CIMB Niaga Implementasikan Tata Kelola yang Terintegrasi - Konglomerasi Keuangan

 

 

 

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk selaku Entitas Utama Konglomerasi Keuangan CIMB Group di Indonesia (CIMB Indonesia), melakukan kick off implementasi Tata Kelola Terintegrasi Konglomerasi Keuangan CIMB Indonesia. Inisiatif ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 18/POJK.03/2014 tentang Penerapan Tata Kelola Terintegrasi Bagi Konglomerasi Keuangan.

Kick off tersebut dihadiri oleh seluruh anggota Konglomerasi Keuangan CIMB Indonesia yaitu: PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT CIMB Principal Asset Management, PT CIMB Securities Indonesia, PT CIMB Niaga Auto Finance, dan PT KITA Finance.

“Melalui kick off ini diharapkan setiap anggota Konglomerasi Keuangan CIMB Indonesia berkomitmen dan memastikan implementasi Tata Kelola Terintegrasi tersebut di masing-masing institusi”, ujar Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal PT Bank CIMB Niaga Tbk, L Wulan Tumbelaka di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Sekeadr informasi, CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 97,9% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. Bank ini menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun syariah, melalui 944 jaringan kantor per 31 Maret 2015, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 567, Mikro Laju sebanyak 291 (tidak termasuk 18 outlet yang menyatu di kantor cabang), kantor kas dan payment point sebanyak 66 unit (termasuk 21 digital lounge yang tercatat), dan kas mobil sebanyak 20 unit. CIMB Niaga memiliki 15.100 karyawan yang tersebar di berbagai wilayah Tanah Air.

CIMB Niaga mengajak masyarakat untuk bersama-sama tumbuh dan memanfaatkan potensi yang ada di kawasan Asia Tenggara, yang mana sesuai dengan brand positioning dari CIMB Group, “ASEAN For You”. CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan syariah, pengelolaan aset dan asuransi.

CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 dari 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar dan Laos). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, Bahrain, India, Sri Lanka, Taiwan, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Nilai kapitalisasi pasar kelompok usaha ini mencapai USD14,1 miliar per 31 Maret 2015. Karyawannya berjumlah lebih dari 40.000 orang yang tersebar di 17 negara. 

BERITA TERKAIT

Kredit Perbankan Meningkat 12,40%

    NERACA Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengatakan kredit perbankan meningkat 12,40 persen secara year on year (yoy) pada triwulan I-2024,…

Bank Saqu Catat Jumlah Nasabah Capai 500 Ribu

    NERACA Jakarta – Layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) yaitu Bank Saqu mencatat jumlah nasabah…

Bank DKI Gandeng Komunitas Mini 4WD untuk Dukung Transaksi Non Tunai

    NERACA Jakarta – Bank DKI menggandeng komunitas Mini 4WD untuk memperkenalkan aplikasi JakOne Mobile sebagai upaya mendukung penerapan…

BERITA LAINNYA DI Jasa Keuangan

Kredit Perbankan Meningkat 12,40%

    NERACA Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengatakan kredit perbankan meningkat 12,40 persen secara year on year (yoy) pada triwulan I-2024,…

Bank Saqu Catat Jumlah Nasabah Capai 500 Ribu

    NERACA Jakarta – Layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) yaitu Bank Saqu mencatat jumlah nasabah…

Bank DKI Gandeng Komunitas Mini 4WD untuk Dukung Transaksi Non Tunai

    NERACA Jakarta – Bank DKI menggandeng komunitas Mini 4WD untuk memperkenalkan aplikasi JakOne Mobile sebagai upaya mendukung penerapan…