Global Goals for Sustainable Development - "Tangan" Astra untuk Indonesia Sejahtera

Sebanyak 193 pemimpin dunia akan menghadiri Sustainable Development Summit pada Jumat (25/9) - Minggu (27/9), di Markas Besar PBB, New York, AS. Dalam pertemuan tersebut, para pemimpin dunia akan menyatakan komitmennya untuk menyukseskan 17 goals 169 target dalam Sustainable Development Goals (SDGs) demi mencapai tiga tujuan utama pada 15 tahun yang akan datang, tepatnya pada 2030.

Tiga tujuan utama tersebut adalah mengakhiri kemiskinan, mencapai kesetaraan dan mengatasi perubahan iklim. Direktur Utama PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto mengatakan, kegiatan bisnis tidak terlepas dari lingkungan dan masyarakat sekitar. Astra, lanjut Prijono, tidak hanya harus menguntungkan tetapi juga harus berkelanjutan.

“Hal ini kami lakukan sesuai dengan filosofi kami, Catur Dharma. Butir pertamanya berbunyi: Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Astra memiliki visi yang serupa dengan apa yang digaungkan oleh Global Goals, yaitu Astra ingin sejahtera bersama bangsa (prosper with the nation),” kata Prijono.

Lebih lanjut dia menjelaskan, komitmen ini tentunya akan terus dijalankan Astra melalui Strategic Triple P Roadmap yang terdiri dari Portfolio Roadmap, People Roadmap dan Public Contribution Roadmap untuk menuju visi Astra pada tahun 2020 yaitu menjadi kebanggaan bangsa (Pride of The Nation).

Sementara Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Djuwita Moeloek, mengatakan Global Goals for Sustainable Development atau SDGs merupakan kelanjutan dari Millennium Development Goals (MDGs), yang tadinya hanya ada delapan goals menjadi 17 goals.

“Intinya, tetap ada goals tentang kesehatan, pendidikan dan lingkungan. Semua itu tercakup dalam Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia yang telah dilaksanakan Astra,” ungkapnya.

SATU Indonesia Awards yang dilaksanakan Astra sejak 2010 sejalan dengan apa yang ingin dicapai oleh Global Goals. Karena program ini mencari anak-anak muda berprestasi, ini kelebihannya. “Jadi sudah ada kesinambungan dari yang dilaksanakan Astra dengan apa yang ingin dicapai oleh SDGs,” tutur dia.

Ke-17 goals yang dikampanyekan dalam Global Goals adalah sebagai berikut:

1. Tanpa Kemiskinan
Tidak ada kemiskinan dalam bentuk apapun di seluruh penjuru dunia.

2. Tanpa Kelaparan

Tidak ada lagi kelaparan, mencapai ketahanan pangan, perbaikan nutrisi, serta mendorong budidaya pertanian yang berkelanjutan.

3. Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan

Menjamin kehidupan yang sehat serta mendorong kesejahteraan hidup untuk seluruh masyarakat di segala umur.

4. Pendidikan Berkualitas

Menjamin  pemerataan pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan kesempatan belajar untuk semua orang.

5. Kesetaraan Gender

Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan kaum ibu dan perempuan.

6. Air Bersih dan Sanitasi

Menjamin ketersediaan air bersih  dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua orang.

7. Energi Bersih dan Terjangkau

Menjamin akses terhadap sumber energi yang terjangkau, terpercaya, berkelanjutan dan modern untuk semua orang.

8. Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan yang Layak

Mendukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan, lapangan kerja yang produktif serta pekerjaan yang layak untuk semua orang.  

9. Industri, Inovasi dan Infrastruktur

Membangun infrastruktur yang berkualitas, mendorong peningkatan industri yang berkelanjutan serta mendorong inovasi.

10.  Mengurangi Kesenjangan

Mengurangi  ketidaksetaraan baik  di dalam sebuah negara maupun di antara  negara-negara di dunia.

11. Keberlanjutan Kota dan Komunitas 

Membangun kota-kota serta pemukiman yang berkualitas, aman  dan bekelanjutan.

12. Konsumsi dan Produksi  Bertanggung Jawab

Menjamin keberlangsungan konsumsi dan pola produksi. 

13. Aksi Terhadap Iklim

Bertindak cepat untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya.

