Ekspansi Bisnis di Bekasi dan Bandung - Menakar Geliat Bisnis Properti Summarecon

NERACA

Jakarta – Lesunya bisnis properti seiring dengan perlambatan ekonomi dalam negeri memaksa sebagian pelaku industri untuk mengerem ekspansi bisnis, namun kondisi ini berbalik dengan emiten properti PT Summarecon Agung Tbk (SMRA). Pasalnya, kesuksesan ekspansi bisnis perseroan di proyek properti di Kepala Gading menjadi landasan untuk terus perbesar ekspansi bisnisnya ke Bekasi dan Bandung. Bahkan ditengah perlambatan ekonomi saat ini, perseroan menaruh harapan besar dari proyek tersebut bisa menjadi penopang kinerja keuangan kedepannya.

Perseroan telah mulai mengembangkan Summarecon Bekasi sejak Maret 2010. Pada tahap pertama, perseroan telah membangun 200 hektar (ha) area pengembangan. Area itu dibangun rumah residensial, apartemen, dan saat ini masih juga ada sedang dalam tahap membangun. Perseroan mengklaim kalau mereka masih memiliki 400 cadangan lahan yang dapat dikembangkan dalam 10 tahun. Di Summarecon Bekasi, perseroan memiliki Summarecon Mal Bekasi dan Plaza Summarecon Bekasi.

Menurut riset PT Sinarmas Sekuritas, perusahaan properti yang dipimpin Adrianto Pitoyo Adhi ini akan membuka proyek di Bandung pada akhir kuartal IV 2015. Lokasi proyek perseroan berada di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, atau sekitar 12 kilometer (KM) dari kota Bandung. Cadangan lahan di Bandung tersebut memiliki area sekitar 300 hektar, dan diperkirakan memiliki 10 tahun untuk pengembangan. Dua proyek tersebut akan menjadi mesin penggerak kinerja perseroan ke depan.

Analis PT MNC Securities, Gilang Anandito di Jakarta, kemarin menuturkan, salah satu proyek perseroan di Bandung akan meningkatkan kinerja perseroan."Proyek perumahan di Bandung yang akan launching pada November, yang tinggal beberapa bulan lagi, pastinya (Summarecon) akan menggenjot penjualan," kata Gilang.

Selain proyek pengembangan di Bekasi dan Bandung, perseroan juga telah mengembangkan Summarecon Serpong . Analis PT Sinarmas Sekuritas, James Wahjudi menyatakan, Summarecon Serpong telah menjadi salah satu kontributor terbesar marketing sales atau penjualan dalam beberapa tahun ini menggantikan Summarecon Kelapa Gading.

James memprediksi, Serpong akan menjadi mesin pertumbuhan pendapatan perseroan dalam jangka menengah. Hal itu mengingat perseroan mencatatkan total cadangan lahan terbesar mencapai 537 hektar atau 29% dari total cadangan lahan di antara area pengembangannya. Target penjualan Summarecon Serpong bahkan terbesar dengan memberikan kontribusi sekitar 62%. Perseroan menargetkan mengembangkan 537 ha cadangan lahan dalam waktu 10-15 tahun. Pengembangan lahan itu diperkirakan sekitar 35-55 ha per tahun."Bila cadangan lahan itu dieksekusi baik, kami percaya pendapatan meningkat dalam jangka menengah," ujar James.

Seperti halnya di Kelapa Gading, perseroan juga investasi properti di Serpong untuk pendapatan berkelanjutan. Summarecon Mal Serpong, Summarecon Digital Cente@Serpong, dan St Carolus Hospital Serpong tersedia di area tersebut. (bani)

 

BERITA TERKAIT

Tumbuh by Astra Financial Raih 2,5 Juta Kunjungan

Pameran virtual pertama Astra Financial, Tumbuh by Astra Financial yang digelar dua pekan mencatatkan lebih dari 2,5 juta kunjungan konsumen.…

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Budaya mudik di Indonesia jelang libur lebaran selalu menyisakan masalah, khususnya potensi lonjakan volume kendaraan dan angka kecelakaan. Maka tak…

Gandeng Kerjasama Telkom - LKPP Rilis Sistem E-Katalog Versi 6.0 Yang Lebih Responsif

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengadaan barang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Tumbuh by Astra Financial Raih 2,5 Juta Kunjungan

Pameran virtual pertama Astra Financial, Tumbuh by Astra Financial yang digelar dua pekan mencatatkan lebih dari 2,5 juta kunjungan konsumen.…

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Budaya mudik di Indonesia jelang libur lebaran selalu menyisakan masalah, khususnya potensi lonjakan volume kendaraan dan angka kecelakaan. Maka tak…

Gandeng Kerjasama Telkom - LKPP Rilis Sistem E-Katalog Versi 6.0 Yang Lebih Responsif

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengadaan barang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia…