Faktor-faktor Pendorong Perusahaan Melaksanakan CSR

NERACA. Sudah sejatinya bagi perusahaan untuk melakukan kegiatan tanggung jawab sosialnya dengan kegiatan kemanusiaan. Kegiatan tersebut contohnya dapat dilakukan di bidang pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, pemberdayaan bagi masyarakat dan masih banyak lagi aspek atau bidang yang sekiranya dapat dijadikan sasaran untuk melakukan kegiatan CSR (Corporate Sosial Responsibility). Hal ini dilakukan demi memenuhi tanggung jawab sosial yang telah diamanatkan bagi perusahaan-perusahaan sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun, alangkah baiknya jika kegiatan tersebut tidak hanya berjalan satu kali dan demi untuk agar di publisitaskan saja.

Pada dasarnya, CSR adalah discretionary. Dalam bahasa yang sederhana, kita dapat katakan bahwa perusahaan butuh ber-CSR. Hal itu karena pada dasarnya, perusahaan adalah bagian dari bangunan sosial yang utuh, juga bagian dari lingkungan hidup di sekitarnya. Oleh karena itu, setiap tindak-tanduk dari orang-orang di dalam perusahaan tersebut dapat memiliki dampak bagi keberlangsungan kehidupan sosial di sekitarnya. Di sisi lain, perusahaan pun memerlukan penerimaan dari publik.

Hal ini, mutlak merupakan sebuah harta tak ternilai bagi organisasi atau perusahaan. Program CSR yang didasari dengan ketulusan, dapat menyejukkan potensi konflik yang demikian. Sehingga, diundangkan atau tidak, perusahaan membutuhkan CSR.

Dalam menentukan kegiatan CSR, sekiranya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Menurut Jalal, dari Lingkar Studi CSR/A Indonesia, faktor tersebut secara umum dibedakan menjadi faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal terutama berkaitan dengan kritik organisasi masyarakat sipil terhadap kinerja sosial dan lingkungan perusahaan. Sejarah hubungan antara perusahaan dan masyarakat mencatat banyak peristiwa tragis yang disebabkan operasi perusahaan. Organisasi masyarakat sipil memprotes kinerja yang buruk, yang kemudian ditanggapi oleh perusahaan. Tanggapan defensif serta kamuflase hijau memperumit masalah, sedang yang positif menghasilkan perkembangan CSR.

Institusi pembiayaan yang kian kritis menanamkan investasi memperkuat kecenderungan CSR. Demikian pula konsumen yang juga bersedia membayar untuk produk-produk tertentu yang dihasilkan perusahaan berkinerja sosial dan lingkungan baik. Terakhir, pasar tenaga kerja yang menunjukkan adanya pergeseran pilihan dengan mempertimbangkan reputasi perusahaan.

Gabungan faktor-faktor eksternal itu membuat perusahaan yang menjalankan CSR dengan sungguh-sungguh lebih berkemungkinan bertahan di tengah kompetitifnya iklim dunia usaha.

Faktor internal, misalnya, kepemimpinan puncak manajemen perusahaan yang melihat CSR merupakan sumber peluang memperoleh keunggulan kompetitif (responsibility is opportunity). Cukup banyak pengamat yang berpendapat bahwa faktor internal sebagai pendorong CSR semakin kuat berperan di masa datang.

BERITA TERKAIT

Optimalkan Penggunaan Dana CSR - Peran BUMN dan Swasta Gotong Royong Tangkal Covid-19

Musibah penyebaran virus corona atau Covid-19 telah memberikan kekhawatiran bagi masyarakat. Bahkan dampak dari penyebaran virus tersebut, tidak hanya memberikan…

Berperan Melawan Misinformasi - Whatsapp Beri Pelatihan Literasi Digital Perempuan

Di era digital saat ini, segala sesuatunya bisa dilakukan dengan mudah, efisen dan cepat. Begitu juga dengan informasi, dalam hitungan…

Bantu Kesejahteraan Para Santri - Garuda Salurkan CSR Sektor Keagamaan di Aceh Jaya

Kehadiran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam operasional bisnisnya tidak hanya sekedar mencari untung, tetapi juga mampu memberikan pemberdayaan kepada…

BERITA LAINNYA DI CSR

Dukung Gaya Hidup Sehat - SCG Fasilitasi Pipa Air Bersih Bagi Warga Sukabumi

Pandemik Covid-19 tengah menjadi sorotan di seluruh penjuru dunia, pemerintah Indonesia telah menginstruksikan agar seluruh masyarakat mendukung upaya pencegahan sebaran…

Perangi COVID-19 - BCA Donasikan Alat Medis ke Sejumlah Rumah Sakit

Komitmen BCA untuk turut memerangi penyebaran COVID-19 terus digalakkan. Setelah memberikan bantuan berupa donasi alat medis kesehatan yang bekerjasama dengan…

Dukung Tenaga Medis Indonesia - Sharp Indonesia Donasikan Masker N-95

Sejak pertengahan bulan Februari sampai dengan saat ini, Indonesia semakin dibayangi oleh wabah virus COVID-19 atau yang biasa disebut virus…