14. Kehidupan di Bawah Laut

Melestarikan  dan menjaga keberlangsungan  laut dan kehidupan sumber daya laut untuk perkembangan yang berkelanjutan.

15. Kehidupan di Darat

Melindungi, mengembalikan, dan meningkatkan  keberlangsungan pemakaian  ekosistem darat, mengelola hutan secara berkelanjutan, mengurangi tanah tandus serta tukar guling tanah.

16. Institusi Peradilan yang Kuat dan Kedamaian

Meningkatkan perdamaian termasuk masyarakat untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses untuk keadilan bagi semua orang termasuk lembaga dan bertanggung jawab untuk seluruh kalangan.

17. Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

Memperkuat implementasi dan menghidupkan kembali kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan. 

Satu-satunya

Global Goals atau SDGs merupakan langkah lanjutan dari pengembangan tujuan MDGs untuk menguatkan apa yang telah kita lakukan agar dapat bertahan selamanya. Global Goals merupakan rangkaian target yang dirancang agar dapat dicapai untuk menyukseskan tiga harapan mulia tersebut.

Kampanye Global Goals merupakan gerakan kolaborasi global untuk memastikan bahwa tujuan-tujuan yang ingin dicapai merupakan yang terbaik, paling dikenal dan paling banyak dilakukan oleh seluruh masyarakat di dunia.

Saat ini di Indonesia, Astra menjadi satu-satunya perusahaan nasional yang telah melakukan kampanye tentang SDGs. Astra melakukan kampanye melalui berbagai saluran, yaitu media cetak, eletronik dan digital, selama tujuh hari mulai 26 September - 2 Oktober 2015, agar banyak orang bisa mengetahui apa yang disuarakan dalam Global Goals.

Sementara Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk, Pongki Pamungkas menambahkan, Astra layaknya seseorang yang selalu ingin memberikan manfaat kepada orang lain atau lingkungan di sekitarnya. Artinya, sambung dia, sebagai sebuah grup usaha nasional, Astra selalu ingin memberikan manfaat kepada bangsa dan negara.

Sejak 41 tahun yang lalu, Astra menjalankan kegiatan kontribusi sosial untuk masyarakat di seluruh Indonesia. Melalui empat pilar utama yaitu Pendidikan, Lingkungan, Usaha Kecil dan Menengah serta Lingkungan, melalui sembilan yayasan yang ada di bawah naungan Grup Astra.

Bersama dengan 226.806 karyawan di 192 perusahaan di seluruh Indonesia dan sembilan yayasan, kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang dilaksanakan Astra tidak pernah lepas dari SATU Indonesia.

“Hal ini merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia,” tukas Pongky.

Berikut empat pilar CSR Astra:

Pilar Pendidikan. Astra telah memberikan 188.529 paket beasiswa, membina 13.490 sekolah dan membina 28.308 guru. Hal ini sejalan dengan tujuan Global Goals, yakni Tanpa Kemiskinan, Tanpa Kelaparan, Pendidikan Berkualitas dan Mengurangi Kesenjangan.

Pilar Lingkungan. Astra telah menanam 3.393.841 pohon dan juga menanam 807.546 pohon mangrove. Kegiatan ini sejalan dengan tujuan Global Goals yakni Air Bersih dan Sanitasi, Energi Bersih dan Terjangkau, Keberlanjutan Kota dan Komunitas, Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab, Aksi Terhadap Iklim dan Kehidupan di Darat.

Pilar UKM. Astra telah membina 708 kelompok income generating activities (IGA), memberikan binaan pada 32.496 orang masyarakat penerima program, membina 8.916 UMKM dengan serapan tenaga kerja 60.446 orang. Kegiatan ini selaras dengan tujuan Global Goals yaitu Kesetaraan Gender, Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan Yang Layak, Mengurangi Kesenjangan dan Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan.

Pilar Kesehatan. Astra telah memberikan pelayanan kepada 97.680 pasien melalui mobil kesehatan Astra (Mokesa), membina 986 posyandu dan mengumpulkan 128.483 kantong darah. Aktivitas ini selaras dengan tujuan Global Goals yaitu Tanpa Kelaparan, Kesehatan Yang Baik dan Kesejahteraan serta Mengurangi Kesenjangan. [ardi]

BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…