BTN Kukuhkan Tabungan BTN Cermat - Dukung Program Laku Pandai

 

NERACA

 

Palangkaraya - Bank BTN mengukuhkan produk Tabungan BTN Cermat untuk mendukung program laku pandai di Kantor Pos Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Pengukuhan produk tabungan tersebut merupakan bentuk dukungan Bank BTN terhadap layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka pelaksanaan program inklusi keuangan. Pengukuhan program laku pandai Tabungan BTN Cermat dilakukan oleh Direktur Utama Bank BTN Maryono, disaksikan oleh Ketua OJK Muliaman D. Hadad dan Puan Maharani Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kantor Pos Tangkiling, Palangkaraya Senin (25/5).

Menurut Direktur Utama Bank BTN Maryono, produk Tabungan BTN Cermat merupakan tabungan berbasis Kartu, tidak memiliki buku tabungan dan pembukaannya melalui mesin EDC (Electronic Data Capture). Tabungan BTN Cermat bertujuan untuk memberikan layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif, utamanya produk simpanan kepada masyarakat yang belum memiliki akses layanan keuangan. Tabungan BTN Cermat merupakan hasil kerjasama antara Bank BTN dengan Kantor Pos. Produk Tabungan yang sudah dijalankan di wilayah Jawa Tengah sejak 2011 ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat hingga ke seluruh pelosok daerah.

“Produk Tabungan BTN Cermat (Mencerdaskan Masyarakat) kami harapkan dapat memberikan layanan perbankan kepada masyarakat di pelosok daerah, terutama di wilayah yang belum memiliki jaringan perbankan. Tabungan ini, merupakan wujud komitmen Bank BTN dalam mendukung program Laku Pandai yang dicanangkan oleh OJK,” paparnya.

Pengukuhan produk Tabungan BTN Cermat Laku Pandai di Kantor Pos Tangkiling ini  dilakukan bersamaan dengan pengukuhan yang dilakukan di 25 Kantor Pos yang tersebar di Palangkaraya, Sampit dan Banjarmasin. Maryono melanjutkan Bank BTN akan segera memberikan layanan produk tersebut di 544 Kantor Pos Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, yang seluruhnya sudah memiliki mesin EDC.

Pada akhir 2015 diharapkan Tabungan BTN Cermat Laku Pandai dapat dilayani di 1.044 Kantor Pos. Kemudian pada 2016, sebanyak 1.878 Kantor Pos direncanakan dapat memberikan layanan tabungan tersebut. Bahkan, untuk lebih meningkatkan penetrasi kepada nasabah di wilayah pelosok, saat ini Bank BTN tengah mengkaji kerjasama dengan tujuh agen utama PT Pos Indonesia yang memiliki jaringan 29 ribu Agen Pospay di seluruh Indonesia. Targetnya, pada akhir tahun ini, Tabungan BTN Cermat dapat dilayani di 15 ribu agen Pospay se-Indonesia.

Selain menggandeng PT Pos Indonesia, dukungan Bank BTN terhadap pelaksanaan program inklusi keuangan diwujudkan melalui kerjasama dengan PT Telkom Indonesia. Dalam waktu dekat, Bank BTN akan meluncurkan produk Tabungan BTN Cermat LAKU PANDAI berbasis telepon selular menggunakan sistem USSD (Unstructured Supplementary Service Data). Rencananya, produk tabungan berbasis ponsel ini dapat dilayani oleh 15 ribu agen pada akhir 2015.

Proses pembukaan rekening tabungan yang sangat mudah, membuat manajemen Bank BTN optimis, dari aksi korporasi pada program ini akan membuahkan hasil dengan meningkatnya. Dana Pihak Ketiga perseroan pada akhir tahun 2016 yang diperkirakan akan  surplus Rp.3 Triliun. “Selain mendukung program pemerintah, Tabungan BTN Cermat Laku Pandai ini merupakan upaya serius Bank BTN untuk meningkatkan porsi dana murah dan Dana Pihak Ketiga perseroan. Sehingga, untuk jangka panjang dapat menopang penyaluran kredit perseroan,” tambah Maryono.

 

BERITA TERKAIT

Kredit Perbankan Meningkat 12,40%

    NERACA Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengatakan kredit perbankan meningkat 12,40 persen secara year on year (yoy) pada triwulan I-2024,…

Bank Saqu Catat Jumlah Nasabah Capai 500 Ribu

    NERACA Jakarta – Layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) yaitu Bank Saqu mencatat jumlah nasabah…

Bank DKI Gandeng Komunitas Mini 4WD untuk Dukung Transaksi Non Tunai

    NERACA Jakarta – Bank DKI menggandeng komunitas Mini 4WD untuk memperkenalkan aplikasi JakOne Mobile sebagai upaya mendukung penerapan…

BERITA LAINNYA DI Jasa Keuangan

Kredit Perbankan Meningkat 12,40%

    NERACA Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengatakan kredit perbankan meningkat 12,40 persen secara year on year (yoy) pada triwulan I-2024,…

Bank Saqu Catat Jumlah Nasabah Capai 500 Ribu

    NERACA Jakarta – Layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) yaitu Bank Saqu mencatat jumlah nasabah…

Bank DKI Gandeng Komunitas Mini 4WD untuk Dukung Transaksi Non Tunai

    NERACA Jakarta – Bank DKI menggandeng komunitas Mini 4WD untuk memperkenalkan aplikasi JakOne Mobile sebagai upaya mendukung penerapan…