Mobile Off Portal Advertising Di Indonesia

Indosat dan Ericsson

Sabtu, 08/10/2011

NERACA. Kembali mengokohkan posisinya sebagai operator pelopor layanan mobile advertising di Indonesia, Indosat hari ini memperkenalkan inovasi berupa channel terbaru dari layanan ini, yaitu Indosat Mobile Off Portal Advertising, yang didukung oleh Ericsson. Hal ini sekaligus menjadikan Indosat sebagai operator pertama di Indonesia yang menghadirkan channel terbaru mobile off portal advertising di bidang mobile advertising. Inovasi terbaru ini merupakan bagian dari kerjasama strategis antara Indosat dan Ericsson dalam pengembangan bisnis dan inovasi di bidang telekomunikasi, dalam hal ini di bidang mobile advertising.

Indosat Mobile Off Portal Advertising akan menampilkan iklan berada di top dan bottom suatu portal yang ditampilkan dan didukung oleh jaringan operator yang dapat dilihat oleh pengguna pada saat melakukan browsing mobile portal dari mobile device (handphone, tablet, netbook/notebook berbasis OS mobile).

“Mewujudkan komitmen untuk selalu fokus pada pelanggan, tidak hanya menghadirkan layanan berkualitas namun juga berbagai inovasi dan nilai lebih (value added) yang menyertainya, kami berharap channel baru Indosat Mobile Off Portal Advertising dalam layanan mobile advertising ini akan semakin menjawab kebutuhan sekaligus memberikan benefit baik bagi pemasang iklan maupun pelanggan. Kami akan terus mengembangkan berbagai inovasi lainnya untuk menjawab semua kebutuhan pasar seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya dalam bidang mobile data yang berkembang sangat pesat saat ini,” demikian disampaikan Harry Sasongko, President Director and CEO Indosat.

Mats V. Otterstedt, Presiden Direktur Ericsson Indonesia, mengatakan; “Ericsson bangga menjadi bagian penting bagi Indosat dalam memperkenalkan inovasi baru pada layanan mobile advertising di Indonesia. Seiring dengan makin meningkatnya orang dan alat (devices) terkoneksi, operator akan semakin memainkan peranan penting untuk mendukung suksesnya layanan telekomunikasi menuju era baru ini, era Masyarakat Berjejaring (Networked Society). Dan dengan kerjasama ini kami berharap dapat meningkatkan lagi jalan ataupun akses menuju inovasi-inovasi baru lainnya seperti, multi screen TV, application stores, dan lain-lainnya.”

Indosat sendiri telah menghadirkan layanan mobile advertising sejak tahun 2008 dengan brand-nya ‘i-klan’. Indosat saat ini telah memiliki channel untuk layanan mobile advertising sebanyak 20 channel dan telah dimanfaatkan oleh lebih 300 partner terpercaya. Saat ini Indosat masih terus mengembangkan layanan dan channel ini, dimana salah satu inovasinya dihadirkan hari ini yaitu Indosat Mobile Off Portal Advertising.

Layanan mobile advertising selama ini memberikan berbagai benefit bagi partner perusahaan pemasang iklan maupun pelanggan. Benefit untuk pelanggan misalnya berupa bonus pulsa, sms atau data, penggunaan games, dan aplikasi lainnya secara gratis. Benefit kepada pemasang iklan (advertiser) adalah database yang valid, tersegmentasi, sesuai target-, online dan laporan yang terukur (measureable reporting), promosi dan brand awareness serta bisa langsung melakukan penjualan (hard selling), juga dapat membangun dan me-maintain sebuah komunitas.