Potensi Bisnis Dikalangan Mahasiswa

Sabtu, 08/10/2011

NERACA. Membuka usaha atau bisnis lainnya kini tak lagi didominasi kalangan pengusaha nan matang pengalaman, tapi juga sudah merambah kalangan mahasiswa. Bahkan bukan mustahil, kreatifitas dan ide-ide bisnis yang cemerlang banyak dihadirkan dari mereka yang berusia muda.

Meski dalam realitas, tidak semua mahasiswa memiliki keyakinan dan keberanian untuk mencoba peluang bisnis yang ada. Kalau pun berani memiliki penghasilan sendiri, mereka lebih memilih bekerja ala partime sebagai karyawan restoran, warnet ataupun mengikuti event-event tertentu dibanding menjalankan sebuah usaha.

Memang ada kekuatiran, studi yang sedang mereka lakoni akan terganggu dengan kesibukan menggeluti usaha baru, itu pun hal yang wajar. Karena itu memilih bisnis sampingan yang dapat dijalankan para mahasiswa tanpa mengganggu jadwal perkuliahan patut pula dipertimbangkan.

Ada beberapa bidang usaha sampingan yang dapat dijalankan para mahasiswa, tidak bermodal besar, tidak mengganggu jadwal kuliah, bahkan mampu bersinergi dengan beberapa mata kuliah. Semisal bisnis jasa terjemahan bahasa.

Bagi mahasiswa yang memiliki keahlian bahasa dapat mencoba bisnis jasa terjemahan bahasa, baik online maupun offline. Nah jasa terjemahan ini, masih banyak dicari para rekan mahasiswa lainnya dalam mengerjakan tugas kuliahnya. Artinya mulailah mengasah kemahiran bahasa Anda dengan mendapatkan keuntungan sekaligus membantu rekan sesama dilingkungan mahasiswa.

Bisnis yang tak kalah menarik adalah bisnis online. Salah satu bisnis yang bisa dicoba para mahasiswa adalah peluang bisnis online. Karena bisnis ini tidak membutuhkan modal besar, hanya butuh laptop, komputer dan jaringan internet. Waktu kerja pun sangat fleksibel.

Tak mampu berbahasa asing dan tak memiliki computer? cobalah bisnis pulsa elektrik. Hanya dengan satu chip, Anda sudah dapat melayani permintaan pulsa untuk semua provider. Bisnis ini juga memiliki prospek bagus, karena permintaan pulsa paling tinggi berasal dari para anak muda termasuk para mahasiswa.

Bisnis lainnya adalah bisnis yang sesuai dengan hobi. Misalnya banyak mahasiswi yang hobi berkreasi dengan pernak-pernik atau aksesoris wanita, Anda dapat melangkah lebih serius dengan membuat sebuah butik aksesoris. Atau kalau Anda mahasiswa jurusan elektronik dengan hobi mengutak-atik barang elektronik, cobalah dengan menekuni sambil menarik keuntungan komersil dengan membuka bisnis jasa servis alat elektronik.

Jenis peluang bisnis lainnya adalah membuka salon laptop. Bisnis ini butuh kreatifitas, karena Anda dituntut mengubah tampilan laptop standar pabrik menjadi lebih menarik dan tampil beda sesuai keinginan para pemiliknya. Produk skin laptop umumnya memiliki desain yang unik dan kreatif, maka tak heran banyak konsumen tertarik dengan jasa ini.

Untuk harga memang bervariasi, sesuai ukuran dan tingkat kesulitan desain yang diminta para konsumen. Untuk laptop ukuran 14 inch misalnya, harga yang ditawarkan yaitu Rp 50.000, laptop 12 inch Rp 45.000, sedangkan notebook ukuran 10 inch hanya dihargai Rp 35.000, itu memang harga standar. Konsumen yang memilih mengubah skin laptop, selain unik akan pula meminimalkan rasa bosan dengan bentuk tampilan laptop yang mereka miliki. Terlebih skin laptop dapat pula melindungi laptop dari goresan.

Kata kuncinya adalah keseriusan. Sebelum menjalankan, sebaiknya tentukan pembagian jadwal antara kuliah dengan menjalankan bisnis. Sehingga bisnis yang Anda jalankan tidak hanya diseriusi saat waktu luang saja. Nah setelah menemukan pembagian jadwal yang tepat, pilih juga peluang usaha yang sesuai dengan minat atau bakat Anda.

Ini penting dilakukan, sehingga Anda dapat menikmati bisnis yang Anda tekuni sekaligus tidak merasa memperoleh tambahan beban dari bisnis tersebut. Sebagai langkah awal, carilah informasi tentang semua hal yang bersangkutan dengan bisnis yang akan dijalankan, mulai dari peralatan, besaran modal, hingga target pangsa pasar dari usaha Anda. Semoga berhasil.