Ngopi Bareng Sambil Berbagi Ilmu

Membantu masyarakat untuk mengubah gaya hidup mereka menjadi sebuah bisnis yang berkelanjutan. Perusahaan asuransi jiwa, FWD Life, melanjutkan komitmennya untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia dengan menyelenggarakan Kopdar #BebasBerbagi.

Sejalan dengan Program Otoritas Jasa Keuangan yang tertuang di dalam Cetak Biru Nasional Literasi Keuangan Indonesia, pada tahun ini, Kopdar “Bebas Berbagi” akan fokus untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya manajemen keuangan dan manajemen bisnis dasar untuk masyarakat khususnya bagi para wirausahawan muda dan wirausahawan kecil dan menengah.

Rudi Kamdani, Direktur Utama FWD Life, mengatakan sebagai pelaku industri keuangan, FWD Life memiliki komitmen yang kuat untuk membantu pemerintah menciptakan masyarakat yang melek keuangan.

“Kami mengedukasi potensi yang ada dalam masyarakat untuk mengejar passion mereka dan mengubah passion tersebut menjadi sebuah bisnis yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia,” jelas,” Rudi.

Sebagai bagian dari gerakan perusahaan “Unstoppable Indonesia”, #BebasBerbagi akan mendukung para wirausahawan Indonesia dengan menyediakan panduan praktis untuk membangun fondasi bisnis dan manajemen keuangan yang kuat dan berkelanjutan serta pengetahuan mengenai berbagai institusi keuangan yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan bisnis yang berbasis passion (Passionpreneur).

Kopdar #BebasBerbagi juga membuka kesempatan kepada para Passionpreneur untuk bertemu dengan beberapa investor potensial seperti Indra Cahya Uno, Komisaris PT Seratoga Investama Sedaya Tbk dan Dolly Lesmana, CEO and Founder Arka Media Group.

Paul Kartono, Direktur Keuangan FWD Life, menjelaskan salah satu alasan menyasar wirausahawan muda dan wirausahawan kecil dan menengah adalah karena melihat mereka memiliki peran yang besar untuk berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS): Proyeksi Populasi Indonesia 2010-2015, populasi Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi muda terbesar di dunia di mana separuh dari populasi memiliki usia dibawah 30 tahun dan 29% dari total populasi memiliki usia dibawah 15 tahun.

Kopdar #BebasBerbagi merupakan kegiatan kumpul komunitas kedua dari FWD Life. Pada kegiatan pertama FWD Life bekerja sama dengan salah satu komunitas ibu terbesar di Indonesia untuk mendukung para ibu muda yang mempunyai keinginan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Pada Kopdar #BebasBerbagi FWD Life bekerjasama dengan DreamLab Indonesia, sebuah konsultan bisnis bagi perusahaan yang baru berdiri (start-up) dalam menyampaikan materi praktis mengenai pengembangan bisnis. FWD Life juga merangkul beberapa pembicara inspiratif dan memiliki pengaruh seperti Dedy Dahlan, pendiri Passionpreneur Academy; Yukka Harlada, CEO Brodo Footwear; Leonora Adelia, pendiri Travas Life sekaligus pemenang FWD Life Passionpreneur.

Sebelum Kopdar #BebasBerbagi diadakan, FWD Life telah mengadakan workshop virtual untuk para Passionpreneur dengan menyediakan serangkaian kelas online pada microsite FWD Life bebaskanlangkah.com/bebasberbagi. Inisitif ini telah berhasil mengumpulkan 3.500 peserta dan 1.399 proposal ide bisnis.

FWD Life telah bekerjasama dengan DreamLab Indonesia untuk memilih enam proposal terbaik berdasarkan penilaian inovasi, originalitas dan kesinambungan. Enam Passionpreneur terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk berbagi dan menyampaikan proposal mereka kepada para investor dan beberapa komunitas saat Kopdar #BebasBerbagi berlangsung. Selama acara tersebut, FWD Life juga memberikan edukasi mengenai pentingnya manajemen keuangan dan bisnis. [ardi]

BERITA TERKAIT

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah…

BERITA LAINNYA DI CSR

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah…