Menghuni Apartemen Bergaya Studio

NERACA.Tinggal di apartemen bagi sebagian orang, mungkin dianggap sebagai simbol eksklusif, mewah dan bergaya ‘barat’. Namun bagi masyarakat ‘barat’, tinggal di apartemen menunjukkan status lajang, ekonomi menengah ke bawah (karena masih sekolah), bahkan ketidakmampuan (mereka tinggal di apartemen murah yang disediakan pemerintah kota).

Terlepas dari pandangan itu, nyatanya apartemen menjadi pilihan utama bagi banyak pelajar mancanegara, yang sedang menempuh studi di luar negeri. Mereka tinggal disejumlah apartemen yang sengaja dibangun disekitar kampus sehingga akses kampus dan tempat tinggal dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki, roller blade atau bersepeda.

Dan uniknya, meski tak ada pasal yang mengaturnya. Apartemen bergaya studio kerap digunakan sebagai tempat tinggal para pelajar. Apartemen ala studio memang jenis hunian yang sangat cocok buat pelajar, mahasiswa atau karyawan yang belum berkeluarga, karena apartemen ini hanya memiliki satu kamar.

Meski berukuran unyil alias kecil, apartemen bergaya studio sebenarnya menawarkan pelbagai keuntungan bagi penghuninya. Semisal bila Anda termasuk orang yang merasa kesulitan kalau menempati tempat tingal yang membutuhkan perawatan karena berukuran luas, apartemen ala studio akan menjadi pilihan Anda.

Beberapa apartemen ala studio, kini telah berkembang dengan beberapa kreasi disain ruangan dengan harga beli atau sewa yang murah. Sementara apartemen yang berukuran lebih besar membidik penyewa atau pembeli dengan kelas yang lebih tinggi. Semisal apartemen tipe premium, yang dapat Anda jumpai disejumlah kawasan elit plus fasilitas super lengkap. Soal harga? Tentu jauh lebih mahal.

Apartemen studio atau banyak dikenal disejumlah negara dengan sebutan, rusun, flat, flat studio, bachelor’s flat, bachelor’s studio, efficiency studio atau efficiency apartment. Dan yang pasti, apartemen studio banyak terdapat dikawasan perkotaan, karena lahan yang bterbatas, harga sewa properti (selain apartemen) sangat tinggi ditambah kawasan hunian yang sangat padat.

Ada pula istilah loft apartemen, yaitu jenis apartemen yang ukurannya lebih besar dari apartemen studio. Bedanya hanya jumlah kamar dan fungsi ruangan yang lebih banyak dari apartemen studio.

Sebagian besar apartemen studio hanya memiliki luas sekitar 18 hingga 21 M2. Nah apartemen dengan luas 21 M2 ini, sudah termasuk ruangan utama (main room), sebuah dapur, ruang makan dan kamar mandi (jika disertakan). Dan untuk mendukung aktivitas kegiatan dalam ruangan, sebaiknya Anda memaksimalkan ruang seefisien mungkin. Caranya? Gunakan furniture yang multifungsi untuk menghemat space ruangan sekaligus sebagai partisi pemisah ruangan.

Kenyamanan apartemen Anda sepenuhnya memang tergantung pada Anda. Jika Anda mahasiswa atau pekerja, maka space ruangan harus Anda bagi sebagai ruang kerja atau ruang belajar. Memang banyak apartemen studio yang sudah dilengkapi dapur dan kitchen set. Bahkan dibeberapa apartemen lain, sentuhan desainer interior mampu mengubah dapur dan kitchen set tersembunyi dibalik closed style door.

Beberapa apartemen studio juga memilki kamar mandi disetiap ruang utama, walau ukurannya lebih mungil, cukup sebuah closet duduk dan shower didinding. Karena ukurannya yang kompak, apartemen studio umumnya untuk disewakan atau dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan apartemen tipe lain berukuran lebih besar.

Disisi harga, apartemen studio juga lebih murah dibandingkan landed house, bahkan buat landed house ukuran kecil sekalipun. Karena harganya yang murah, maka apartemen studio sangat cocok buat mahasiswa. Sedangkan bagi Anda yang bekerja, memilih apartemen studio ini sebagai langkah awal kemandirian memang patut dicoba.

Dalam menata apartemen tipe studio, Anda memang dituntut untuk lebih kreatif. Bahkan bila memungkinkan, Anda berkreasi secara vertikal dengan memanfaatkan ruang di bagian atas.

Walaupun tinggal di apartemen dengan tipe studio, Anda masih tetap bisa menciptakan suasana paling nyaman berdasarkan karakter dan gaya hidup Anda, dan hal yang paling mendasar adalah dengan mengubah warna cat dinding. Hal ini untuk memberikan identitas kepemilikan apartemen dengan menonjolkan karakter Anda melalui warna.

Jika ingin yang lebih bercorak, wallpaper bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Pilih secara seksama warna dan kesan yang ingin Anda tonjolkan agar sesuai dengan kepribadian Anda.

Disisi eksterior, Anda bisa menggunakan tempat tidur tingkat yang bagian bawahnya dimanfaatkan untuk meletakkan sofa yang berhadapan langsung dengan rak TV, sehingga pada saat tidur atau bersantai Anda bisa juga menikmati acara favorit di TV. Jika luas lahan memungkinkan, Anda juga bisa meletakkan meja dan rak gantung di sisi sofa.

Related posts