Kemunculan Robot Indonesia

NERACA. Robot merupakan mesin buatan manusia yang merupakan hasil manifestasi dan interpretasi melalui kemajuan ilmu pengetahuan. Robot di buat dan dikembangkan untuk mempermudah pekerjaan yang berbahaya, sulit, berat dan diluar kemampuan manusia secara umum. Saat ini, robot telah dirancang untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam segala bidang, terutama yang menyangkut pekerjaan massal.

Pada masyarakat Indonesia sendiri, robot telah dikenal luas, yang merupakan mesin yang membantu memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi hasil penemuan manusia di jaman modern merupakan perkembangan jaman yang menakjubkan. Akan tetapi kemajuan tersebut harus diimbangi dengan tanggung jawab secara manusiawi, sehingga tidak berdampak buruk pada kehidupan manusia. Setelah mengetahui asal muasal robot, tentunya kita akan mengetahui sejarah pembuatan robot dan bermula sebagai apa robot tersebut.

Jadi, robot merupakan mesin yang bekerja secara mekanik dan mempermudah pekerjaan-pekerjaan bagi manusia. Secara mekanik robot bekerja dengan menggunakan kendali yang digunakan oleh manusia. Robot akan bergerak sesuai dengan instruksi manusia melalui alat kontrol yang telah diprogram melalui memori robot itu. Robot pada awalnya digunakan untuk membantu pekerjaan manusia dan menghemat waktu serta biaya, seperti mesin kereta api, mesin uap di kapal laut, mesin pesawat terbang, mesin industri pertanian yaitu traktor, mesin potong dan pengurai gandum, padi, jagung. Mesin tersebut bekerja secara besar dalam satu waktu sehingga tenaga manusia hanya sedikit yang diperlukan.

Tidak hanya itu saja, robot digunakan untuk para peneliti geologi, astronomi dan cuaca. Seperti mesin kapal selam yang dapat menyelam hingga ke dasar laut, sehingga para ilmuwan mengetahui kehidupan bawah laut yang selama ini tertutup. Bagi ilmuwan astronomi, mereka menciptakan pesawat ulang alik/angkasa, untuk mengamati benda-benda langit yang memiliki keterkaitan dengan bumi. Selain itu, bagi ilmuwan dibidang geologi dan ekologi, mereka menggunakan alat/mesin pengukur, seperti bor tanah yang mengambil tanah dari kedalaman beberapa kilo meter untuk mengetahui apa saja kandungan dan berapa umur tanah tersebut.

Untuk industri besar, seperti pertambangan mereka menggunakan alat traktor dan mesin bor untuk menggali dan mengambil kandungan mineral, seperti batubara, emas, minyak bumi, uranium dan sebagainya. Biasanya dalam proses tersebut mesin-mesin yang disebut robot sangat berperan penting untuk melakukan tugas-tugas tersebut. Sedang manusia hanya bertugas sebagai operator yang memfungsikan atau menjalankan robot tersebut.

Untuk robot yang lebih dekat dengan kehidupan rumah tangga banyak ditemui, seperti alat penghisap debu. Mesin tersebut menghisap dan membersihkan debu yang menempel dan melekat pada dinding, karpet dan lainnya. Mesin tersebut bekerja secara otomatis sesuai dengan operator yang menjalankannya.

Secara sadar atau tidak, robot atau mesin ternyata telah memasuki kehidupan manusia dalam setiap harinya. Robot telah digunakan oleh berbagai bidang, mulai kedokteran, pertanian, militer. Dilihat dari istilah bahasa robot berasal dari bahasa Ceko dan dalam bahasa Inggris Worker yang berarti pekerja.

Perkembangan Robot di Indonesia

Memang untuk perkembangan robot di Indonesia kapan tepatnya, belum ada data yang tepat mengetahuinya. Bila didunia, kita mengetahui berasal dari revolusi industri di Inggris. Mungkin akan meruntut ke belakang ketika perdagangan yang dilakukan pada saat negeri ini belum terjajah saat itu. Ketika merdeka, maka banyak kesadaran yang dimiliki oleh anak bangsa tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Setelah kemerdekaan bangsa ini, berjuang melawan buta aksara, selanjutnya mentransformasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Saat ini, perkembangan teknologi robot telah mulai dikuasai dan di inovasi untuk kepentingan nasional. Jadi, bangsa kita bukan bangsa yang gagap teknologi atau ‘gatek’ lagi. Kesiapan itu tentu melalui proses didunia pendidikan yang mampu menginterprestasikan iptek(ilmu pengetahuan dan teknologi) secara bertanggung jawab pada kehidupan manusia. Indonesia telah mengembangkan robot melalui Mesin Perkakas Teknik Produksi dan Otomatis (MEPPO), Laboratorium Elektronik Terapan (LET), serta LIPI sebagai penelitian untuk kemajuan bangsa.

BERITA TERKAIT

Neraca Perdagangan Indonesia Berada di Level Aman

    Oleh: Safrizal Fajar, Pemerhati Ekonomi Pembangunan   Sebagai negara berkembang dengan pertumbuhan ekonomi yang meroket, permintaan pasar dalam…

Tingkatkan Keuangan Inklusif, Hari Indonesia Menabung akan Ditetapkan

      NERACA   Jakarta - Pemerintah, Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana menetapkan Hari Indonesia…

Niaga Bilateral - Indonesia-Amerika Berkomitmen Tingkatkan Nilai Perdagangan

NERACA Jakarta – Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Arlinda menyatakan Republik Indonesia dan Amerika Serikat berkomitmen meningkatkan…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Xiaomi Redmi Note 7 Resmi Diluncurkan

Xiaomi Redmi Note 7, smartphone pertama buatan sub-brand 'Redmi by Xiaomi' baru saja meluncur di Tiongkok. Dari segi desain, Redmi…

Kominfo Targetkan Kebijakan 5G Rampung Tahun Ini

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan akan merampungkan kebijakan 5G tahun ini. “Tahun ini harus sudah keluar kebijakannya karena kita…

Oppo R17 Pro Resmi Diluncurkan

Oppo akhirnya resmi memperkenalkan smartphone perdananya yang rilis tahun ini untuk pasar Indonesia, yakni R17 Pro. Sesuai namanya, smartphone ini…