Citibank Jahit 10.000 Kancing Seragam Anak Indonesia

Masalah pendidikan sekarang bukan mutlak menjadi perdebatan antara pendidik dan pemerintah. Keterlibatan pihak swasta dan masyarakat dalam merajut asa memajukan pendidikan Indonesia dengan memecahkan persoalan-persoalan pendidikan patut untuk diapresiasi oleh semua pihak yang peduli kepada dunia pendidikan dan anak-anak.

NERACA

Lebih dari 1.700 karyawan Citi Indonesia memasang kancing di 10.000 seragam untuk anak Indonesia, dalam acara ‘Citi Global Community Day 2015: Button Up!’. Citi Global Community Day tahun ini, untuk pertama kalinya dilaksanakan serentak di 6 kota di Indonesia, yakni Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar, Medan dan Jakarta.

Kegiatan Button Up! diadakan pada hari Minggu, 7 Juni 2015 dari pukul 07.00-10.00 WIB, dan berhasil memecahkan Rekor Dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai “Pemasangan Kancing Seragam Sekolah Secara Serentak di Lokasi dan Jumlah Terbanyak”.

Citi Global Community Day (GCD) merupakan kegiatan tahunan yang diadakan Citi sebagai bentuk komitmen dan kepedulian Citi terhadap masyarakat sekitar. Setiap tahunnya, Citi Indonesia turut menghadirkan program yang unik dan berbeda yang diikuti oleh para karyawan Citi untuk ikut andil dan memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat. Tahun ini, perayaan Citi Global Community Day memasuki tahun kesepuluh.

Citi GCD 2015 mengangkat tema Button Up! yang bertujuan mendukung Gerakan Wajib Belajar 12 Tahun yang dicanangkan Pemerintah. Sebanyak 1.700 karyawan Citi Indonesia secara serentak di 6 kota memasang dan menjahit kancing pada 10.000 seragam Sekolah Dasar pada kegiatan ini. Seragam ini nantinya akan diberikan kepada siswa Sekolah Dasar di 6 kota di Indonesia, yakni Bandung, Bali, Surabaya, Medan, Semarang dan Jakarta.

Acting Chief Country Officer) Citi Indonesia/Country Business Manager Global Consumer Banking, Citi Indonesia, Lauren Sulistiawati menuturkan, Citi Indonesia percaya bahwa pendidikan merupakan fondasi dari kesuksesan pembangunan bangsa. Berpijak dari sanalah, Citi Global Community Day tahun ini berfokus pada pendidikan dengan mendukung Gerakan Wajib Belajar 12 Tahun dari Pemerintah.

“Kami berharap seragam baru dan buku yang kami berikan akan menambah semangat belajar generasi muda Indonesia dan mampu meningkatkan prestasi belajar mereka,” ujar dia

Bekerjasama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), Citibank mendistribusikan 10.000 seragam tersebut kepada anak-anak Indonesia yang membutuhkan. Selain itu, Citibank juga bekerjasama dengan Taman Bacaan Pelangi, sebagai salah satu penerima sumbangan buku dari seluruh karyawan Citi di Indonesia.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan memasang dan menjahit kancing pada 2.500 pasang seragam yang dilakukan oleh karyawan Citi Indonesia yang dilaksanakan di Plaza Selatan Senayan untuk daerah Jakarta, dan sisanya dilaksanakan secara serentak di berbagai lokasi di Denpasar, Bandung, Semarang, Medan dan Surabaya. Selain memasang kancing, juga diadakan kegiatan mendongeng bagi anak-anak yang turut hadir pada acara ini serta kegiatan dan kegiatan book stamping atau pemberian label pada buku-buku yang disumbangkan. Selain itu Taman Bacaan Pelangi juga mengadakan penjualan buku-buku bekas yang mana hasil dari penjualan buku bekas tersebut akan dibelikan buku anak-anak dan disalurkan ke 29 perpustakaan Taman Bacaan Pelangi yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia bagian Timur.

"Kami berharap kontribusi Citi Indonesia sebagai sebuah institusi keuangan dapat menjadi inspirasi baik bagi institusi lain bahkan kita sebagai individu untuk lebih peduli kepada dunia pendidikan dan anak-anak, mengingat mereka adalah generasi penerus bangsa ini.” imbuh Lauren Sulistiawati.

GCD 2015 Button Up! diwujudkan melalui Citi Peka, sebuah unit di dalam Citi Indonesia yang bertujuan mengelola kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia dan memiliki kemandirian dalam mengelola program kemasyarakatannya. Secara global, Citi Peka juga memperoleh dukungan dana dari Citi Foundation New York serta Citi Indonesia.

GCD pertama kali diselenggarakan pada tahun 2006 melalui program Tree for Life, dimana pada saat itu 1.200 karyawan menanam 1.200 pohon Mangrove di Muara Angke. Lalu program dilanjutkan pada tahun - tahun berikutnya. Pada 2007: Zoo Day Out, 1.200 karyawan memperindah Taman Marga Satwa Ragunan. 2008: Railway Getaway, 1.000 karyawan membersihkan kereta listrik dan 8 stasiun di Jakarta. 2009: Let’s Tim Up, 700 karyawan memperbaiki sarana di Taman Ismail Marzuki.

Pada  2010, melalui program Drops of Hope, 1.000 karyawan dan keluarga mendonorkan darah kepada PMI. 2011: Vision for Citi, 700 karyawan memberikan bantuan kepada anak-anak tunanetra. 2012: Walk with the Champions, 1.000 karyawan dan keluarga berjalan bersama dan memberikan penghargaan kepada mantan atlet yang telah mengharumkan nama bangsa. 2013: Citi Cinte Betawi, 1.000 karyawan dan keluarga melakukan berbagai aktivitas khas Betawi seperti mempelajari tarian Betawi dan membuat makanan minuman khas Betawi sebagai bentuk kepedulian Citi terhadap pelestarian kebudayaan Betawi di Indonesia. Sedangkan pada tahun lalu, melalui program Tribute to Legends,  1.000 karyawan dan keluarga berjalan bersama dan memberikan bantuan kepada beberapa musisi dan pelaku seni legendaris, melalui rangkaian aktifitas bersama Citibankers seperti Charity Walk, Charity Bazaar, Wall of Fame, Tribute Auctions dan Song Auctions yang diikuti oleh Citibankers bersama artis yang berpartisipasi.

BERITA TERKAIT

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…