Tangkal Dengan Hidup Sehat - Gejala Influensa

NERACA.Hidup sehat merupakan dambaan bagi banyak orang, karena dengan hidup sehat maka berbagai aktifitas bisa dijalani dengan baik. "Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat," mungkin pepatah itu sangat tepat menganalogikan pentingnya kesehatan bagi kehidupan Anda.

Kehidupan dimulai dari mulai bangun tidur, sampai kembali masuk waktu tidur. Nah, saat bangun tidur berbagai aktifitas mulai dilakukan, seperti mandi untuk membersihkan tubuh agar kulit terjaga kebersihan dan kesehatannya. Selain itu membersihkan bagian-bagian tubuh lainnya. Anda mungkin pernah mendengar lagu pada waktu kanak-kanak, "bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi," ternyata esensi lagu tersebut sangat bermanfaat sekali bila benar-benar dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mandi untuk membersihkan tubuh merupakan awal untuk menjaga dan merawat kesehatan diri. Selain itu, olah raga rutin adalah merupakan kegiatan yang sangat positif bagi kesehatan tubuh. Karena dengan berolahraga, tubuh akan bergerak secara optimal sehingga semua jaringan tubuh dan sel bekerja. Organ tubuh yang bergerak akan menghasilkan pembakaran pada karbohidrat, sehingga mengeluarkan keringat dan otot menjadi lebih kuat.

Tubuh bila dilatih dengan baik dan benar, maka akan menghasilkan kekuatan yang optimal. Kekuatan pada tubuh akan menolak berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh berbagai virus dan bakteri. Dalam dunia kesehatan, antibodi merupakan pertahanan yang sangat efektif dalam menangkal berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Seperti ifluensa yang menyebabkan bersin dan flu, merupakan virus yang menyebar melalui udara atau media yang digunakan penderita, seperti sarung tangan, bila orang lain menggunakan sarung tangan itu, maka akan menyebar virus influensa kepadanya.

Orang yang mengalami ifluensa atau flu, biasanya bersin-bersin, batuk-batuk, hidung mampet atau keluar cairan lendir pada hidung. Badan akan terasa pegal, suhu badan kadang naik atau turun. Gejala tersebut biasanya bisa datang bersamaan sehingga orang yang mengalaminya akan merasa suhu badannya panas dingin atau demam. Bila demam terjadi, biasanya orang segera pergi ke dokter untuk proses pengobatan dan diberi resep obat untuk influensa serta obat tidur, untuk mengistirahatkan tubuh agar tenang.

Tetapi ada cara lain yang sebenarnya mampu kita atasi bila influensa menyerang. Memang virus ini menyerang tubuh melalui fase-fase terlebih dahulu, baru ketika fase akhir maka penderita akan mengalami demam yaitu suhu badan naik turun/panas dingin, badan lelah dan letih sehingga tampak lesu. Gairah makan berkurang karena lidah tidak bisa mengeluarkan enzim-enzim pencernaan secara baik. Lidah akan terasa pahit dan makanan apapun yang dikonsumsi tetap akan terasa pahit dan hambar.

Pada saat demam terjadi, untuk mengatasinya kompress dengan air dingin atau dengan air panas, pada bagian kening atau kepala sampai demam itu mereda. Lalu berilah makanan hangat seperti sop yang mengandung vitamin dan nutrisi yang cukup. Perbanyaklah makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin dan gizi. Sehingga tubuh Anda akan mencerna dan mengolah bahan tersebut sebagai antibodi. Bila proses pencernaan melalui enzim-enzim telah pulih kembali, maka antibodi akan mengalami peningkatan terhadap virus, kuman dan bakteri sehingga tubuh akan senantiasa kuat dan sehat.

Untuk mengolah vitamin, mineral, karbohidrat dan nutrisi yang terkandung dalam makanan seperti buah dan sayuran pada tubuh, maka gerakan olahraga merupakan tindakan yang tepat. Gerakan senam dan olahraga tubuh merupakan proses pembakaran karbohidrat, lemak, makanan melalui enzim-enzim yang mem-filter zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh diserap keseluruh bagian tubuh yang membutuhkan. Sisa dari proses pembakaran makanan itu merupakan sampah atau kotoran. Ada yang berupa air seni, kotoran dan keringat.

Jadi, membiasakan diri hidup sehat dengan rutin berolahraga, senam dan gerakan kesehatan yang baik untuk tubuh, merupakan cara yang efektif menangkal virus influensa. Virus influensa dapat menyerang tubuh ketika tubuh mengalami penurunan pada kandungan antibodinya. Antibodi merupakan sel darah putih yang mengandung berbagai macam zat-zat yang berguna untuk menangkal segala virus, bakteri dan kuman di dalam tubuh. Untuk itu, pertahankanlah kebiasaan hidup sehat agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. (shiddiq)

BERITA TERKAIT

Awasi Potensi Pasca Amnesti Pajak dengan AEOI

Oleh: Aditya Wibisono, Kepala Seksi Kerja Sama dan Humas, Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Program Pengampunan Pajak (Amnesti Pajak) yang…

PP Properti Rilis Hunian Berkonsep Little Tokyo - Sinergis Dengan Jababeka

NERACA Jakarta –Membidik potensi pasar di kawasan industri, PT PP Properti Tbk (PPRO) bersama PT Jababeka Tbk. (KIJA) bersinergi mendirikan…

Kebijakan Fiskal Kaitannya dengan Pertumbuhan Ekonomi RI

Oleh: Eva Yunadia Chaerani, Mahasiswa PKN STAN *) Kebijakan Fiskal merupakan tindakan yang diambil oleh Pemerintah dalam bidang perpajakan dan…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Cara Kurangi Berat Badan Bagi yang Ketagihan Makan

Menjaga berat badan tetap ideal menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang ketagihan makan, dan susah mengontrol…

Ini Beberapa Cara Untuk Detoksifikasi Tubuh

Banyak hal yang dapat membuat orang meninggalkan kebiasaan-kebiasaan sehat, dari kesibukan kerja hingga cuaca yang mendukung tertularnya penyakit. Selama beberapa…

Konsumsi Sayur Bisa Turunkan Risiko Serangan Jantung

Nasihat untuk selalu mengonsumsi sayuran demi kesehatan tak lagi bisa disepelekan. Sayuran terbukti kurangi risiko serangan jantung. Sebuah studi yang…