Mencegah flu Pada Anak

Sabtu, 15/10/2011

NERACA.Demam dapat menyerang pada setiap orang. Penderitanya biasanya mengalami suhu panas yang tinggi dan terasa panas dingin, kadang disertai dengan keluarnya air lendir dihidung, bahkan batuk-batuk. Gejalan flu yang terjadi pada anak kadang cukup mengkhawatirkan orang tua.

Namun Anda tidak perlu panik, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana merawat dan menjaga anak dengan baik ketika mengalami demam, sehingga anak akan merasa dijaga dengan baik dan kepercayaan diri anak akan meningkat. Bila kepercayaan diri anak meningkat, maka metabolisme yang bekerja secara positif akan mempecepat penyembuhan demam pada anak.

Pertama. Usahakan agar anak tetap mau makan dan minum. Makanan merupakan hal yang penting bagi masuknya nutrisi, vitamin dan mineral, sehingga zat tersebut akan menopang dan membentuk zat antibodi yang bisa menangkal virus yang menyebabkan demam.

Kedua. Memberikan Kompress Si Anak. Bila suhu panas meningkat dan anak mengalami kurang tidur, maka segera beri kompress dengan air dingin atau es untuk menurunkan suhu panas.

Ketiga. Selimuti Tubuh Anak. Bila anak mengalami panas dingin, maka segera berikan kain selimut sebagai penghangat tubuhnya, Sehingga anak akan terasa nyaman dan bisa menghilangkan panas dingin tersebut. Biasanya setelah itu, akan keluar keringat dari sekujur tubuh, yang berarti gejala demam telah berlalu.

Keempat. Istirahat Yang Cukup. Hentikan segala aktifitas anak dan tempatkan dirinya untuk beristirahat dengan tenang. Sehingga anak merasa nyaman dan bisa memulihkan kesehatannya.

Kelima. Berikan Vitamin. Vitamin sangat penting untuk menambah kekebalan tubuh pada kondisi demam, sehingga tubuh akan lekas sembuh karena memberikan zat yang bisa melawan virus dari demam. Semoga terbebas dari demam. (shiddiq/dbs)