LPDB-KUMKM Kembangkan Struktur Organisasi Baru - Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Jakarta - Dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB-KUMKM) Kementerian Negara Koperasi dan UKM mengembangkan struktur organisasi baru berupa penambahan direktur di jajaran direksinya.

Menurut Direktur Utama LPDB-KUMKM Kemas Danial, dengan adanya perubahan struktur ini diharapkan kinerja dan layanan LPDB semakin meningkat terkait penyaluran dana pinjaman/pembiayaan kepada koperasi dan UKM.

Pengembangan struktur organisasi ini menghadirkan satu direktur baru yakni Direktur Umum. Sebelumnya, posisi tersebut bergabung dengan Direktur Keuangan dan Umum yang dijabat Rosdiana Sipayung.

Namun, dengan adanya perubahan struktur organisasi, beberapa jabatan direksi pun berubah. Direktur Keuangan kini dijabat Fitri Rinaldi. Sedangkan untuk Direktur Umum dipegang Sutowo, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pengembangan Usaha (PU).

Demikian dengan Direktur Pengembangan Usaha kini dijabat Halomoan Tamba, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bisnis. Sebagai penggantinya, Direktur Bisnis sekarang dijabat Warso Widanarto.

“Perubahan dan pengembangan struktur organisasi ini diharapkan mampu membawa LPDB-KUMKM menjadi lembaga yang terdepan, handal dan terpercaya serta dapat menjadirole model yang dicontoh oleh lembaga-lembaga lainnya. Dengan adanya struktur baru ini LPDB-KUMKM mampu meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan target ISO 9001 di tahun 2011”, kata Kemas dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Menyoal kinerja, sejak 2008 hingga 30 September 2011, LPDB telah salurkan dana bergulir sebesar Rp1,30 triliun kepada koperasi dan UKM di Indonesia. “Penyaluran dana pinjaman/pembiayaan ini merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran”, kata Kemas.

Untuk 2011 saja, penyerapan dana bergulir telah mencapai Rp651,94 miliar, yang terserap oleh 475 mitra LPDB-KUMKM yang terdiri dari 448 koperasi primer, 17 koperasi sekunder, 5 bank dan 5 UKM strategis. Sehingga secara kumulatif, sebanyak 785 mitra LPDB-KUMKM telah menerima dana bergulir LPDB-KUMKM sejak tahun 2008 hingga 30 September 2011.

“Sesuai dengan komitmennya menjadi lembaga yang dapat diandalkan dalam member layanan pinjaman/pembiayaan kepada koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, danMenengah, LPDB-KUMKM terus berupaya mendukung program pemerintah terutama dalam meningkatkan jumlah angkatan kerja dan mengurangi angka pengangguran”, papar Kemas.

BERITA TERKAIT

Waskita Karya Raih Kontrak Baru Rp 419 Miliar

Di semester kedua tahun ini, PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) mengantungi kontrak baru sekitar Rp 419 miliar untuk revitalisasi…

Pilih Calon Ketua Umum Baru - Hipmi Selenggarakan Kuliah Umum dan Debat

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) saat ini tengah melakukan seleksi untuk memilih Ketua Umum BPP (Badan Pengurus Pusat) Hipmi masa…

Gandeng Kerjasama Trum Junior - Proyek Prestisius Bakal Dongkrak Kinerja MNC Land

NERACA Jakarta – Menindaklanjuti keseriusan bisnis Donald Trump menggarap properti di Indonesia dengan menggandeng perusahaan MNC Group, ditunjukkan dengan kehadiran…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Adira Insurance Buka Kantor Representatif di Mall

    NERACA   Jakarta - Guna mewujudkan pelayanan yang menjangkau seluruh Pelanggan, Adira Insurance buka kantor representatif di Gajah…

Laba CIMB Niaga Naik 11,8%

    NERACA   Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk melaporkan perolehan laba bersih konsolidasi (unaudited) sebesar Rp1,98 triliun…

Awasi Sektor Keuangan, KPK Bentuk Tim Forensik

  NERACA Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membentuk tim akuntansi forensik untuk mengawasi aliran dana pada sektor keuangan,…