Tips Menjual Lewat Internet

Sabtu, 08/10/2011

Neraca. Internet selain menjadi gudang informasi juga bisa menjadi sebuah toko. Artinya kita menjual produk kita di internet? Banyak orang menyebutnya toko online, tapi seperti kata pepatah Inggris “Apalah arti sebuah nama?“. Kecuali nama brand kita tentunya.

1. Kepercayaan

Saat ini banyak berita tentang penipuan di internet, itulah sebabnya harus mampu membangun kepercayaan yang tepat dan membuktikan, bahwa Anda bukan salah satu dari mereka! Belum lagi saat menjual produk di internet bukankan sama sekali tidak tahu pembeli Anda? Nah begitu juga dengan pembeli, dia tidak pernah bertatap muka dengan Anda. Kalau sudah begitu, bagaimana dia mau mengeluarkan uang dari kantongnya yang pas-pasan itu?

Maka daripada itu membangun kepercayaan itu PENTING. Tips nya ada, yaitu : Ada nomer HP/telephon yang bisa dihubungi, dan bukan hanya sekedar yahoo messenger dan alamat email saja.

Jangan pakai rekening yang tidak dapat dipercaya seperti e-Gold, gunakanlah rekening bank besar yang terpercaya semacam BCA atu Mandiri. Atau kalau bisa Paypal. Lalu tampilkan foto Anda. Selain menambah keyakinan orang membeli produk, cara ini juga dapat Anda jadikan sebagai ajang narsis di internet.

2. Layanan

Orang sudah membuka mahal-mahal internet pastinya mereka mau layanan yang cepat. Jadi jika ada pertanyaan yang masuk, langsung dijawab detik itu juga, baik melalui HP/telephone maupun YM! Kalau bisa pertanyaan langsung dijawab oleh Anda/customer service jangan disuruh baca F.A.Q, itu akan membosankan.

3. Informasi yang detail tentang produk Anda

Jika mau menjual produk di internet, pastikan memberikan informasi yang sangat detail. Kita sendiri sering melihat toko online yang hanya memajang gambar, tapi sama sekali tidak ada deskripsi tentang produk itu. Bahkan kalau berani suguhkan juga kelemahan dari produk Anda. Di dunia ini tidak ada yang sempurna kecuali judul lagunya Andra & the Backbone, jadi konsumen akan benar-benar percaya tentang produk Anda.

4. Cara terakhir adalah tambahkan nilai plus/USP (Unique Selling Point)

Jika Anda menjual buku di internet, coba tanyakan ke dalam sisi gelap hati, ‘Kenapa saya harus membeli produk itu di internet, lebih baik saya jalan-jalan ke toko buku bersama keluarga saya bukan?’ Nah! Ingat-ingat selalu tambahkan value dari produk Anda entah itu harganya yang murah, tidak dijual di dunia nyata, atau bahkan bonus berlimpah!