Kian Menarik - Imutnya Bisnis Spa Bayi

Jasa terapi pijat kini tidak lagi didominasi oleh konsumen orang dewasa atau orang tua. Pangsa pasar bayi dan anak-anak pun disasar oleh pelaku usaha dengan menawarkan jasa spa dan pijat bayi. Usaha spa bayi ini mulai bermunculan beberapa tahun silam dan hingga kini masih terus berkembang.

Tengok saja, spa bayi Bubble N Me besutan Fifi Lim, tahun 2010 silam, spa ini hanya menawarkan satu paket investasi saja sebesar Rp 250 juta. Seiring berjalannya waktu, paket investasinya kini makin beragam yakni senilai Rp 185 juta, Rp 300 juta dan Rp 400 juta. “Bisnis ini kian menarik, makanya kami bikin penawaran kerjasama yang lebih variatif, sehingga menjadi lebih menarik,” kata Fif pemilik spa bayi Bubble N Me.

Fasilitas untuk paket termurah berupa pelatihan bagi empat terapis, bak kaca, bath tub, meja kasir, changing table, sistem komputer terintegrasi dengan pusat. Biaya tersebut di luar biaya sewa tempat dan juga renovasi ruangan.

Sedangkan paket Rp 300 dan Rp 400 juta akan dapat renovasi ruangan, serta perlengkapan usaha yang lebih lengkap dari paket pertama. Tempat usaha disarankan minimal seluas 75 meter persegi (m²).

Saat ini Bubble N Me telah memiliki 13 gerai, yang terdiri dari empat gerai milik pusat dan sembilan gerai milik mitra yang tersebar di Jakarta, Depok, Bali, Aceh, Bandung, dan lainnya.

Fifi menjelaskan, Bubble N Me adalah spa bayi dan anak yang melayani kebutuhan seperti pijat, facial, perawatan kuku dan tangan, salon anak, spa dan lainnya. Jasa ini dapat diterapkan pada anak usia sampai 12 tahun.

Kerjasama usaha berlangsung selama lima tahun. Jika kontrak sudah habis maka perpanjangan untuk lima tahun berikutnya sebesar Rp 30 juta. Tiap bulan, pusat mengutip biaya royalti sebesar 10% dari omzet. "Mitra juga wajib membeli perlengkapan dan peralatan untuk spa bayi dari pusat,” ucapnya.

Harga jasa berkisar Rp 80.000 sampai Rp 100.000 per perawatan. Rata-rata tiap gerai bisa melayani 10 bayi sampai 30 bayi per hari. Dihitung-hitung, mitra bisa meraup omzet sekitar Rp 90 juta per bulan.

Dengan laba bersih sekitar 20% per bulan, mitra diperkirakan bisa balik modal sekitar 20 bulan. Jika berminat, cermati tawarannya terlebih dahulu.

Langkah Memulai Bisnis

Salah satu bisnis yang memiliki tingkat kompetisi yang masih kecil adalah jasa spa bayi. Usaha baby massage & spa banyak tumbuh di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya, dan Denpasar. Hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup modern dan tingkat kesibukan penduduknya yang cukup tinggi, sehingga banyak keluarga yang memilih jasa baby massage and spa untuk memberikan perawatan badan bagi buah hatinya. Balita yang dibawa ke jasa pijat bayi akan memperoleh berbagai manfaat, antara lain: merelaksasi ketegangan otot, melancarkan peredaran darah, membantu agar bayi bisa tidur nyenyak, melatih kemampuan sensor motorik bayi, membiasakan bayi mudah bersosialisasi, serta mempererat hubungan bayi dan orang tua, terutama sang ibu. 

Untuk membangun sebuah usaha jasa pijat dan spa bayi memang memerlukan modal yang lumayan besar. Diperlukan lahan dan ruangan yang cukup luas guna meletakan ranjang-ranjang bayi, membangun kolam kecil atau kolam renang buatan, ruang tunggu, dan juga termasuk ruang area bermain bayi. Selain tempat usaha yang luasnya memadai, pembangunan bisnis ini juga memerlukan permak asesoris yang bertema anak-anak dengan biaya yang tidak sedikit, misalnya wallpaper cartoon, kid toys, pelampung bayi (neckring) dan perlengkapan balita lainnya.

Bahan utama dalam usaha baby massage & spa adalah berbagai jenis lotion dan minyak untuk memijat, facial sekaligus juga merawat kulit bayi. Disarankan untuk memilih bahan yang alami dan cocok untuk semua jenis kulit bayi, seperti olive oil dan minyak grape seed. Dalam menjalankan usaha ini, tidak bisa dilakukan sendiri, diperlukan minimal dua asisten / pekerja yang telah mempunyai keterampilan perawatan bayi atau yang sudah pernah mengikuti kursus baby massage & spa. Di beberapa tempat usaha baby massage & spa, telah memiliki karyawan terlatih hingga lebih dari 15 pekerja. Dalam pelaksanaannya, usaha ini wajib dilengkapi dengan surat izin usaha yang diperoleh melalui dinas perizinan di tingkat kabupaten/kota.

Begitu banyaknya hal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis ini, maka tak heran bila modal awal yang diperlukan di atas 80 juta rupiah. Namun, menurut pengalaman beberapa pengusaha Baby Care & Spa yang berdiri di kota-kota besar, keuntungan yang mereka peroleh tidaklah sedikit, di atas sepuluh juta rupiah tiap bulannya. Sehingga, kurang dari dua tahun mereka telah mampu balik modal.

Kesuksesan dari usaha ini tidak terlepas dari 3 hal penting, yaitu kenyaman tempat usaha yang membuat bayi dan orang yang mengantar si bayi menjadi tenang, profesionalitas para karyawan yang menjamin kualitas kinerjanya, serta paket-paket jasa yang menarik dengan harga yang bersaing. Ada beberapa paket body massage&spa yang biasanya ditawarkan untuk si buah hati, antara lain: Aquaswim for Baby, Baby Massage, Baby Gym, Menicute and Pediicute Baby, Natural Masker for Kids, dan lainnya. Sasaran utama pelanggan jasa ini lebih ditujukan bagi kelompok ekonomi menengah ke atas, dengan tarif mulai dari 30ribu hingga di atas 200ribu rupiah.

BERITA TERKAIT

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…