnya. Banyak sudah yang membuka salon untuk hewan tapi, masih sangat sedikit yang melakukan jasa panggilan.

Hal tersebut disadari Eko Syaeful Imam, dan menjadikannya sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Sejak 2010, pria yang disapa Imam tersebut telah memulai usahanya di kawasan Godean, Yogyakarta. “Bisnis salon hewan menguntungkan, modal awal juga tidak terlalu besar,” katanya.

Meski awalnya, Imam mengaku tidak terlalu menyukai binatang, bahkan sempat trauma terhadap anjing. Namun, karena keinginannya yang kuat untuk menjalankan bisnis ini, dia pun mulai belajar untuk merawat hewan peliharaan. “Lama-lama ternyata mengasyikan,” imbuhnya.

Setelah yakin bisa merawat hewan peliharaan, Imam pun mulai melangkah untuk menjalankan bisnisnya. Dengan modal sebesar Rp800.000 dia membeli berbagai macam perlengkapan grooming, seperti blower, shampo, sisir dan perlengkapan lainnya.

Imam pun mulai mempromosikan jasanya kepada klien-klien istrinya. Respons yang diterimanya cukup baik, apalagi saat itu belum ada yang memberikan pelayanan salon hewan panggilan di kawasan Yogyakarta. Pelanggannya pun terus bertambah, dari kalangan keluarga hingga mahasiswa.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pelanggannya juga cenderung bertambah, meskipun ada juga beberapa yang pergi di antaranya para mahasiswa yang harus kembali ke kota asalnya.

“Salon hewan panggilan juga memiliki kelebihan, karena kami bisa bertemu langsung dengan customer, dan mereka juga bisa langsung melihat proses pengerjaannya. Jadi lebih terpercaya,” katanya.

Tarif yang ditawarkan Imam juga relatif terjangkau, mulai dari Rp30.000 untuk perawatan standar hingga Rp60.000 untuk perawatan dan pengobatan kutu atau jamur. Harga tersebut juga sudah termasuk biaya konsultasi dokter.

“Selain tarif jasa itu, ada tambahan biaya transportasi. Maksimal Rp40.000 untuk lokasi paling jauh. Kami pernah melayani hingga Temanggung dan Solo,” katanya.

Proses perawatan yang dilakukan Imam membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk kucing, hingga satu jam untuk anjing dan bisa lebih jika anjing berukuran besar. Selain dimandikan, hewan peliharaan tersebut mendapatkan perawatan lainnya seperti potong kuku dan pembersihan telinga.

Saat ini, Imam bisa menerima panggilan untuk merawat sekitar 5-7 hewan peliharaan dalam sehari, dan jumlahnya meningkat dua kali lipat saat akhir pekan atau liburan.

Untuk melayani semua konsumen tersebut, Imam dibantu oleh 10 orang karyawan yang sudah berpengalaman, dan untuk menangani seekor hewan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang pegawai.

Setelah beberapa tahun menjalankan bisnisnya sebagai salon hewan panggilan, Imam pun memutuskan untuk membuka petshop sendiri dengan nama Godean Pet Care & Shop. Petshop tersebut berlaku sebagai kantor serta memberikan pelayanan yang lebih lengkap. “Di petshop kami juga memberikan pelayanan antar-jemput hewan peliharaan, jadi tetap memudahkan bagi konsumen,” katanya.

Selama ini, Imam mengaku hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, serta memanfaatkan berbagai forum jual beli online. Dari media promosi tersebut saja, Imam mengaku sudah mendapatkan banyak konsumen, bahkan ada beberapa yang tidak bisa terlayani karena kapasitas yang sudah penuh. “Masih kekurangan karyawan, karena cukup sulit untuk mendapatkan tenaga kerja yang terampil dan sayang terhadap binatang,” katanya.

Imam mengatakan, meskipun penyedia jasa salon panggilan sudah mulai bermunculan, peluang bisnis ini masih sangat besar. Pasalnya, semakin banyak juga orang yang memiliki hewan peliharaan. “Di Yogya sendiri masih kekurangan jasa salon hewan panggilan, belum sebanding dengan pemilik peliharaan, apalagi dikota-kota besar lainnya yang memang banyak pecinta hewan peliharaan” tandasnya.

 

 

BERITA TERKAIT

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…

Stop Provokasi di Media Sosial, Pentingnya Netiket

  Stop Provokasi di Media Sosial, Pentingnya Netiket NERACA Jateng - Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…

Stop Provokasi di Media Sosial, Pentingnya Netiket

  Stop Provokasi di Media Sosial, Pentingnya Netiket NERACA Jateng - Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi…