Yamaha Free Your Soul

Sabtu, 01/10/2011

NERACA - Banyak musisi kondang Indonesia lahir dari kompetisi nasional Yamaha Musik dan mendapatkan pengalaman tampil di ajang musik Yamaha di tingkat Asia. Tahun ini Free Your Soul menjadi jembatan emas meniti karir sebagai pemusik ternama.

Untuk pertama kalinya di tahun ini Yamaha Motor bekerjasama dengan Yamaha Musik menggelar Free Your Soul yang di dalamnya terdapat high school band competition. Event ini digelar di Yogyakarta, Jakarta dan finalnya di Bandung. Lewat kompetisi itu jawaranya akan dikirim ke Asian Beat Band Competition di Korea Selatan pada 14 November.

Di tahun-tahun sebelumnya ajang musik nasional antar band yang dibuka untuk umum dan ditangani sendiri Yamaha Musik, melahirkan musisi-musisi papan atas Indonesia seperti Yovie Widianto, Fariz RM, Trie Utami, Ruth Sahanaya, Budjana dan Charlie ST12. Bersama band-band mereka dahulu misalnya Krakatau (Ruth Sahanaya dan Trie Utami), Kahitna (Yovie Widianto) dan Squirrel (Budjana), mereka menjuarai kompetisi antar band musik Yamaha di tingkat nasional. Lalu dikirim ke tingkat Asia yang sekarang dikenal sebagai Asian Beat Band Competition. Krakatau dan Kahitna pernah jadi jawara di tingkat Asia.

“Sebelumnya peserta terbuka untuk umum tapi tahun ini kami bekerjasama dengan Yamaha Motor khusus untuk band-band sekolah. Banyak musisi kondang Indonesia yang lahir dari ajang musik Yamaha, jadi Free Your Soul menjadi event bagus untuk meniti karir sebagai musisi profesional,” papar Barliansyah, Public Relation Yamaha Musik Indonesia. Barliansyah memaparkan, penilaian peserta band berdasarkan originalitas lagu yang dibawakan (lagu buatan sendiri), penampilan, skill serta sound balance dan band control.

Siapa juaranya akan terjawab pada final di Bandung, 2 Oktober nanti. Di Yogyakarta dan Jakarta, high school band competition berlangsung meriah. Komunitas-komunitas indie meramaikan event ini yang sesuai dengan jiwa mereka karena baik musik, desain clothing, komik dan poster secara umum menggambarkan tentang indie.

Vokalis sekaligus rapper Fade2Black, yang tampil sebagai bintang tamu utama Free Your Soul di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (25 September), menyambut positif kreatifitas event Yamaha ini. “Free Your Soul merupakan event positif sebagai wadah ekspresi anak-anak muda. Yamaha sudah membantu mendukung event ini khususnya anak-anak muda untuk berekspresi. Bagi saya sendiri sebagai pemusik melihat Free Your Soul bermakna sebagai hak kebebasan setiap insan untuk bersikap. Lebih lengkapnya, free your mind and free your soul. Musik adalah satu elemen dalam kebebasan itu. Jalur indie adalah pilihan buat lebih merasakan arusnya,” papar Tito.

Extreme Motor ShowFree Your Soul di Jakarta menghadirkan banyak aktivitas yang berpatokan pada tema indie clothing, indie comic, indie poster dan indie music. Dalam indie clothing misalnya terdapat 12 branded clothing exhibition, 12 band endorse clothing competition, 12 display booth competition dan diskon penjualan. Salah satu distro-yang meramaikan Free Your Soul membawa mesin produksi sendiri, sehingga para pengunjung bisa langsung memesan baju dengan desain sesuai keinginan.

Indie Comic pun tak kalah serunya karena menyuguhkan comic strip competition, penjualan komik original unik, comic park dan paper toys. Termasuk di dalam indie poster disajikan art poster competition dan poster exhbition. Sedangkan dalam indie music utamanya menggelar high school band competition serta band-band perkusi dan hip hop indie juga dirangkul untuk mengisi event ini.

Di luar tema utama event Free Your Soul, sejumlah event pendukung juga digelar seperti fingerboard competition rrush wood, BMX show, kompetisi graffity, action figure showcase, body painting, kompetisi fotografi, modern dance dan stunt rider.