Pengobatan Keseimbangan Pendengaran Telinga

NERACA.Berbagai pengobatan untuk permasalahan keseimbangan pendengaran pada telinga telah diketemukan dan berbagai obat-obatan untuk mengatasi masalah itu telah dibuat untuk diminum pada penderitanya, agar dapat pulih kembali. Ada juga dengan cara fisioterapi yang mengutamakan pada latihan gerakan tubuh, terutama pada bagian dikepala.

Tidak enak bukan, ketika mengalami ganguan seperti itu. Ditengah padatnya aktifitas yang sedang dilakukan, tiba-tiba terjadi gangguan pada keseimbangan pendengaran telinga. Sangat mengganggu dan meresahkan aktifitas yang berjalan. Tentunya Anda tidak mau mengalami peristiwa itu terjadi pada kehidupan Anda. Mungkin banyak obat-obatan untuk sedikit mengurangi gangguan pada telinga Anda tersebut. Saat ini juga ada terapi yang digunakan untuk mengobati hal tersebut, yakni fisioterapi.

Latihan terapi untuk gangguan keseimbangan pada telinga atau vertigo, itu terjadi karena beberapa faktor diantaranya adanya perubahan posisi kepala, yang disebut BPPV(Benign Paroxysmal Positional Vertigo). Latihan itu bisa dilakukan dengan cara Canalit Reposition Treatment(CRT) atau Epley maneuver. Kemudian Rolling atau barbeque maneuver, dan Semont liberatory maneuver serta Brand-darroff exercise. Untuk melakukan gerakan terapi tersebut, tentunya dibutuhkan dokter atau instruktur yang memahami gerakan-gerakan tersebut, sehingga hasilnya maksimal.

Langkah-langkah awal yang pertama harus dimulai dengan tahap CRT atau yang disebut Semont Liberatory. Hasilnya bagian kepala Anda akan terasa enteng dan plong. Akan tetapi bila hal tersebut masih terjadi sedikit rasa gangguan pada telinga, maka biasanya dokter atau instruktur menambahkan terapi berikunya yaitu Brand-Darrof exercise.

Ada pun gerakan terapi dari CRT atau epley maneuver yaitu bermula pada posisi duduk, lalu bagian kepala ditolehkan ke sebelah kiri. Hal ini untuk mengobati gangguan keseimbangan(vertigo) pada bagian telinga kiri. Lalu dibarengi dengan posisi tidur hingga kepala berada pada posisi dipinggir tempat tidur. Diamkan beberapa waktu sampai vertigo hilang dan putarkan kepala kearah kanan secara perlahan-lahan sehingga muka dalam posisi menghadap ke lantai. Lalu diamkan sejenak hingga rasa berputar di kepala menghilang. Selanjutnya lakukan gerakan pada posisi duduk dan kepala tetap diposisi menoleh ke kanan, setelah beberapa saat baru ke arah lantai. Tiap-tiap gerakan memiliki waktu sejenak sekitar 1 menit. Bila diperlukan dapat di lakukan dengan gerakan sebaliknya, sehingga rasa vertigo benar-benar hilang.

Setelah gerakan tahap awal dilakukan, maka diteruskan dengan gerakan berikut, yaitu gerakan rolling atau barbeque maneuver. Gerakan itu diperagakan dengan berguling-guling kan kepala hingga 360. Di awali dengan posisi tiduran kepala mengarah ke atas, bila vertigo di sebelah kiri maka berguling ke kiri. Gerakan itu dilakukan secara perlahan-lahan, bial masih mengalami vertigo, maka diamkan sejenak. Setelah rasa itu hilang gerakan berguling dilanjutkan dan kembali pada posisi semula. Setelah tahap kedua selesai, maka bisa dilanjutkan dengan tahap berikutnya, yaitu semont liberatory.

Gerakan Semont Liberatory diawali dalam posisi duduk, bila vertigo disebelah telinga kanan maka kepala ditolehkan ke kiri setelah itu gerakkan ke kanan hingga menempel di tempat tidur. Posisi kepala tetap, diam sejenak sampai vertigo menghilang sekitar 1menit. Lalu posisi kepala tetap, baru posis kepala berbalik kea rah kiri, diamkan selama 1 menit dan kembali ke posisi awal. gerakan itu dilakukan berulang-ulang sampai vertigo itu hilang.

Setelah semua tahap itu dilakukan, maka tahap terakhir yakni gerakan brand-darroff exercise. Memang gerakan ini terlihat hampir sama dengan Semont Liberatory, tetapi posisi kepala yang berbeda. Gerakan terapi ini bisa dilakukan mulai dari posisi duduk kemudian kepala ke arah kiri. Lalu setelah itu jatuhkan badan ke posisi kanan dan posisi badan dibalik posisi duduknya. Kepala mengarah ke kanan dan badan dijatuhkan ke sebelah kiri. Tiap-tiap gerakan diberi waktu sekitar 1menit.

Gerakan itu bisa dilakukan berulang-ulang sampai rasa vertigo hilang. Bila sewaktu-waktu vertigo datang terapi tersebut bisa dilakukan sesegera mungkin. Begitu, cara menghadapi vertigo untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka biasakan latihan senam atau terapi ini setiap harinya.

BERITA TERKAIT

Rekonsiliasi dan Upaya Menjaga Keseimbangan Politik

  Oleh : Gita Warsita, Pemerhati Masalah Sosial Politik     Dengan berakhirnya drama Pilpres 2019 berupa pilihan presiden dan…

PNM Beri Pengobatan Gratis Bagi 500 Warga di Yogyakarta

PNM Beri Pengobatan Gratis Bagi 500 Warga di Yogyakarta NERACA Sleman - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) bersama PT Asuransi…

Ringankan Beban Korban Gempa Palu - Sharp Gelar Trauma Healing dan Pengobatan Gratis

Sebagai bentuk rasa kemanusian dan kepedulian terhadap korban bencana gempa Palu, Sigi, Donggala dan sekitarnya, PT Sharp Electronics Indonesia melalui…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Mengurai Fakta di Balik Sit Up Bisa Kecilkan Perut Buncit

Tak ada orang yang ingin punya perut buncit. Pasalnya perut buncit dianggap akan mengurangi penampilan seseorang. Hanya saja sayangnya, mengecilkan…

'Menyelamatkan' Stok ASI di Kulkas Ketika Listrik Padam

Ketika listrik padam, ibu menyusui langsung merasa panik. Apalagi mereka yang punya banyak stok ASI perah dalam lemari es. Bagi…

Berbagai Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Ada banyak cara untuk mengolah telur. Setiap cara pengolahan telur menawarkan manfaat kesehatan yang berbeda untuk tubuh. Merebus telur adalah…