Konsumsi Air Untuk Vertigo

Sabtu, 08/10/2011

NERACA.Air merupakan salah satu faktor sumber kehidupan bagi makhluk hidup termasuk manusia. Lihat saja dengan tubuh kita, hampir sebgaian besar terisi oleh air. Oleh karena itulah kebutuhan air bersih bagi manusia sangat menunjang kesehatan kehidupan manusia. Di dalam air terkandung zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk didalanya gizi yang sangat berguna untuk gizi dan kesehatan.

Pentingnya air dalam kehidupan manusia membuat pemerintah ikut serta untuk mengkampanyekan, hidup sehat dengan minum air bersih dan sesuai kebutuhan tubuh melalui depkes 1994. Selain itu, kebutuhan air juga bukan saja untuk kebutuhan sehari-hari mencuci dan minum tetapi air juga berguna untuk terapi penyembuhan bagi kesehatan.

Pentingnya mengkonsumsi air untuk mencegah terjadinya dehidrasi untuk mengantisipasi permasalahan kesehatan yang lebih luas. Kebutuhan tubuh akan air dalam sehari sekitar dua liter, hal ini sudah sesuai dengan zat gizi yang dibutuhkan untuk mengikat zat kimia yang diperlukan pada tubuh.Proses kesadaran untuk meminum air sesuai ketentuan kesehatan harus difahami oleh masyarakat, karena merupakan salah satu zat gizi yang vital bagi kesehatan menghadapi dehidrasi ringan kronis. Upaya pencegahan dehidrasi sejak dini meski dilakukan, mengingat betapa pentingnya kesehatan bagi masyarakat.

Dehidrasi merupakan kekurangan air didalam tubuh pada tingkat ringan. Menurut data penelitian yang dilakukan oleh The Indonesian Hydration Study (THIRST), pemeriksaan urin terhadap 1200 sampel di beberapa wilayah di Jakarta dan lainnya. Terungkap bahwa dehidrasi ringan sering terjadi pada remaja lebih tinggi dibanding orang dewasa serta daerah dataran rendah yang panas lebih banyak terjadi dehidrasi dan daerah dataran tinggi yang sejuk lebih sedikit mengalami dehidrasi.

Kebutuhan konsumsi air akan lebih meningkat kepada ibu hamil dan menyusui, juga bagi orang yang berada dalam daerah yang dingin. Kekurangan air tubuh akan berdampak pada terjadinya gangguan kesehatan. Bila kekurangan air didalam tubuh sekitar satu persen saja maka akan menimbulkan rasa haus dan perasaan akan sedikit mengalami kurang enak. Nah, bila mencapai 2 sampai 3 persen maka tubuh akan terasa panas, rasa haus dan stamina berkurang. Bila mencapai 4 persen maka fisik akan lemah mencapai 25%, kalau mencapai 7 % maka tubuh akan lemas, lunglai hingga pingsan.

Oleh karena itu, kebutuhan konsumsi air untuk menjaga kesehatan sangatlah penting. Apalagi bila Anda berada di kota-kota besar seperti Jakrata, dimana cuaca panas selalu menyelimuti. Belum lagi dengan asap-asap kendaraan dari berbagai macam mengotori udara sehingga udara bertambah buruk. Hasilnya, kota Jakarta mengalami panas yang cukup ekstrem pada waktu-waktu tertentu.

Pada kondisi seperti itu, maka bagi para penduduk akan mengalami rasa haus akibat panas yang menyengat, serta udara panas yang menyebar menambah rasa haus sampai ketenggorokan. Di sinilah akan sangat jelas sekali, kebutuhan akan konsumsi air sangat berarti. Untuk kondisi normal saja, manusia memerlukan air dua liter dalam sehari, apalagi pada kondisi yang ekstrem dibutuhkan pemenuhan air yang lebih.

Kandungan air mineral sangat bermanfaat untuk menetralkan racun-racun dalam tubuh secara kimiawi. Mineral yang bersih akan banyak bermanfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Umumnya orang yang telah membiasakan diri mengkonsumsi air mineral akan terlihat segar wajahnya, kulitnya bersih dan mulus. Selain itu, daya tahan tubuh terhadap penyakit akan lebih kuat dibanding orang yang kekurangan air mineral.

Untuk penyakit liver saja, bila penderita membiasakan minum air mineral sesuai standar kesehatan, maka bisa mengurangi penyakit bahkan bisa menyembuhkannya. Sifat air yang sangat luar biasa, bekerja pada tubuh akan bisa mengoptimalkan seluruh jaringan dan sel-sel tubuh. Vertigo pun bisa disembuhkan dan bahkan mencegah terserangnya vertigo bagi orang yang membiasakan meminum air mineral sesuai standar kesehatan. Hal itu karena, air mineral yang mengandung berbagai zat, elektrolik dan sebagainya mampu menagkap radikal bebas didalam tubuh, sehingga bakteri, kuman akan bisa teratasi dengan mudah.