PPDB 2015 Kota Depok - Disdik Siapkan Peluang SMK Dirgantara


NERACA
Depok - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2015/2016, menyiapkan upaya untuk membuka Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Dirgantara. Hal ini merupakan potensi Peluang sangat potensial bagi siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Demikian rangkuman keterangan yang diperoleh Neraca dari berbagai sumber akhir pekan kemarin.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Herry Pansila MSc, SMK Dirgantara saat ini masih minim keberadaannya. Sedangkan pangsa pasar kerja setiap tahun semakin besar peluang kesempatan kerjanya."Apalagi kemajuan industri Jasa Transportasi Penerbangan atau kedirgantaraan, juga semakin pesat perkembangannya diminati oleh investor dalam dan luar negeri dalam penanaman modalnya di Indonesia," ujar dia.

Oleh sebab itulah, lanjut dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berupaya untuk mewujudkan berdiri dan beroperasionalnya SMK Dirgantara Depok. Kemudian upaya ini telah dirintis berbagai sarana teknisnya oleh bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) Disdik Kota Depok dan kordinasi dengan Kemendiknas RI."Jangan sampai para lulusan SMK kita hanya jadi penonton kemajuan Industri Jasa Penerbangan yang dikelola tenaga kerja asing, karena tidak tersedianya lulusan SMK yang memadai sesuai kebutuhan untuk memasuki pasar kerja ini," kata Herry.

Herry menjelaskan, jurusan yang akan disiapkan, lebih difokuskan pada tenaga skill atau keahlian dan bidang teknik dan elektro khusus teknologi penerbangan."Sehingga nantinya saat pasar bebas dunia dalam era globalisasi, tenaga kerja kita mampu dan berkualitas jadi tuan rumah di negara kita sendiri. Bukan jadi penonton tenaga kerja asing," ujar Kadis Pendidikan Kota Depok ini bersemangat dan mohon doa kelancarannya demi kemajuan warga Depok ke depan.

Sementara mengenai tata cara penerimaan siswa baru, Herry juga menjelaskan, bahwa berdasarkan keputusan Pemkot Depok, telah dibuat aturan & prosedur PPDB untuk tahun ini, dengan tujuan agar lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

Dalam ketentuan yang telah ditransparansikan melalui media Online Pemkot Depok (depok.go.id); diataranya adalah Ijazah adalah surat dokumen resmi dan sah yang menyatakan bahwa seorang peserta didik telah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan, dan diberikan setelah dinyatakan lulus ujian dari satuan pendidikan.

Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah yang selanjutnya disebut SKHUS adalah hasil kegiatan US yang dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya. Dan, Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang selanjutnya disebut SKHUN adalah hasil kegiatan UN yang dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.

Sedangkan Jurnal adalah sistem seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan menggunakan nilai UN dan prestasi; Daya tampung adalah kapasitas yang tersedia pada suatu tingkat satuan pendidikan untuk diisi oleh calon peserta didik baru.

Sedangkan Calon peserta didik luar Kota Depok adalah calon peserta didik yang tidak terdaftar sebagai penduduk Kota Depok;

Bagi yang mau mengikuti PPDB, persyaratan pesertanya adalah bagi calon peserta didik TK, SD maka diperlukan foto copy Akte Kelahiran / Surat Keterangan Lahir, foto copy KK dan KTP Orang Tua.

Sedangkan bagi calon Peserta Didik SMP, SMA dan SMK, maka diperlukan SKHUN/SKHUS/M asli dan foto copy yang telah dilegalisir Kepala sekolah asal, foto copy KK dan KTP Orang Tua.

Kemudian tata cara pelaksanaannya, dimana untuk TK dan SD adalah pendaftaran Calon Peserta Dididk Baru TK dan SD dilaksanakan secara Off Line Pada tanggal 6 s.d. 8 Juli 2015,pukul 08.00 s.d.14.00 WIB dengan mengisi Formulir dan menyerahkan persyaratan ke Satuan Pendidikan tujuan.

Sedangkan untuk SMP, SMA dan SMK, dimana pendaftaran dilakukan secara online dengan mengisi format yang telah disediakan di web : depok.siap-ppdb.com.

