Menangkap Potensi Bisnis Makanan Sehat

 

Hidup sehat menjadi impian banyak orang, oleh karenanya ini membulka membuka celah bisnis menarik. Yang paling marak adalah bisnis seputar makanan sehat atau yang menggunakan bahan-bahan yang mendukung kesehatan tubuh. Dari bisnis makanan sehat ini, banyak hal yang bisa digarap menjadi lahan bisnis.

Dini Hatta Pamuntjak salah satu penyedia produk sarapan sehat berupa overnight oats (bubur oats). Menceritakan awal mula memulai usahanya saat para penggemar santapan sehat yang dibuatnya yaitu bubur oats rajin diunggah ke akun media sosialnya, Path dan Instagram. Ternyata, teman-teman kantornya suka bubur oats bikinannya dan mulai memesannya. Dari sinilah, Dini merintis Dini Hari, label produk overnight oats miliknya, sejak Oktober 2014.

Dini Hari membongkar resep makanan sehatnya, menurutnya bubur oats bikinannya tidak melulu oats dia mencampurkan beberapa bahan sekaligus sehingga rasa overnight oats ini benar-benar menggoda lidah. Dia memadukan bubur oats dengan bahan-bahan lain seperti susu rendah lemak, yoghurt, chia, flax seed, sereal, granola, cokelat, muesli dan buah-buahan. Alih-alih langsung mencampurnya, Dini menata produk ini dalam wadah kaca (jar) sehingga tampil cantik.

Bubur oats Dini Hari tersedia dalam 14 varian. Yang paling laku adalah varian berasa cokelat, seperti choco banana, choco wafer dan choco strawberry. Tiap botol yang dijual dengan harga Rp 65.000. Setiap hari, Dini rata-rata membuat 40 botol. “Profit dari usaha ini berkisar 40%,” katanya.

Pemain lain di usaha penjualan overnight oats ialah Pura Vida. Merek usaha ini ditemukan oleh tiga perempuan, yakni Vanessa Budihardja, Shalindra Kawilarang, dan Krizia Liauw. Sebagai Chief Operating dan Marketing OfficerPura Vida, Vanessa menceritakan, usaha ini dimulai dari kegemaran Shalindra memasak.

Shalindra punya pengalaman buruk akan gaya hidup tak sehat saat masih tinggal di luar negeri. Dus, ketika kembali ke tanah air, perempuan yang akrab disapa Sha ini melanjutkan gaya hidup sehat dengan clean eating. Sha pun kerap mengunggah foto makanan sehat yang ia buat di situs jejaring sosial Instagram.

Vanessa bilang bahwa dari situ, ia melihat, banyak orang tertarik untuk juga bisa menikmati makanan sehat. “Apalagi tahun lalu, tren gaya hidup sehat sedang naik daun,” ujarnya.

Ia tak mau melewatkan peluang itu. Vanessa pun mengajak Shalendra dan Krizia untuk mulai usaha makanan sehat yang diberi nama Pura Vida.

Vanessa mengatakan, awalnya mereka memproduksi minuman jus. Namun, ia mengakui persaingan dalam memasarkan jus sangat ketat. Makanya, mereka beralih memproduksi overnight oats yang kemudian diberi merek Nochè. “Oats itu unik dan belum ada yang menawarkan pada waktu itu,” kata Vanessa.

Jadi bisa dikata, Pura Vida merupakan pelopor usaha ini di Jakarta. Respons masyarakat cukup bagus karena permintaan Nochè kian meningkat. Ketika pertama kali menjual overnight oats, Pura Vida hanya memproduksi sekitar 30 botol per minggu. Kini, kapasitas produksi Pura Vida naik pesat menjadi lebih dari 1.000 botol per bulan.

Ada lima varian overnight oats yang dipasarkan, yakni chunky monkey, sticky date, banana kreme,  chia nilla, dan kakao chia. Dua varian Nochè yang paling sering dipesan ialah chunky monkey dan kakao chia. Masing-masing varian terdiri dari rolled oats atau oats utuh. Tiap botol Nochè dipasarkan dengan kisaran harga
Rp 50.000–Rp 80.000.

Bisnis makanan sehat menyimpan potensi besar di tengah tren gaya hidup sehat yang berkembang di masyarakat urban. “Ini memang peluang baru. Dari orang-orang yang suka maraton, yoga, dan olahraga lainnya, mereka juga mulai memperhatikan makanannya,” terang Dini.

 

BERITA TERKAIT

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…