Kemunculan Robot Indonesia

NERACA. Robot merupakan mesin buatan manusia yang merupakan hasil manifestasi dan interpretasi melalui kemajuan ilmu pengetahuan. Robot di buat dan dikembangkan untuk mempermudah pekerjaan yang berbahaya, sulit, berat dan diluar kemampuan manusia secara umum. Saat ini, robot telah dirancang untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam segala bidang, terutama yang menyangkut pekerjaan massal.

Pada masyarakat Indonesia sendiri, robot telah dikenal luas, yang merupakan mesin yang membantu memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi hasil penemuan manusia di jaman modern merupakan perkembangan jaman yang menakjubkan. Akan tetapi kemajuan tersebut harus diimbangi dengan tanggung jawab secara manusiawi, sehingga tidak berdampak buruk pada kehidupan manusia. Setelah mengetahui asal muasal robot, tentunya kita akan mengetahui sejarah pembuatan robot dan bermula sebagai apa robot tersebut.

Jadi, robot merupakan mesin yang bekerja secara mekanik dan mempermudah pekerjaan-pekerjaan bagi manusia. Secara mekanik robot bekerja dengan menggunakan kendali yang digunakan oleh manusia. Robot akan bergerak sesuai dengan instruksi manusia melalui alat kontrol yang telah diprogram melalui memori robot itu. Robot pada awalnya digunakan untuk membantu pekerjaan manusia dan menghemat waktu serta biaya, seperti mesin kereta api, mesin uap di kapal laut, mesin pesawat terbang, mesin industri pertanian yaitu traktor, mesin potong dan pengurai gandum, padi, jagung. Mesin tersebut bekerja secara besar dalam satu waktu sehingga tenaga manusia hanya sedikit yang diperlukan.

Tidak hanya itu saja, robot digunakan untuk para peneliti geologi, astronomi dan cuaca. Seperti mesin kapal selam yang dapat menyelam hingga ke dasar laut, sehingga para ilmuwan mengetahui kehidupan bawah laut yang selama ini tertutup. Bagi ilmuwan astronomi, mereka menciptakan pesawat ulang alik/angkasa, untuk mengamati benda-benda langit yang memiliki keterkaitan dengan bumi. Selain itu, bagi ilmuwan dibidang geologi dan ekologi, mereka menggunakan alat/mesin pengukur, seperti bor tanah yang mengambil tanah dari kedalaman beberapa kilo meter untuk mengetahui apa saja kandungan dan berapa umur tanah tersebut.

Untuk industri besar, seperti pertambangan mereka menggunakan alat traktor dan mesin bor untuk menggali dan mengambil kandungan mineral, seperti batubara, emas, minyak bumi, uranium dan sebagainya. Biasanya dalam proses tersebut mesin-mesin yang disebut robot sangat berperan penting untuk melakukan tugas-tugas tersebut. Sedang manusia hanya bertugas sebagai operator yang memfungsikan atau menjalankan robot tersebut.

Untuk robot yang lebih dekat dengan kehidupan rumah tangga banyak ditemui, seperti alat penghisap debu. Mesin tersebut menghisap dan membersihkan debu yang menempel dan melekat pada dinding, karpet dan lainnya. Mesin tersebut bekerja secara otomatis sesuai dengan operator yang menjalankannya.

Secara sadar atau tidak, robot atau mesin ternyata telah memasuki kehidupan manusia dalam setiap harinya. Robot telah digunakan oleh berbagai bidang, mulai kedokteran, pertanian, militer. Dilihat dari istilah bahasa robot berasal dari bahasa Ceko dan dalam bahasa Inggris Worker yang berarti pekerja.

Perkembangan Robot di Indonesia

Memang untuk perkembangan robot di Indonesia kapan tepatnya, belum ada data yang tepat mengetahuinya. Bila didunia, kita mengetahui berasal dari revolusi industri di Inggris. Mungkin akan meruntut ke belakang ketika perdagangan yang dilakukan pada saat negeri ini belum terjajah saat itu. Ketika merdeka, maka banyak kesadaran yang dimiliki oleh anak bangsa tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Setelah kemerdekaan bangsa ini, berjuang melawan buta aksara, selanjutnya mentransformasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Saat ini, perkembangan teknologi robot telah mulai dikuasai dan di inovasi untuk kepentingan nasional. Jadi, bangsa kita bukan bangsa yang gagap teknologi atau ‘gatek’ lagi. Kesiapan itu tentu melalui proses didunia pendidikan yang mampu menginterprestasikan iptek(ilmu pengetahuan dan teknologi) secara bertanggung jawab pada kehidupan manusia. Indonesia telah mengembangkan robot melalui Mesin Perkakas Teknik Produksi dan Otomatis (MEPPO), Laboratorium Elektronik Terapan (LET), serta LIPI sebagai penelitian untuk kemajuan bangsa.

BERITA TERKAIT

Indonesia-Australia Jajaki Tarif BM Nol Persen - Perdagangan Bilateral

NERACA Jakarta – Indonesia dan Australia tengah menjajaki kerja sama bilateral untuk pemberlakuan tarif bea masuk nol persen (0%) terhadap…

Kemitraan Indonesia-Uni Eropa Didorong Lebih Seimbang

NERACA Jakarta – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendorong perundingan dari Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa (IEU CEPA)…

Indonesia Defisit 2.500 Tenaga Pialang - Bursa Berjangka Belum Optimal

NERACA Palembang – Mendorong Indonesia menjadi tuan di rumah sendiri dalam acuan harga komoditas dunia dan mensejahterakan para petani, merupakan…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Haier G7 Resmi Meluncur Di Indonesia

Melalui pt. Datascrip selaku authorized distributor-nya, Haier kembali memperkenalkan smartphone baru seri Haier G7. Tampil dengan warna-warni yang ceria, smartphone…

Ini Dia Spesifikasi Dari Vivo V7 Plus - Smartphone Selfie

Vivo telah secara resmi merilis smartphone teranyarnya yaitu ” Vivo V7 Plus ” dengan mengusung tagline Clearer Selfie, Clear Shot,…

Melindungi Smartphone Dari Kerusakan

Smartphone terbaru hadir dengan sejumlah fitur yang diklaim mampu melindungi ponsel dari berbagai kondisi. Sebut saja fitur tahan air atau…