Situs Jual Beli Online Terpadu

Sabtu, 01/10/2011

Situs jual beli online saat ini menjadi primadona bagi sebagian kalangan. Dengan situs online tersebut, kegiatan jual beli menjadi lebih mudah. Pun dengan keefisiensi yang ditawarkannya.

Neraca. Hal tersebut yang juga melatarbelakangi Plasa.com, portal e-commerce dari PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (TELKOM), untuk memperkenalkan dua situs baru guna melengkapi dan memperkaya layanan yang dapat dinikmati konsumen yang ingin berbelanja melalui internet. Sebagai pelopor dalam industri perdagangan online, Plasa.com telah melihat adanya peluang bisnis e-commerce di Indonesia.

Terlebih pemain di industri e-commerce di Indonesia baru 3%, dengan pengguna internet sebanyak 31 juta dan terus meningkat pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia. Meningkatnya tingkat kesibukan masyarakat terutama di kota telah membuat waktu adalah hal yang sangat berharga. Situs seperti ini memfasilitasi kebutuhan masyarakat dengan menyediakan barang-barang yang up to date dan berkualitas yang dapat diakses dengan sangat mudah melalui internet. Waktu yang ada dapat dipergunakan untuk meningkatkan produktivitas. Plasa.com sendiri merupakan community portal dikelola oleh PT Metranet dan saat ini ditambahkan fitur online shopping yang melayani sektor UKM.

Ekosistem yang tersedia di Plasa.com antara lain yaitu berbagai jenis produk yang melayani berbagai segmen bisnis atau industri dan konsumennya, integrasi layanan logistik dan pembayaran, integrasi layanan penjualan dan periklanan baik di dalam laman yang sama maupun multi-situs, dan integrasi teknologi yang mendukung semua situs di dalam Plasa.com.

“Penambahan dua situs baru dari Plasa.com merupakan wujud nyata keseriusan TELKOM dalam membangun bisnis media dan e-commerce yang terus berkembang di Indonesia”, ungkap Indra Utoyo, Direktur IT, Solution & Supply PT TELKOM Indonesia, Tbk.

Bagi dunia usaha yang akan masuk sebagai merchant, Plasa.com menyediakan fasilitas bagi merchant untuk memiliki mini store yang didesain sesuai dengan kaidah branding mereka. Plasa.com menyediakan fasilitas logistik yang terpadu sehingga memudahkan merchant dan konsumen dalam berbelanja.

Melengkapi layanan yang telah tersedia sebelumnya, Plasa.com memperkenalkan dua situs baru yaitu Plasa.com yang merupakan situs yang menyediakan barang-barang berkualitas, high end serta up to date dan Plasa Ticket yang melayani penjualan tiket konser dan pertunjukan. Kedua situs baru ini melengkapi situs sebelumnya yaitu Plasa Trade Center yang merupakan situs layanan khusus untuk Usaha Kecil dan Menengah.

“Melalui tiga situs yang terintegrasi ini kami berharap dapat memperkaya konten Plasa.com dan memberikan kesempatan bagi kalangan dunia usaha untuk dapat memanfaatkan ekosistem Plasa.com yang beragam ini untuk menjangkau target pasar yang lebih luas lagi, baik dari segi demografis maupun psikografis”, ujar Iriana Muadz, Chief Executive Officer PT Metranet - anak perusahaan yang didirikan TELKOM untuk mengelola portal Plasa.com.

Dengan kemudahan akses yang disediakan, manfaat langsung yang dapat dirasakan oleh masyarakat adalah berbelanja secara pintar dengan menghemat waktu dan biaya. Masyarakat dapat membeli barang kebutuhan darimana saja dan kapan saja, bahkan di malam hari sekalipun. Sehingga waktu yang tersedia dapat dipergunakan untuk melakukan kegiatan produktif lainnya. Dampak jangka panjangnya adalah meningkatnya kualitas hidup keluarga. Mengenai produk yang paling banyak dipesan pelanggan, pilihan pelanggan ternyata cukup bervariasi tergantung segmen pelanggan yang kami tuju. Produk fashion banyak digemari oleh segmen wanita. Buku ternyata banyak dibeli oleh kaum pria. Gadget menjangkau hampir seluruh lapisan segmen