z114, Produk IBM Terbaru

Sebuah server baru yang memiliki tenaga besar keluaran produk terbaru dari IBM zEnterprise System yang disebut z114. Pemasaran produk barunya dimulai dari organisasi seperti perushaan-perusahaan dan lemabaga-lembaga pemerintahan dengan menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan yakni kualitas dan inovasi mainframe yang unik.

Neraca. Produk ini merupakan lanjutan dari produk sebelumnya pada 2010 lalu yang menangani perusahaan-perusahaan asuransi dan bank terbesar dunia dan lembaga-lembaga pemerintahan. ”Server IBM zEnterprise Mainframe Menghadirkan Smarter Computing untuk Perusahaan, Lembaga Pemerintah dan Pelanggan Menengah di Indonesia,” menurut Fetra Syahbana, Country Manager, Systems & Technology Group, IBM Indonesia.

Server baru ini memungkinkan organisasi-organisasi untuk menikmati manfaat mainframe sebagai landasan dari pusat data mereka dengan biaya operasi 25% lebih rendah1 dan 25% lebih tinggi2 dari performa server sebelumnya yaitu server System z10 BC. Diproyeksikan pelanggan dapat mengkonsolidasikan beban kerja 40 prosesor x-86 yang menjalankan piranti lunak Oracle ke dalam z114 yang baru hanya dengan tiga prosesor yang menjalankan Linux3. Selama lebih dari tiga tahun, total biaya perangkat keras, piranti lunak dan dukungan untuk z114 yang baru (jika dibandingkan dengan server-server terkonsolidasi) adalah 80% lebih rendah, dengan penghematan ruang dan energi yang juga signifikan3.

Hal inilah yang membuat IBM meluncurkan produk terbarunya itu. Melihat kondisi dan kebutuhan yang diperlukan oleh suatu badan atau instansi pemerintah maupun swasta, dalam memudahkan kinerja operasional mereka yang menggunakan teknologi bermutu tinggi. Maka IBM dapat memenuhi permintaan tersebut sekaligus sebagai solusi yang saat ini sangat tepat digunakan, lanjutnya.

IBM System z114 ini dirancang untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia agar dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, mengoptimalkan keputusan secara real-time serta mengurangi resiko. Suatu pilihan yang menarik bagi perusahaan-perusahaan yang sedang mengalami perkembangan pesat, baik dunia perbankan, ritel, telekomunikasi dan layanan pemerintahan. Hal itu guna menghadapi tantangan luapan data yang semakin meningkat pesat,” ujar Fetra Dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang memungkinkan zEnterprise System untuk mengintegrasikan dan mengelola beban kerja pada platform tambahan. Selain itu, dukungan untuk server blade System x tertentu dalam zEnterprise System. Server-server blade System x ini, mampu menjalankan aplikasi-aplikasi Linux x86 tanpa ada perubahan sedikitpun, dan dapat menjalankan aplikasi-aplikasi Windows. Kemampuan ini, dapat membantu menyederhanakan pusat-pusat data dan mengelola beban kerja pada server mainframe, POWER7 dan System x menjadi satu sistem. Memperluas kualitas mainframe dan pengelolaan untuk beban kerja yang dijalankan pada beberapa platform. Keunikan dari zEnterprise 114, mampu memulai dengan konfigurasi yang lebih kecil dan mengakses kapasitas tambahan sesuai kebutuhan tanpa memperluas pusat data atau kerumitan dan biaya pengelolaan sistem. Desain rancangan yang dibuat untuk mengkonsolidasikan beban kerja dari ratusan server x86. Memiliki daya 14 mikroprosesor tercanggih di industri dan 10 di antaranya dapat dikonfigurasikan sebagai mesin khusus. Seperti System z Application Assist Processor (zAAP), System z Integrated Information Processor (zIIP), dan Integrated Facility for Linux (IFL), dirancang agar dapat mengintegrasikan aplikasi dan teknologi Java, XML, dan Linux baru dengan beban kerja yang ada, maupun untuk mengoptimalkan sumber daya sistem dan mengurangi biaya pada mainframe. Contohnya, dalam penggunaan mesin terkonfigurasi penuh yang menjalankan Linux untuk System z, Anda dapat menciptakan dan menjalankan server virtual Linux dalam z114 dengan biaya hanya $500/tahun. Peningkatan performa 18,5% untuk pemrosesan beban kerja System z tradisional, bila dibandingkan mesin sebelumnya, z10 BC. Peningkatan beban kerja padat mikroprosesor hingga 25% dengan menggunakan compiler enhancement. Suatau penghematan dari kapasitas ruang dan energi yang sangat memudahkan bagi Anda. Teknologi yang bisa memenuhi kebutuhan Anda untuk saat ini, dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh produk IBM yang diberi nama z114, memudahkan Anda melangkah kemasa depan.

Untuk produk lawas IBM ini, bukannya tidak ada kompetitornya. Bila dilihat dengan AMD X4 980 dengan kecepatan 3.7 GHz, quad-core Phenom II X4 980. AMD telah memulai untuk melakukan kompetisi produknya dengan cara menggalakan produk low-end Fusion CPU+GPU systems-on-chips (SOCs). Performance masih kurang tinggi. Prosesor yang termasuk high-end dari jajaran AMD budget Athlon II. Perlahan AMD akan mengganti chip ini dengan AMD Phenom II X4-980 Black Edition.

Dipersenjatai 4 core dengan kecepatan at 3.7 GHz, dan dilengkapi memory controller, HyperTransport controller, dan juga L3 cache yang bekerja dengan kecepatan 2 GHz, tampa menggunakan trik overclocking. Prosesor ini masih menggunakan AM3 socket board dan akan kompatible juga dengan board AM3+ yang bisa di upgrade processornya.

AMD chip memiliki kisaran harga $195 USD. Namun jika harga sedemikian, maka terpaut tipis dengan AMD X6-1090T yang hanya memiliki perbedaan harga $5, sehingga dalam range $200 USD kita dapat memiliki 6 core multi-thread. Memang masih kalah jauh dari beberapa faktor dari z114, tetapi mungkin bisa jadi dimasa depan AMD X4 980 bisa menyaingi IBM System z114 dengan berbagai inovasi yang dilakukan.

Related posts