Usaha Pegadaian di Zaman Serba Online

Berkembangnya tekhnologi tinggi, semakin menambah kreatifitas orang dalam menjalankan usahanya. Salah satunya adalah usaha pegadian vio online. Saat ini, selain rumah gadai konvensional, kini masyarakat punya alternatif untuk memperoleh uang tunai secara tunai dengan pegadaian online. Cara kerjanya mirip dengan pegadaian reguler. Hanya saja, 90% prosedur pegadaian dilakukan secara online, bukan tatap muka.

Adalah Pinjam.co.id yang menjadi pelopor pegadaian online ini. Startup yang dirintis oleh Teguh B. Aribowo dan Romeo Reijman ini baru luncur pada April lalu. Namun, inisiasi sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu.

Teguh dan Romeo bukan nama baru di industri teknologi. Teguh yang baru berusia 25 tahun sudah lebih dulu dikenal Voila, perusahaan aktivasi brand dengan klien ternama. Sementara itu, Romeo juga punya usaha agensi digital Exo yang menjalankan grup-grup Facebook. Mereka berdua melihat potensi yang besar untuk bisnis gadai.

Ide awal Teguh dan Romeo ialah memudahkan masyarakat yang ingin mendapat hipotek dengan cara gadai. Sejauh ini, di bawah bendera PT Kode Morse Indonesia, Pinjam memberi pilihan, yakni barang elektronik, seperti ponsel, laptop, kendaraan bermotor, serta perhiasan untuk dijadikan agunan.

Meskipun baru berjalan sekitar tiga bulan, Pinjam cukup diminati. Fanni Supenda, Public Relations & Marcomm Executive Pinjam, menuturkan, berhubung merupakan startup teknologi, Pinjam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran. Misalnya, lewat media sosial dan search engine optimization (SEO).

Strategi ini mendatangkan lebih dari 2.000 pengguna Pinjam.co.id. Bahkan, saban hari, ada satu hingga tiga orang user yang melakukan transaksi gadai. Fanni bilang, nilai transaksi sangat beragam, tergantung barang yang jadi agunan. Teguh mengatakan, nilai transaksi di Pinjam berkisar Rp 1 juta – Rp 2 juta per user.

Pinjam memberlakukan bunga modal yang cukup terjangkau, yakni flat 0,7% per minggu. Jangka waktu pelunasan ialah 12 minggu. Bila ingin diperpanjang, bunga modal 0,8% per minggu. Adapun denda keterlambatan pembayaran sebesar 0,3% per minggu. “Kami menetapkan bunga yang rendah karena tujuan Pinjam memang memudahkan masyarakat yang butuh dana tunai,” tutur Fanni.

Proses peminjaman di Pinjam hanya sehari. Bila Anda butuh dana tunai, Anda tinggal mendaftar di situs Pinjam. Selanjutnya, pilih jenis barang yang digadaikan. Pinjam akan menaksir barang itu secara real time.

Setelah disetujui, ada tiga pilihan untuk menyerahkan barang. Anda bisa mengantar langsung ke kantor mereka di Jalan Sambas II, Jakarta Selatan, atau mengirim barang ke alamat tersebut. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan layanan kurir Pinjam dengan biaya sesuai jarak dan jenis barang.

Besaran pinjaman tergantung dari jenis barang yang digadaikan. Untuk kendaraan bermotor dan peralatan elektronik sekitar 50%–60% dari harga pasar. Sementara, logam mulia mencapai 85% dari harga jual di pasaran.

Setidaknya ada dua target pasar yang dibidik oleh Pinjam. Pertama, masyarakat kelas ekonomi menengah yang melek teknologi, tapi sungkan untuk menggunakan jasa pegadaian konvensional. “Kami memfasilitasi dengan teknologi karena Pinjam mengeliminasi komunikasi tatap muka,” tuturnya.

Target kedua ialah masyarakat kelas ekonomi bawah. Makanya, Pinjam lebih fleksibel dibandingkan tempat pegadaian lain karena menawarkan bunga pinjaman per minggu, bahkan Teguh berencana menawarkan bunga pinjaman per hari.

Namun, tentu saja Pinjam punya tantangan sendiri untuk mengedukasi target pasar yang kedua ini. Teguh bilang, ia dan timnya tak ragu untuk terjun ke pasar bertemu pedagang dan menawarkan jasa Pinjam. “Sebetulnya, masyarakat kita potensial, tapi harus ada yang mengedukasi,” ucap Teguh.


Teknologi finansial

Anda tertarik menggeluti usaha startup jasa gadai online layaknya Pinjam? Teguh menuturkan, Pinjam hadir bukan sebagai ancaman untuk industri gadai di Indonesia. “Pinjam merupakan alternatif untuk masyarakat yang butuh hipotek yang lebih fleksibel, terutama dari segi waktu,” ujarnya.

Lulusan Universitas Airlangga ini malah berharap pemain di bisnis yang sama juga bisa bergabung menggunakan platform Pinjam untuk memajukan industri gadai online. Dus, customer punya solusi gadai online dengan layanan yang lengkap.

Teguh bilang, setelah mendapat ide untuk mengembangkan teknologi finansial, ia mulai mengembangkan platform Pinjam sejak awal tahun. Teguh dan Romeo merekrut tenaga programmer, developer platform, dan juru taksir.

Karena bertujuan untuk memudahkan konsumen, sebaiknya tampilan online juga dibuat sederhana. Jadi, harus memahami konsumen, misalnya, pedagang yang sibuk, meski tak meninggalkan toko, jangan sampai waktu mereka tersita terlalu banyak. Di Pinjam, prosedur gadai ini bisa selesai dalam 1 jam – 2 jam.

Meski online, Anda juga harus menyiapkan prototype gerai sebagai tempat konsumen mengirimkan barang yang digadaikan. “Gerai itu juga berguna sebagai brankas atau inventori Pinjam,” kata dia.

Supaya bisa menjangkau konsumen lebih luas, Anda juga harus berpikir untuk mendirikan gerai-gerai di beberapa tempat. Oh ya, untuk menjamin keamanan barang, Anda juga harus bekerjasama dengan asuransi.

 

BERITA TERKAIT

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…