Pemerintah Buat Roadmap E-Commerce

Teknologi kini tidak hanya memberikan kemudahan di segala kegiatan masyarakat saja, lebih dari itu teknologi juga membantu masyarakat dalam permasalahan perekonomian, salah satunya dalam mempermuda melakukan usaha perdagangan. Potensi e-commerce di Indonesia saat ini cukup tinggi dan akan terus meningkat.Total transaksi e-commerce di Indonesia pada tahun 2014 mencapai $ 12 miliar, meningkat hampr 50% dari tahun 2013, dan diperkirakan akan terus meningkat kedepannya.

Saat ini masih banyak permasalahan dalam e-commerce, Rudiantara mengungkapkan saat menjadi keynote speaker dalam acara Entrepreneurship Seminar & Expo “Sociocreativepreneu” di Bale Sawala Unpad Jatinangor. Dalam kesempatan tersebut, Rudiantara menyampaikan mengenai “Information Technology and Its Role in Developing Present and Future Business” kepada para peserta seminar.

Dikatakan pula  bahwa pemerintah telah menyiapkan roadmap e-commerce sebagai hasil kolaborasi dari delapan Kementerian RI. Roadmap tersebut mencakup pendanaan dan investasi, logistik, perpajakan, infrastruktur ICT, dan perlindungan konsumen. “Ini yang pemerintah lakukan sekarang. Mengingat e-commerce potensinya tinggi, tetapi juga masih banyak permasalahan di kita. Pemerintah masuk ke e-commerce dengan roadmap e-commerce,”

Dalam roadmap tersebut, pemerintah berupaya memberikan kemudahan bagi para pelaku e-commerce. Bahkan, untukstart up company, kedepannya pemerintah akan membantu dalam hal pendanaan. Menurut Rudiantara, hal inilah yang dapat menjadi peluang, terutama untuk mahasiswa yang akan memuliai bisnisnya.

Pada kesempatan tersebut, Rudiantara menyebutkan beberapa Sociocreativepreneur yang berhasil, terutama melalui fasilitas teknologi informasi. Salah satunya adalah Nadiem Makarim pendiri Go-Jek, yang sesuai dengan konsep sociocreativepreneur dimana mengandung unsur sosial dan kreatif. Melalui Go-Jek, Nadiem berusaha tidak menghantam sektor ekonomi informal (ojek), melainkan dengan turut mengajak para ojek menjadi anggota Go-Jek. Dengan menjadi anggota Go-Jek, mereka juga diberikan pelatihan juga asuransi.

“Ini dari aspek sosialnya. Itu betul-betul terjaga dalam artian mencoba menghindari kemungkinan potensi konflik sosial,” ujar Rudiantara.

Rudiantara juga mengungkapkan bahwa beberapa sociocreativepreneuer yang berhasil, diantaranya karena mereka selalu berangkat dari suatu masalah, lalu mereka mencoba menemukan peluang dibalik adanya masalah itu. “Setiap ada permasalahan, disitu timbul peluang,” ujarnya.

Selain Rudiantara, seminar ini juga menghadirkan pembicara Kevin Naftali (Founder of Kevas.co) dan Asep Mulyana (Ketua Pusat Inkubator Bisnis Unpad) dalam sesi interactive talkshow. Acara dibuka oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad dan dihadiri pula oleh Rektor ke-7 Unpad, Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita, M.Sc.

BERITA TERKAIT

Bantu UKM Kembangkan Bisnis, Salesforce Luncurkan Pro Suite

  NERACA Jakarta - Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur,…

Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Kenalkan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia

  Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Ciptakan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia NERACA Jakarta - Minat terhadap ‘Creative…

Kolaborasi dengan Timezone - Coocaa Indonesia Bagi THR TV 86 Inch dan Ratusan Juta Rupiah

Coocaa, sebagai brand TV no. 1 di Indonesia berkolaborasi dengan Timezone Indonesia ingin berbagi kebahagiaan serta perasaan dan pengalaman yang…

BERITA LAINNYA DI Teknologi

Bantu UKM Kembangkan Bisnis, Salesforce Luncurkan Pro Suite

  NERACA Jakarta - Salesforce meluncurkan edisi terbaru Pro Suite yang tersedia di market Indonesia. Sebuah solusi yang fleksibel, terukur,…

Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Kenalkan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia

  Menggabungkan Seni dan Teknologi, Ink Lords Ciptakan Desain Kemasan dari Makhluk Mitologi Indonesia NERACA Jakarta - Minat terhadap ‘Creative…

Kolaborasi dengan Timezone - Coocaa Indonesia Bagi THR TV 86 Inch dan Ratusan Juta Rupiah

Coocaa, sebagai brand TV no. 1 di Indonesia berkolaborasi dengan Timezone Indonesia ingin berbagi kebahagiaan serta perasaan dan pengalaman yang…