Menempuh Strategi Bisnis Jalur Internet

NERACA. Kehadiran internet ditengah masyarakat, diakui telah mengubah cara orang mendekatkan diri dengan calon konsumen untuk berbisnis. Internet tidak saja memudahkan dan mengefisienkan cara perusahaan atau perorangan untuk berinteraksi namun sebagai media mengkalkulasikan reaksi masyarakat terdapat penerimaan produk atau jasa yang ditawarkan.

Demikian strategisnya kehadiran internet, maka perusahaan yang mampu menguasai pemanfaatan teknologi informasi, baik e-mail, website, google adsense, yahoo messenger, bahkan skype, akan lebih mampu memenangkan persaingan bisnis di masa depan.

Penggunaan internet mampu mempercepat informasi pengembangan produk baru kepada customer sehingga produk baru bisa lebih cepat diluncurkan ke pasar untuk mengimbangi kecepatan perubahan trend pasar, terutama untuk produk-produk fashion ( garment, furniture, accessory, dll ) yang siklus hidupnya sangat singkat.

Melalui layanan google search engine misalanya, kita dapat memantau perkembangan trend design produk di seluruh dunia. Melalui website maupun Blog, kita mampu mengup-date produk kita secara regular untuk dikomunikasikan kepada customer maupun calon customer.

Strategi marketing on-line merupakan strategi yang sangat efektif dan efisien dalam menjangkau pasar yang lebih luas, baik pasar domestik maupun internasional. Dengan bergabung dengan sejumlah portal, maka Anda telah memiliki ‘salesman’ di seluruh dunia, bahkan bekerja secara otomatis selama 24 jam penuh bagi Anda.

Menempatkan produk atau jasa usaha kita dalam top list seach engine, tentu akan mempercepat sekaligus mempermudah kita untuk dikenal lebih luas.Langkah ini juga ternasuk dengan memanfaatkan layanan e-mail, yahoo messenger dan Skype, sehingga memungkinkan kita dapat terhubung (on-line) secara simultan dan menciptakan layanan unggul bagi pelanggan. Terlebih dengan teknologi Skype dengan fasilitas web-cam, komunikasi interaktif seputar produk yang kita tawarkan dapat dilakukan.

Berbisnis via internet juga berdampak pada keunggulan biaya produksi. Karena melalui internet, perusahaan mampu mencari sumber-sumber bahan baku produksi yang termurah dan terbaik dari seluruh dunia. Termasuk memungkinkan perusahaan menciptakan produk unggul berkualitas tinggi dengan harga yang lebih murah diantara produk sejenis kompetitor lainnya.

Dan perlu diperhatikan, bahwa konten segar dan berkualitas bagi sebagian besar bisnis di website adalah kesan pertama yang akan diterima konsumen. Karena itu berilah kesan terbaik bagi pengunjung. Berikan konten yang original yang ditulis dengan baik dan memiliki nilai bagi pengunjung web Anda.

Selain konten yang menarik, enak menjelaskan dengan bahasa yang baik. Anda patut memperhatijan layanan contact information. Karena bila Anda tidak ingin kehilangan konsumen yang sudah tertarik pada produk kita di website, maka sebaiknya cantumkan nomor kontak telepon atau email yang bisa dihubungi. Bahkan buatkan juga form yang dapat diisi pengunjung untuk saling berhubungan. Bahkan majalah Forbes menyarankan, cantumkan juga alamat dan peta Google map. Karena membiarkan pengunjung mencari-cari, adalah tabu dalam menjaring pelanggan via internet.

Aktifitas bisnis pun hingga 24 jam penuh, melampaui batas wilayah dan waktu. Perbedaan waktu antar negara memungkinkan kita terus terhubung. Semisal pukul 8 malam di Indonesia, maka pukul tiga sore di Eropa, dan pukul 8 pagi di Amerika Serikat. Maka Anda dapat mempekerjakan staff tiga shift secara bergantian, sehingga aktifitas bisnis Anda menjadi tiga kali lebih banyak dari rata-rata jam kerja bisnis normal. Kalau strategi ini dikerjakan , maka persaingan bisnis dengan kompetitor anda menjadi tidak relevan, karena kemenangan akan berpihak kepada Anda.

Nah, penggunaan teknologi internet dengan benar, akan memungkinkan Anda untuk bekerja melampaui rantai-rantai bisnis yang cukup panjang, birokratis dan mahal. Karena strategi internet mampu mengubah pola bisnis secara radikal, yang memungkinkan setiap perusahaan atau Anda akan memiliki akses usaha berskala internasional.

Related posts