Bagi calon peserta didik baru yang lulus Tahun 2013, 2014 melakukan prapendaftaran di satuan pendidikan tujuan pada tanggal 22 s.d. 26 Juni 2015, pukul 08.00 s.d.14.00 WIB.

Bagi calon peserta didik baru luar Kota Depok, yang lulus Tahun 2013 dan 2014 dapat melakukan prapendaftaran di satuan pendidikan tujuan pada tanggal 22 s.d. 26 Juni 2015, pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB.

Untuk Pendaftaran Calon Peserta Dididk Baru SMP dan SMA. dilaksanakan secara On Line melalui 3 (tiga) tahapan, yaitu:Tahapan Lintas Zon. (Tahapan ke 1) : Tahapan Lintas Zona dilaksanakan Pada tanggal 2 s.d. 3 Juli 2015,pukul 00.00 s.d. 24.00 WIB dengan mengisi format yang telah disediakan di web : depok.siap-ppdb.com, Calon Peserta Didik yang mengikuti pendaftaran online pada Tahapan Lintas Zona hanya boleh memilih dua (2) Satuan Pendidikan yang berada di kawasan bukan Zona Tempat Tinggal (Sesuai KK),

Calon Peserta Didik yang sudah tidak diterima pada pilihan ke-1 dan ke-2 pada Tahapan Dalam Zona, dapat melakukan pemilihan satuan pendidikan tujuan lain selama waktu pendaftaran belum ditutup, Calon Peserta didik yang sudah diterima pada Tahapan Lintas Zona tidak bisa melakukan pendaftaran pada Tahapan Dalam Zona, Tahapan Dalam Zon (Tahapan ke 2): Tahapan Dalam Zona dilaksanakan Pada tanggal 6 s.d. 8 Juli 2015, pukul 00.00 s.d. 24.00 WIB dengan mengisi format yang telah disediakan di web: depok.siap-ppdb.com, 

Untuk Pendaftaran ke SMK dilaksanakan Pada tanggal 6 s.d. 8 Juli 2015,pukul 00.00 s.d. 24.00 WIB dengan mengisi format yang telah disediakan di web : depok.siap-ppdb.com. Calon peserta didik baru tujuan SMK dapat memilih program keahlian di satuan pendidikan tujuan dan tidak berlaku kawasan.

Calon peserta didik baru tujuan SMK dapat memilih program keahlian di satuan pendidikan tujuan paling banyak dua (2) pilihan, dan apabila sudah tidak diterima maka dapat melakukan pilihan program keahlian lain, selama waktu pendaftaran belum ditutup.

Apabila Satuan Pendidikan SMP ,  SMA, SMK masih ada kuota daya tampung pada satuan pendidikan yang belum terisi, maka akan dibuka pendaftaran Peserta Didik Baru Reguler Online Tahapan ke 3 (tiga) pada tanggal 11 Juli 2015, Pukul 08.00-12.00 WIB. Dasmir

 

 

BERITA TERKAIT

Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan

NERACA Jakarta – Tidak sedikit masyarakat kita yang masih kebingungan mendapatkan modal usaha. Mereka pernah mendengar ada pinjol, KUR, berbagai…

Studi Populix: Ritel Offline dan Online Akomodasi Preferensi Belanja Konsumen Indonesia yang Beragam

NERACA Jakarta - Berbelanja sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia yang tak terpisahkan dalam keseharian. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, sektor perdagangan…

BAZNAS Bersama TNI AU Berhasil Terjunkan Bantuan untuk Palestina dari Udara

NERACA Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil menerjunkan bantuan kemanusiaan untuk…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Daerah

Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan

NERACA Jakarta – Tidak sedikit masyarakat kita yang masih kebingungan mendapatkan modal usaha. Mereka pernah mendengar ada pinjol, KUR, berbagai…

Studi Populix: Ritel Offline dan Online Akomodasi Preferensi Belanja Konsumen Indonesia yang Beragam

NERACA Jakarta - Berbelanja sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia yang tak terpisahkan dalam keseharian. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, sektor perdagangan…

BAZNAS Bersama TNI AU Berhasil Terjunkan Bantuan untuk Palestina dari Udara

NERACA Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil menerjunkan bantuan kemanusiaan untuk…