Menjadi Andalan Perbankan Syariah - Kualitas Teknologi informasi (TI)

Jakarta - Unit usaha syariah (UUS) PT Bank Permata Tbk bersama Masyarakat Eknomi Syariah (MES) kampanyekan peningkatan Teknologi informasi (TI) dalam service quality. TI dipilih sebagai platform dalam pertemuan antar anggota MES mengingat perannya sangat erat dengan industri perbankan. Utamanya dalam peningkatan kualitas layanan bagi nasabah.

Sebagai industri yang sarat dengan TI dan regulasi, perbankan, termasuk perbankan syariah di dalamnya dituntut untuk dapat memberikan kualitas produk dan layanan yang setara dengan perbankan konvensional. "Komitmen kami adalah nasabah syariah juga dapat menikmati beragam produk, layanan dan program yang dinikmati oleh nasabah konvensional dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah," ucap Wakil Direktur Utama PermataBank, Herwidayatmo di Jakarta, Rabu.

Di tempat yang sama, Ketua PP MES, Adiwarman A Karim mengatakan, menjangkau wilayah Indonesia yang sangat luas, sangat membutuhkan dukungan TI. Dengan demikian jasa perbankan syariah dapat dinikmati oleh masyarakat luas. "Berkembangnya dunia maya, seperti Facebook-Twitter harus dimanfaatkan perbankan syariah untuk mempromosikan dan menjelaskan keunggulan produknya ke masyarakat," ujarnya.

Hal senada dikatakan Deputi Direktorat Perbankan Syariah BI, Mulia E Siregar. "Selama ini, perbankan syariah hanya fokus di penyaluran micro banking, sedangkan perbankan di Malaysia dan Singapura telah lebih memahami corporate bank, dan lainnya," ungkap dia.

Mulia mengatakan, MEA sendiri rencanannya mulai diberlakukan pada 2015 mendatang. MEA, kata dia, mempunyai lima komponen utama seperti perdagangan bebas barang di Asean, jasa, investasi, aliran bebas modal dan tenaga kerja. "Kesiapan infrastruktur penunjang dalam menghadapi MEA bagi perbankan syariah adalah mutlak diperlukan," tegasnya.

Mulia menambahkan, salah satu penggunaan teknologi IT yang mulai digunakan adalah, penggunaan social media atau website dalam sosialisasi perbankan syariah. "Edukasi dan sosialisasi berbasis web, telah berhasil memperkuat branding BI dan awarenesess masyarakat khususnya pengguna internet yang mencapai 300 ribu orang di 2010 lalu," tandas Mulia.

BERITA TERKAIT

Agar Usaha Kecil Manfaatkan Teknologi Digital

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian gencar mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di dalam negeri agar segera memanfaatkan teknologi…

Insentif Investasi Industri Gula Perlu Ekosistem Teknologi

NERACA Jakarta – Lahirnya 12 pabrik baru di industri gula merupakan salah satu bentuk keberhasilan pemerintah dalam memberikan insentif bagi…

Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele - Indah Kiat Berikan Bantuan 24 Ribu Bibit Lele Sangkuriang

Ciptakan produktivitas budidaya ikan lele yang berkualitas guna menunjang peningkatan kesejahteraan warga, unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

KUR Diharapkan Optimalkan Potensi Perikanan Rakyat

    NERACA   Demak - Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) diharapkan bisa mengoptimalkan potensi perikanan rakyat yang peluangnya masih…

Bank DKI Dukung Sistem Pembayaran MRT Jakarta

    NERACA   Jakarta - Terus mendorong penerapan transaksi non tunai di DKI Jakarta, Bank DKI mendukung sistem pembayaran…

Transaksi Dagang Indonesia – Thailand Naik Empat Kali Lipat - Pakai Mata Uang Lokal

      NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan nilai perdagangan antara Republik Indonesia (RI) dan Thailand yang…