Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Properti - Luncurkan Ramadan Rumah Impian, REI Gandeng BTN, Mowilex dan SMF

NERACA

Jakarta – Real Estate Indonesia (REI) selaku organisasi pengembang di Indonesia, bersama BTN, Mowilex dan SMF kembali menggelar program rumah gratis bagi masyarakat tidak mampu. Khusus di bulan Ramadhan tahun 2015, REI meluncurkan program Ramadan Rumah Impian (RRI) dengan membagikan sebanyak 32 unit rumah gratis kepada masyarakat yang telah memenuhi persyaratandan proses seleksi secara nasional. Total nilai donasi RRI tahun 2015 adalah senilai kurang lebih Rp 7 miliar.

Jumlah rumah yang dibagikan tersebut jauh lebih banyak dibandingkan tahun 2014 lalu, yaitu sebanyak 10 rumah. Program RRI merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social  Responsibility  (CSR) REI, dimana pada setiap bulan Ramadan memberikan rumah secara gratis kepada masyarakat yang tidakmampu.

Program RRI tahun 2015 diselenggarakan oleh 12 DPD REI, yaitu:  REI Sulawesi Selatan, REI JawaTimur, REI Jawa Barat, REI DKI Jakarta, REI Sumatera Selatan, REI Batam, REI Kalimantan Selatan, REI Kalimantan Barat, REI Jambi, REI Riau, REI Sumatera Utara dan REI Banten. Rumah gratis yang diberikan sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap sesama yang disumbangkan oleh para pengembang anggota REI dan seluruh stakeholder.

Ketua Umum DPP REI Eddy Hussy mengungkapkan Program RRI 2015 telah memasuki tahun yang kelima. Program CSR ini awalny adiprakarsai oleh DPD REI Sulawesi Selatan padatahun 2010 lalu. Dari tahun ke tahun RRI semakin mendapat banyak dukungan dari stakeholder dan sambutan yang baik dari masyarakat.

Khusus pada 2015 ini, BTN sebagai bank pendukung perumahan nasional ikut berperan aktif dalam RRI melalui program Berbagi Bersama BTN dan Mowilex yang telah mendukung sejak 2014 melalui program Act for Goodness dimana salah satu nilai yang terkandung di dalamnya adalah nilai kepedulian.

"Semakin banyaknya dukungan dari pengembang dan stakeholder terhadap Program RRI, maka jumlah rumah gratis yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu bertambah menjadi 32 unit rumah di tahun 2015. Ini telah menjadi program nasional REI, sehingga seluruh anggota di masing-masing daerah dapa tberpartisipasi," terang Eddy Hussy saat pertemuan dengan wartawan, Senin (8/6).

Program RRI merupakan salah satu bentuk CSR REI yang yang didasari kepekaaan, kepedulian dan tanggung jawab sosial, untuk iku tmemberikan manfaat terhadap masyarakat dan lingkungan dengan memberikan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat yang tidak mampu, yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan agar tidak salah sasaran.

Seiring itu, sejak beberapa tahun belakangan ini sejumlah DPD REI  juga melakukan program bedah rumah yang sudah berjalan rutin dan sukses selama ini. Anggota REI di seluruh Indonesia senantiasa siap membantu masyarakat untuk penyediaan rumah yang layak.

"REI yang kini beranggotakan ribuan pengembang besar-kecil di seluruh nusantara telah berhasil tampil secara terampil termasuk sebagai mitra pemerintah. Berbagai kegiatan telah REI lakukan dalam usaha membantu pemerintah untuk menyediakan rumah bagi masyarakat Indonesia," tegas Eddy Hussy.

Program RRI memiliki tujuan memberikan apresiasi kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah, untuk bisa memiliki rumah idaman. Sehingga adanya program ini akan berkontribusi positif kepada bangsa dan negara demi menunjang program pemerintah dalam hal pemberdayaan masyarakat miskin melalui kegiatan CSR.

Menurut Direktur Utama Bank BTN, Maryono keikutsertaan perusahaan dalam kegiatan Ramadhan Rumah Impian ini merupakan wujud komitmen Bank BTN untuk dapat berperan serta secara aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak mampu. “Kami memberikan dukungan atas apa yang dilakukan oleh REI tersebut. Ini termasuk sumbangan dalam mendukung masyarakat punya rumah sebagaimana digalakkan oleh pemerintah dalam program satujuta rumah.”

“Kami melakukan sinergi untuk membantu masyarakat tidak mampu dengan memberikan bantuan rumah gratis yang akan diberikan selama bulan suci ramadhan. Rumah yang akandiberikan secara gratis tersebut merupakan donasi yang diberikan oleh para pengembang anggota REI bekerjasama dengan Bank BTN, Mowilex dan SMF,” jelasMaryono.

Raymond Arfandi, Wakil Ketua Umum REI yang bertindak sebagai Ketua Panitia Penyelenggara RRI, menjelaskan terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penerima melalui proses seleksi dan survey. Syarat yang harus dipenuhi antara lain bakal calon penerima harus didaftarkan oleh pengusul yang menyiapkan dan melengkapi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Pengusul yang akan mendaftarkan calon penerima rumah gratis dapat mengetahui persyaratan yang tercantum dalam formulir yang diterbitkan oleh koran setempat. Setelah mengisi formulir dan melengkapi syarat administrasi, pengusul membawa berkas tersebut kepada panitia untuk selanjutnya diverifikasi oleh panita,” jelas Raymond.

Panitia setempat akan meyeleksi data bakal calon penerima dari pengusul yang kemudian melakukan pengelompokan berdasarkan lokasi rumah gratis yang akan diberikan. Selanjutnya akan diseleksi lebih lanjut lagi dengan cara survey yang pada akhirnya menghasilkan calonpenerima yang layak menerima rumah gratis.

“Penerima yang akan mendapatkan rumah harus berada pada radius 5 kilometer (KM) dari lokasi penyerahan rumah. Hal tersebut dilakukan agar penerima nantinya tidak terlalu jauh dari lokasi awa lmereka tinggal dan dekat dari tempat mereka bekerja,” ujar Raymond.

BERITA TERKAIT

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…

BERITA LAINNYA DI Industri

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…