Keuntungan Membeli Franchise

Sabtu, 01/10/2011

NERACA. Beberapa kajian bahkan telah menunjukkan, keberhasilan franchise mencapai 90% dibandingkan keberhasilan model bisnis lainnya hanya 15%. Karena secara sistem, franchise telah teruji bekerja sangat baik di masa lalu dan akan bekerja baik untuk franchisee lainnya.

Kedua pentingnya sebuah model bisnis yang telah terbukti. Semua franchise memiliki model bisnis yang didisain untuk menghasilkan produktifitas dan penjualan yang tinggi. Ketiga franchise lebih mudah mendapatkan akses pembiayaan. Pemberi pinjaman lebih percaya diri untuk memberi pembiayaan kepada franchise ketimbang model bisnis lainnya, karena franchise telah memiliki sebuah bukti dari kesuksesan.

Keempat, franchisor (pemberi hak waralaba) memberikan dukungan dan marketing. Nah hal terindah dari memiliki usaha franchise adalah Anda berbisnis untuk diri sendiri, tetapi Anda tidak menjalankan bisnis sendiri.

Kelima. Membeli sebuah brand (merk) yang kuat atau membeli franchise sejatinya adalah membeli merk, logo dan hak kekayaan intelektual lainnya dari franchisor. Ini menjadi alat marketing jitu jika Anda membeli franchise dengan merk yang telah dikenal dan terpercaya.

Keenam. Batas wilayah eksklusif. Franchisor hanya membolehkan sejumlah franchise dalam satu wilayah geografik tertentu. Maka Anda hanya perlu tentukan lokasi yang cukup baik, dan menariknya Anda akan terlindungi karena dalam area tersebut tidak boleh ada franchisee selain milik Anda.

Ketujuh, tumbuhnya persaudaraan antara franchise. Ini adalah satu keuntungan yang sangat besar, karena franchise dapat saling berbagi ide dan memberikan dukungan diantara mereka untuk mengurangi kesalahan dalam menjalankan bisnis sebagai franchisee.

Kedelapan. Franchisor memberikan bantuan real estate dan konstruksi.

Kelak franchisor akan membantu memilih lokasi yang tepat bagi franchisee, karena franchisor memiliki pengalaman yang baik dibisnis sebelumnya. Sembilan, sebagai franchise, Anda dibekali program pelatihan. Kemampuan ini sangatlah penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis.

Dan kesepuluh, sebagai franchise Anda memiliki fleksibilitas untuk bangun pagi dan memilih pekerjaan yang hendak Anda kerjakan. Menjadi franchise akan memberikan Anda banyak kebebasan dan fleksibilitas dalam memilih pekerjaan apa yang Anda pilih.