Murah Belum tentu Menguntungkan

Investasi Bisnis Franchise :

Sabtu, 01/10/2011

NERACA. Murah investasi saat memilih sebuah franchise, mungkin menjadi dasar pertimbangan Anda untuk memulai sebuah bisnis franchise. Karena tak jarang para pebisnis menilai, bila bisnis franchise sangat mahal dan memerlukan investasi yang cukup besar, padahal tak sedikit bisnis franchise yang justru tidak terlalu mahal.

Walaupun bisnis franchise mempunyai resiko kegagalan yang lebih kecil diantara bisnis yang lainnya, tapi semua tergantung pada keseriusan Anda untuk mengelola bisnis. Pasalnya banyak bisnis franchise dengan investasi murah dan cepat kembali modal, namun Anda perlu ekstra hati-hati.

Ada beberapa bisnis franchiseyang harus Anda hindari dalam berinvestasi. Seperti franchise murah umumnya hanya menjual satu produk. Contoh bila Anda membeli franchise menjual burger atau roti saja, tapi tidak menjual produk pendukung lainnya, atau pelengkap bisnis seperti minumannya atau makanan pendukung lain. Laluberapa lama produk tersebut bertahan untuk dijual pada pelanggan.

Bila investasi franchise murah tapi banyak membutuhkan SDM atau tenaga kerja, ini jelas akan merepotkan Anda.Berapa besar biaya yang akan Anda keluarkan untuk membayar gaji karyawan? Maka pilihlah franchise yang meminimalkan biaya produksi dan factor kesalahan manusia ( human error). So sistem dengan tenaga kerja lebih sedikit akan lebih efektif.

Ada juga franchise terbilang murah tapi dukungan franchisor (pemberi franchise) sangat terbatas. Meski bisnis franchise lebih menekankan kemandirian tapi dukungan franchisor sangat diperlukan terutama dalam supply bahan baku, sisi promosi, pelatihan tenaga kerja, dan lainnya. Atau franchisor segan me-monitoring bisnisnya, seperti dibiarkan saja antara hidup dan mati.

Murahnya usaha franchise dapat juga dikarenakan penjualan produk franchise tersebut sedang menurun dalam arti sedang mengalami masa sulit. Nah jika kita membeli usaha franchise seperti ini, meskipun investasi yang dikeluarkan sangat murah, lalu apa yang dapat Anda lakukan dnegan produk yang sedang menurun peminatnya.

Bisnis franchiseyang murah dapat pula terjadi akibat sedang tersandung persoalan hukum. Karena bisnis franchise didasari dengan kesepakatan kedua pihak antara franchise dan franchisor, patut menjadi pertimbangan Anda.

Untuk memudahkan Anda memilih jenis franchise yang akan Anda geluti, ada baiknya Anda melibatkan sebuah konsultan franchise. Karena bisnis franchise tidak hanya menjual merk atau brand tapi juga menjual seluruh bisnisnya. Pada saat ini, usaha franchise murah bak jamur dimusim hujan. Mulai dari franchise makanan sampai jasa bimbingan belajar, atau dari sekadar perawatan kuku hingga perawatan binatang dan sebagainya.

Namun yang patut kita ketahui, adalah membangun bisnis franchise yang sukses umumnya dilakukan oleh kalangan pengusaha franchise yang mengawalinya dari sekadar hobby atau sesuatu yang diminatinya. Semisal karena dia hobby memasak lalu membuka rumah makan, yang lambat laun berkembang dan menjadi bisnis franchise yang meluas. Perlu Anda ketahui, sesuatu pekerjaan yang dilandasi karena hobby atau minat mempunyai tingkat stress dan kesulitan yang lebih sedikit.

Bisnis franchise murah merupakan bisnis yang mempunyai visi dan misi yang jelas dan panjang. Karena itu sebelum memulai berbisnis franchise, tentunya Anda mempunyai visi atau pandangan ke depan, bagaimana bisnis franchise dimasa mendatang. Apa bisnis Anda kelak menjadi contoh bagi rekan Anda. Dalam arti sesungguhnya, bisnis franchise adalah duplikasi bisnis yang telah sukses, ini dibuktikan dari lamanya bisnis yang dijalankan dan besarnya keuntungan yang didapatkan.