Festival Situ Jangari II Tingkatkan Kehidupan Ekonomi Lokal

“Ngalokat Cai Sangkan Suci” digelar puluhan seniman Cianjur dan beberapa seniman lainnya di Jabar pada Festival Situ Jangari II yang dilangsungkan di kawasan wisata Danau Jangari-Cianjur. Festival digelar atas gagas Sanggar Perceka-Cianjur yang dimeriahkan pelbagai kesenian. Wakil Bupati Cianjur H Suranto berharap, melalui festival itu, mampu mengangkat nama Cianjur khususnya dan Jabar, di dunia pariwisata internasional.

Digambar dalam festival itu, tradisi dan kerarifan local daerah sekitar danau buatan, sebagai arti symbol penghargaan berupa sajian ritual kepada air, yang telah memberikan anugrah dari Yang Maha Kuasa.

Sedang Wakil Gubernur Jabar, Dede Yusuf yang berkenan hadir dalam festival itu a.l mengungkapkan, pemerintahan Prov. Jabar sebagai pusat pemerintahan tanah Priangan, melalui dinas pariwisatanya, menyadari betul ragam potensi wisata. “Kendati Situ Jangari ini danau buatan, namun cukup luas, sehingga bisa bermanfaat untuk berbagai keperlua,” kata Wagub..

Melalui Festival Situ Jangari II tahun 2011, tambah dia, kita wajib bersyukur karena alam ini begitu akrab dengan warga masyarakat Jangari karena dapat mengangkat kehidupan ekonomi sosial.

Related posts