Peluang Bisnis Kebugaran - Badan Bugar Kantong Ikut Tebal

Tingkat daya beli masyarakat urban yang tinggi menggairahkan sejumlah bisnis yang berkaitan dengan gaya hidup dan kesehatan. Apalagi, di kota metropolitan semacam Jakarta, banyak warganya yang makin peduli dengan kebugaran tubuh. Tak heran, bisnis seputar olah tubuh ini berkembang baik.

Tengok saja, pusat-pusat kebugaran kian menjamur. Bukan saja pemain besar yang gencar menambah cabang baru, pelaku bisnis individu juga banyak yang menerjuni bisnis ini. Salah satunya adalah Gita Sjahrir yang membuka Ride, studio indoor cycling (sepeda statis) di bilangan Sudirman Central Business District (SCBD), pertengahan April lalu. “Selain badan menjadi bugar, bisnis ini menjanjikan apalagi dikota-kota besar,” katanya.

Perempuan berpenampilan energik ini melihat peluang membuka kelas indoor cycling karena belum ada pemain yang menawarkan konsep seperti Ride di Jakarta. “Padahal, di kota-kota besar luar negeri, tren indoor cycling seperti Ride cukup berkembang,” cetus Gita.

Gita memang mengadopsi konsep studionya dari pusat kebugaran serupa di luar negeri. Dia yang beberapa tahun tinggal di New York, Amerika Serikat, gemar melakoni aktivitas indoor cycling untuk mengusir stres akibat kesibukan kerja. “Waktu itu, saya addicted banget. Dari yang sekali-kali, jadi tujuh kali seminggu,” ujar perempuan 33 tahun ini.

Berbeda dengan gym yang memiliki indoor cycling sebagai salah satu fasilitas, Ride hanya mengkhususkan diri pada olahraga sepeda statis ini. Bukan cuma itu, Gita mengemas konsep khusus, yakni suasana studio layaknya pub. Jadi, selama kelas berlangsung, akan diiringi musik hip hop plus gemerlap lampu disko. “Jadi, peserta kelas tak akan merasa bahwa dirinya melakukan olah raga berat, biar lebih loss saja,” seru dia.

Tak hanya itu, Gita bilang, ritme kayuhan dan musik yang diputar berbeda tiap hari. “Jadi, play list hari ini nggak bakal sama dengan besok. Tubuh ditantang tiap hari untuk melakukan sesuatu yang berbeda,” kata Gita. Ritme dan irama kayuhan sepeda bisa cepat, lambat, sangat cepat, dan lainnya.

Meski baru dua bulan beroperasi, Gita sudah merasakan respons masyarakat yang cukup baik. Dari orang yang awalnya coba-coba hingga pengunjung yang jadi ketagihan seperti dirinya saat mengenal indoor cycling dengan konsep ini.

Gita pun melihat ada dua tipe pengunjung butik studionya.  Pertama, konsumen yang memang sudah pernah melakukan aktivitas ini saat mereka sekolah atau bekerja di luar negeri. Kedua, orang yang memang baru mencoba. “Bisanya tipe yang kedua ini adalah mereka yang lebih teredukasi dan tercerahkan tentang kesehatan atau memang senang ikuti tren baru,” jelas Gita.

Studio Ride sanggup menampung 32 peserta. Total ada 9 kelas per minggu yang diselenggarakan dalam enam hari. Ada beberapa pilihan kelas berdurasi singkat namun tepat sasaran, yakni Ride Signature Class berdurasi 30 menit dan Ride Classic Class dengan durasi 45 menit. Biaya untuk mengikuti kelas ini Rp 220.000 per sesi. Namun, selama soft opening, Gita mematok Rp 175.000 per sesi.

Meski enggan menyebut jumlah kunjungan, sejauh ini, Gita melihat tingkat okupansi Ride cukup bagus. “Sudah mulai ada beberapa kelas yang okupansinya 100%,” ujarnya. Yang jelas, jalannya roda usaha ini masih sesuai dengan rencana bisnis.

Gita menambahkan, industri kebugaran ini cukup berkembang pesat di Indonesia. Dia yang sebelumnya bekerja sebagai konsultan bisnis di New York, melihat peluang masih terbuka lebar di negara berkembang seiring belanja konsumen  yang selalu meningkat dan sensitif terhadap harga. “Ini adalah pasar yang bagus. Apalagi, mereka selalu ada ketertarikan terhadap lifestyle,” jelas dia.

 

 

BERITA TERKAIT

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…